PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM KULINER SAJI DI KOTA SUNGAI PENUH
Keywords:
Kinerja Pemasaran, Keunggulan bersaing, Orientasi pasar, OrientasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada UMKM kuliner saji di Kota Sungai Penuh. Sampel yang digunakan sebanyak 165 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3.2.9. Hasil penelitian menemukan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh negatif terhadap terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengruh positif terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keunggulang bersaing, keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing memediasi hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran, dan selanjutnya keunggulan bersaing memediasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran pada UMKM kuliner saji di kota Sungai Penuh.References
Polandos, P. M., Engka, D. S. M., Tolosang, K. D.,
Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S.
(2019). Analisis Pengaruh Modal, Lama Usaha, Dan
Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha
Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan
Langowan Timur. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi,
(04), 36–47.
Sulaeman, M. (2018). Pengaruh Orientasi
Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk
Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri
Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar). Jurnal
Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(1), 154
https://doi.org/10.25139/jai.v2i1.909
Sefrianto, S. (2022). Pengaruh Orientasi
Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Religiusitas
Terhadap Kinerja Pemasaran. (Studi Kasus Pada
UMKM Kuliner Binaan Pusat Layanan Usaha
Terpadu di Kabupaten Lima Puluh Kota).
Manajemen, 1(1), 1–2.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&d. ALfabeta Bandung.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &
Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data
Analysis: A Global Perspective (7th ed.). New
Jersey: Pearson Education.