PENGARUH RELIGIUSITAS, SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ETRUST TERHADAP KEPUTUSAN BERDONASI ONLINE DI PLATFORM KITABISA

Authors

  • Wahyuni Herwanda Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko Universitas Bung Hatta

Keywords:

religiusitas, social media marketing, e-trust, keputusan berdonasi online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, social media marketing dan e-trust yang dibangun oleh Kitabisa terhadap keputusan berdonasi online. Populasi yang digunakan yaitu seluruh masyarakat yang pernah melakukan donasi di platform Kitabisa dengan teknik penarikan sampel purposive sampling dan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form dalam proses pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik dalam bentuk SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing dan e-trust berpengaruh positif terhadap keputusan berdonasi online di platform Kitabisa sedangkan religiusitas tidak berpengaruh terhadap keputusan berdonasi online di platform Kitabisa.

References

Amalia, N., Lubis, D., & Muthohharoh, M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Milenial Berdonasi Online Melalui

Crowdfunding Platform: Studi Pada Kitabisa.Com. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 08(02), 181–194.

Annisawati, A. A. (2020). Pengaruh Brand Trust Kitabisa.Com Terhadap Niat Berdonasi Secara Online (Studi Kasus: Masyarakat Kota Bandung). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1).

Benedict, E., & Ariestya, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Berdonasi Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Sikap. 12(2).

Charities Aid Foundation. (2023). World Giving Index 2023 The Charities Aid Foundation Exists To.

Diyanti, Y., & Fathihani. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat

Untuk Berdonasi Secara Online Melalui Platform Financial Technology Crowdfunding. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 3(4), 2747–0938.

Fajery, & Firdaus, M. R. (2020). Pengaruh Social Marketing Terhadap Keputusan Berdonasi

Melalui Kitabisa.Com. Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 22–23.

Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., Rini, N., Indonesia, U., & Yarsi, U. (2020). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam , 6 ( 02 ), 2020 , 284-293 Pengaruh Brand Awareness Dan

Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat Dan Donasi Melalui Tokopedia. 6(02), 284–293.

Kitabisa.Com. (2021). Platform Galang Dana Dan Donasi Terpercaya #1 Di Indonesia. Kitabisa.Com. Https://Kitabisa.Com/About-Us

Puspita, A., Yunus, A. R., & Sofyan, A. S. (2024). The Influence Of Religious Beliefs And

Perceived Ease On The Interest In Donating Through Kitabisa.Com Ayu. Asian Journal Of

Control, 2(2), 131–144. Https://Doi.Org/DOI:10.58578/AJISD.V2i2.2783

Rafiki, A., Hidayat, S. E., & Nasution, M. D. T.P. (2023). An Extensive Effect Of Religiosity On The Purchasing Decisions Of Halal Products. PSU Research Review. Https://Doi.Org/10.1108/PRR-07-2022-0093

Risiko, D. A. N. P. (2023). Keputusan Donasi Online Ditinjau Dari Pengaruh Trust. 4(1), 98–111.

Sari, A. P., Ridwan, M., & Sugianto. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Kualitas Proyek

Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Berdonasi Secara Online Pada Platform Crowdfunding Kitabisa.Com. Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id. (2019). Yuk Mengenal Fintech! Keuangan Digital Yang Tengah Naik

Daun. Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id.

Taufiqurohman, K., & Fadilla, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan

E-trust Terhadap Keputusan Berdonasi Digital Generasi Z Pada Aplikasi Kitabisa. Da’watuna:

Journal Of Communication And Islamic Broadcasting, 2(3),290–299. Https://Doi.Org/10.47467/Dawatuna.V2i3.2094

Zikrinawati, K., Isrounnastiti, F., & Aiyuda, N. (2023). KEPUTUSAN Donasi Online Ditinjau Dari Pengaruh Trust. 4(1), 98–111.

Downloads

Published

2024-08-29