PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PADA TOKOPEDIA DI KOTA PADANG
Keywords:
promosi penjualan, online customer review, kepuasan konsumen, minat beli ulangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan online customer review terhadap minat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai mediasi pada Tokopedia di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 113 orang dengan pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Smart PLS 3.0. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, online customer review berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, promosi penjualan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, online customer review tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, kepuasan konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara promosi penjualan terhadap minat beli ulang, kepuasan konsumen memediasi hubungan antara online customer review terhadap minat beli ulang.References
Annur, Cindi. (2023). Pengguna Internet di
Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/2
/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-
orang-hingga-awal-2023 Diakses 20 Maret 2024 jam
30 WIB
Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh
Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap
Perilaku Konsumtif Generasi Millennial Di Blitar. J-
Ceki: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 429–438
Anonim. (2023). Mengenal Tokopedia Marketing
Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh Bagi Pelaku
Bisnisdi Indonesia. https://www.tokopedia.com/blog/-
mengenal-tokopedia-marketing-solutions-solusi-
pemasaran-menyeluruh-bagi-pelaku-bisnis-di-
indonesia-rls/ Diakses 13 Maret 2024 Jam 11.14 WIB.
Ahdiat, Andi.(2024) Rata-Rata Jumlah Kunjungan
ke 5 Situs E-Commerce Terbesar Pada Tahun 2023.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/1
/data jumlah pengunjung e-commerce terbesar di
Indonesia 2023. Diakses 24 Maret 2024.
Ferdinand, A. (2014). Metodologi Pedoman
Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan
Disertasi Ilmu Manajemen (5th Ed.). Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Ayu, D. R., & Astuti, S. R. T. (2023). Pengaruh
Kemudahan Penggunaan, Promosi Penjualan, Dan
Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Minat Beli
Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel
Mediasi. Diponegoro Journal Management, 12, 1–12.
Irawan, R.& Nurlinda, D. (2023). Pengaruh E-
Service Quality , Online Customer Review Dan Sales
Promotion Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal
Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 1(4).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing
Management. Pearson Education South Asia Pte
Limited
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. [10] Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &
Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis:
A Global Perspective (7th Ed.). Pearson Education
Limited.