PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PADA KARTU HALO TELKOMSEL 1) 2)
Keywords:
Harga, Citra Merek, epuasan Pelanggan, Loyalitas MerekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan citra merek terhadap loyalitas merek dengan kepuasan pelanggan sebagai mediasi pada kartu halo telkomsel di kota padang. Populasi yang digunakan yaitu seluruh pengguna kartu halo telkomsel di kota padang dengan teknik penarikan sampel purposive sampling dan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui langsung dalam proses pengumpulan data. Penelitian inii menggunakan sampel sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik dalam bentuk SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas merek, citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, citra merek berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, kepuasan pelanggan memediasii hubungan antara harga terhadap loyalitas merek, kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara citra merek trhadap loyalitas merek.References
Sembeng, L. L., Sumarauw, J., & Raintung,M.
(2016).
Pengaruh
Promosional Mix
TerhadapLoyalitas Pelanggan Kartu Halo Pada Pt.
Telkomsel Grapari Manado. 4(1), 11–22.
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L.
A.(2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe
Terhadap Pembelian Pelanggan. JurnalManajemen
Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2),506–515.
https://doi.org/10.38035/JMPIS
Wahyuni, L. I., Wahyuni, S., & Widodo, J.
(2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap
Loyalitas Merek Pada Kartu Prabayar Simpati
Telkomsel. jurnal pendidikan ekonomi: Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu
Sosial,12(2),242.https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8
Candra, C., Amil, A., & Iswanto, D. (2019).
pengaruh citra dan kepercayaan merekterhadap
loyalitas merek (Studi KasusKepada Konsumen
Telkomsel Di KantorPT. Grapari Mataram). Journal
ofovernment and Politics (JGOP), 1(1), 2942.
https://doi.org/10.31764/jgop.v1i1.943
Darmadi, R., Silitonga, P., & Kristiadi, A. A.
(2021). Pengaruh Social Media Customer
Engagement Dalam Meningkatkan Kepuasan dan
Loyalitas terhadap Perguruan Tinggi. Widya
Manajemen, 3(2), 166–177.
Variano, V. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga,
dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Merek
Konsumen Kereta Api. Agora - Online Graduate
Humanities Journal, 5(3), 1–7.
Wahyu Laksono, A., & Suryadi, N. (2020).
Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan
Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek Pada
Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic
Journal of Management Research, I(1).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing
Management. Pearson Education South Asia Pte
Limited
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &
Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis:
A Global Perspective (7th Ed.). Pearson Education
Limited.