PENGARUH HARGA DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PADA PRODUK MEREK MATAHARI

Authors

  • Vina Gusmalina Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Harga, osial Media Marketing, Kepercayaan Konsumen, Minat Beli

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Harga dan Sosial Media Marketing terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Konsumen sebagai variabel Mediasi. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah sebagai pemakai produk merek Matahari yang menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 100 responden. Analisis data menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan masingmasing variabel Harga berpengaruh positif terhadap Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli, Sosial Media Marketing berpengaruh positif terhadap Kepercayaan Konsumen, Sosial Media Marketing berpengaruh negatif terhadap Minat Beli, dan Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif terhadap Minat Beli. Kepercayaan Konsumen tidak dapat mampu dalam memediasi pengaruh Harga dan Minat Beli, Kepercayaan Konsumen mampu memediasi pengaruh Sosial Media Marketing dan Minat Beli.

References

Fahmi, M., Arif, M., Farisi, S., & Purnama,

N. I. (2019). Peran Brand Image Dalam

Memediasi Pengaruh Social Media

Marketing Terhadap Repeat Purchase

Pada Fast-Food Restaurant Di Kota

Medan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan

Bisnis, 11(1), 53–68. Https://Do

i.Org/10. 33059/J seb.V11i1.1722

Faisal, A., & Talitha Novanda Í, N. (2022).

SEIKO : Journal Of Management &

Business Pengaruh Digital Marketing

Pada Niat Beli Konsumen Dalam

Industri Fast Fashion. SEIKO : Journal

Of Management & Business, 6(1), 235–

Https:// Doi.Org/1 0.375 31/Sej

aman.V6i1.3701

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &

Anderson, R. E. (2014). Multivariate

Data Analysis: A Global Perspective

(7th Ed.). New Jersey: Pearson

Education.

Kotler, Philip And Amstrong, G. (2007).

Manajemen Pemasaran (Edisi Ke-1).

Jakarta: Indeks.

Kotler, P. Dan K. L. K. (2009). Manajemen

Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Ma

najemen Pemasaran (12th Ed.).

Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan,

D. D. S. (2019). Pengaruh Digital

Marketing Terhadap Keputusan

Pembelian Pada Matahari Department

Store Manado Town Square. Jurnal

Administrasi Bisnis, 9(1), 35. Https:

//Doi. Org/1 0.35 797 /Jab .9.1.20 19.23

35-42

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuant

itatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:

CV AFABETA.

Downloads

Published

2024-08-30