PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN UANG SAKU TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI PADA MAHASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADIK) PAPUA DI SUMATERA BARAT DENGAN KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Ria Anggraini Tuarita Universitas Bung Hatta
  • Nailal Husna Universitas Bung Hatta

Keywords:

Literasi Keuangan, Uang saku, Manajemen Keuangan Pribadi, Kontrol Diri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan dan menganalisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uang Saku Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Pada Mahasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) Papua Di Sumatera Barat Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 94 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan sensus yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderating Regression Analisys (MRA) dan data diolah menggunakan StataMP 17 (64-bit). Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan sumber data yaitu data primer. Pada penelitian ini ditemukan hasil dari pengujian hipotesis bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap manajemen keuangan pribadi, uang saku berpengaruh positif terhadap manajemen keuangan pribadi, kontrol diri tidak berpengaruh positif terhadap manajemen keuangan pribadi, selain itu kontrol diri tidak mampu memoderasi hubungan antara literasi keuangan terhadap manajemen keuangan pribadi, sedangkan kontrol diri mampu memoderasi hubungan antara uang terhadap manajemen keuangan pribadi pada Mahsiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Papua Di Sumatera Barat.

References

BPS-Statistik Indonesia. (2022). Pertumbuhan

Ekonomi

Indonesia Triwulan

I-2022.

Www.Bps.Go.Id,

,

https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05

/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar2-07-persen--c-to-c-.html

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Infografis

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi

Keuangan Tahun 2022. Ojk.Go.Id, Info terkini :

Berita

dan

Kegiatan.

https://www.ojk.go.id/id/berita-dankegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-SurveiNasional-Literasi-dan-Inklusi-KeuanganTahun-2022.aspx#:~:text=Hasil

SNLIK 2022

menunjukkan indeks,2019 yaitu 76,19 persen.

Yusuf, M. A., Sudarno, S., & Totalia, S. A.

(2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya

Hidup Dan Pendidikan KeuanganDalam

Keluarga Terhadap Pengelolaan Keuangan

Pribadi MahasiswaPendidikan Ekonomi UNS.

Journal on Education, 5(4), 12986–12999.

website: http://jonedu.org/index.php/joe

Downloads

Published

2024-08-29