PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN COSTUMER ENGAGEMENT SEBAGAI PEMEDIASI (Studi Kasus Pada Instagram Tokopedia)

Authors

  • Muhammad Fakhrezi Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Social media marketing, Costumer engagement, Brand loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty dengan customer engagement sebagai pemediasi, dengan fokus pada Instagram Tokopedia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna Tokopedia yang juga mengikuti akun Instagram resmi Tokopedia. Teknik pengambilan sampel yakni teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 100 kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SmartPLS versi 3.3.3 meliputi: Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, R Square dan Structural Model Assessment. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadap brand loyalty pada Instagram Tokopedia. Social media marketing berpengaruh positif terhadap costumer engagement pada Instagram Tokopedia. Costumer engagement tidak berpengaruh terhadap brand loyalty pada Instagram Tokopedia. Costumer engagement tidak memediasi hubungan antara social media marketing dan brand loyalty pada Instagram Tokopedia. Social media marketing, Costumer engagement, Brand loyalty

References

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital

Marketing (Cetakan 1). Celebes Media

Perkasa.

Kemp Simon. (2023) Digital 2023: Indonesia.

https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digit

al-2023/

Raihan, M. (2023). Perlindungan Data Diri

Konsumen Dan Tanggung jawab

Marketplace Terhadap Data Diri Konsumen

(Studi Kasus: Kebocoran Data 91 Juta Akun

Tokopedia). Jurnal Inovasi Penelitian,

(10).

Arikunto, A. (2006). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Dally, A., Dan Aswin, I., & Hadisumirto, D.

(2020). The Effect of Social Media Marketing

Activities on Brand Trust, Brand Loyalty, and

Brand Equity on the Social Media Instagram.

In Jurnal Manajemen dan Usahawan

Indonesia • (Vol. 43, Issue 1).

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &

Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data

Analysis: A Global Perspective (7th ed.). New

Jersey: Pearson Education.

Downloads

Published

2024-09-01