PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM KULINER SAJI DI KOTA SUNGAI PENUH

Authors

  • Dozan Debisya Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kinerja Pemasaran, Keunggulan bersaing, Orientasi pasar, Orientasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada UMKM kuliner saji di Kota Sungai Penuh. Sampel yang digunakan sebanyak 165 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan SmartPls 3.2.9. Hasil penelitian menemukan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh negatif terhadap terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengruh positif terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keunggulang bersaing, keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing memediasi hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran, dan selanjutnya keunggulan bersaing memediasi hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran pada UMKM kuliner saji di kota Sungai Penuh.

References

Polandos, P. M., Engka, D. S. M., Tolosang, K. D.,

Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S.

(2019). Analisis Pengaruh Modal, Lama Usaha, Dan

Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usaha

Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan

Langowan Timur. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi,

(04), 36–47.

Sulaeman, M. (2018). Pengaruh Orientasi

Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk

Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri

Tahu Di Sentra Industri Tahu Kota Banjar). Jurnal

Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(1), 154

https://doi.org/10.25139/jai.v2i1.909

Sefrianto, S. (2022). Pengaruh Orientasi

Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Religiusitas

Terhadap Kinerja Pemasaran. (Studi Kasus Pada

UMKM Kuliner Binaan Pusat Layanan Usaha

Terpadu di Kabupaten Lima Puluh Kota).

Manajemen, 1(1), 1–2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&d. ALfabeta Bandung.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., &

Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data

Analysis: A Global Perspective (7th ed.). New

Jersey: Pearson Education.

Downloads

Published

2024-09-02