PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN COSTUMER ENGAGEMENT SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Kasus Pada Instagram Tokopedia)
Keywords:
Social media marketing, Costumer engagement, Brand loyaltyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty dengan customer engagement sebagai pemediasi, dengan fokus pada Instagram Tokopedia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna Tokopedia yang juga mengikuti akun Instagram resmi Tokopedia. Teknik pengambilan sampel yakni teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 100 kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SmartPLS versi 3.3.3 meliputi: Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, R Square dan Structural Model Assessment. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadap brand loyalty pada Instagram Tokopedia. Social media marketing berpengaruh positif terhadap costumer engagement pada Instagram Tokopedia. Costumer engagement tidak berpengaruh terhadap brand loyalty pada Instagram Tokopedia. Costumer engagement tidak memediasi hubungan antara social media marketing dan brand loyalty pada Instagram Tokopedia. Social media marketing, Costumer engagement, Brand loyaltyReferences
Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital
Marketing (Cetakan 1). Celebes Media
Perkasa.
Kemp Simon. (2023) Digital 2023: Indonesia.
https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digit
al-2023/
Raihan, M. (2023). Perlindungan Data Diri
Konsumen Dan Tanggung jawab
Marketplace Terhadap Data Diri Konsumen
(Studi Kasus: Kebocoran Data 91 Juta Akun
Tokopedia). Jurnal Inovasi Penelitian,
(10).
Arikunto, A. (2006). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Dally, A., Dan Aswin, I., & Hadisumirto, D.
(2020). The Effect of Social Media Marketing
Activities on Brand Trust, Brand Loyalty, and
Brand Equity on the Social Media Instagram.
In Jurnal Manajemen dan Usahawan
Indonesia • (Vol. 43, Issue 1).
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &
Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data
Analysis: A Global Perspective (7th ed.). New
Jersey: Pearson Education.