PENGARUH SALES PROMOTION, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP IMPULSE BUYING DI E-COMMERCE SHOPEE ( Studi kasus pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta di Kota Padang )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan membuktikan pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation, Electronic Word of Mouth terhadap Impulse Buying di E-commerce Shopee. Studi kasus dilakukan pada mahasiswa Universitas Bung Hatta di Kota Padang. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menguji tiga hipotesis melalui kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari 100 responden. Pengaruh antara faktor-faktor penentu dianalisis menggunakan software Smart-PLS 2.0 M3. Hasil penelitian ini menunjukkan Sales Promotion tidak berpengaruh terhadap Impulse Buying, Hedonic Shopping Motivation berpengaruh positif terhadap Impulse Buying, Electronic word of mouth (EWOM) tidak berpengaruh terhadap Impulse Buying.References
Zakiyah, L., Yateno, Y., & Imantoro, J. (2020).
Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic
Shopping terhadap Impulse Buying dari
Penjualan Online di Media Sosial Instagram
(Studi pada Mahasiswa FEB UM Metro).
Jurnal Manajemen diversifikasi, 1(1), 68–84. 8
Effendi, S., Faruqi, F., Mustika, M., & Salim,
R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan,
Electronic Word of Mouth dan Hedonic
Shopping Motivation Terhadap Pembelian
Impulsif pada Aplikasi Shopee. Jurnal
Akuntansi Dan Manajemen, 17(02), 22–31.
Susanto, P. A., & Savira, S. I. (2021).
Hubungan Antara Konformitas Dengan
Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce
Marketplace. Character: Jurnal Penelitian
Psikologi, 8 (9), 132–141.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel:
Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis
Ritel Modern di Indonesia. Salemba Empat.
Karbasivar, A., & Yarahmadi, H. (2011).
Evaluating Effective Factors on Consumer
Impulse Buying Behavior. Asian Journal of
Business Management Studies, 2(4), 174–181
Pai, M.-Y., Chu, H.-C., W., & S.-C., & Chen,
Y.M. (2013). Ontology-based SWOT analysis
method
for electronic word-of-mouth.
Knowledge-Based Systems, 134-150.
Sugiyono.
(2013). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (19th ed.).
Alfabeta, CV.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &
Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data
Analysis: A Global Perspective (7th Ed.).
Pearson Education Limited.