PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, SERVICE QUALITY, DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY (Studi Kasus Pada Nasabah Tabungan BritAma Bank BRI di Kota Padang)

Authors

  • Putri Rahma Yuli Universitas Bung Hatta
  • Zeshasina Rosha Universitas Bung Hatta

Keywords:

Experiential Marketing, Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh experiential marketing, service quality dan customer satisfaction terhadap customer loyalty pada nasabah tabungan BritAma BRI Kota Padang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan BritAma BRI Kota Padang dengan sampel 85 orang. Pengambilan sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan simple purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program smart PLS. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality dan customer satisfaction secara parsial berpengaruh positif terhadap customer loyalty pada nasabah tabungan BritAma BRI Kota Padang, sedangkan experiential marketing tidak berpengaruh terhadap customer loyalty pada nasabah tabungan BritAma BRI Kota Padang.

References

Muslim, Taufik, E. R., & Luthfi. (2020).

Mempertahankan Loyalitas Nasabah Melalui

Kepuasan Nasabah (Studi Empirik Nasabah

Tabungan Produk Tamasa BPR Serang).

SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 232257.

Oliver, R. L. (1999). Whence Consumer

Loyalty? Journal of Marketing, 63 (Special

Issue), 33-44.

Schmitt, Brend H. (1999). Experiential

Marketing: How to get Customer to Sense,

Feel, Think, Act, and Relate to Your Company

and Brands. New York : The Free Press.

Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., & Gremler, D.D.

(2006). Services Marketing: Integrating

Customer Focus Across the Firm. 4th Edition.

McGraw-Hill.

A. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktek. Jakarta: Pt. Rineka Cipta,

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv Afabeta,

Downloads

Published

2024-09-01