PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING TRANSPORTASI OJEK ONLINE GOJEK VS MAXIM

Authors

  • Mutira Melri Putri Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko Universitas Bung Hatta

Keywords:

online customer review, electronic word of mouth, variety seeking, brand Switching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, electronic word of mouth dan variety seeking terhadap brand switching transportasi ojek online gojek dengan maxim. Populasi yang digunakan yaitu Orang yang susah pernah menggunakan aplikasi transpotasi ojek online Gojek yang sekrang beralih ke aplikasi ojek online Maxim dengan Teknik penarikan sampel purposive sampling dan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form dalam proses pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 109 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic dalam bentuk SEM PLS. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review, electronic word of mouth dan variety seeking perpengaruh positif terhadap brand switching transportasi ojek online gojek vs maxim.

References

Dana, I. P. A., & Warmika, I. G. K. (2023).

Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, Serta

Variety Seeking Terhadap Perilaku Brand

Switching. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Universitas

Udayana,

(05),

https://doi.org/10.24843/eeb.2023.v12.i05.p06

Saputri, V. N., Triwijayati, A., & Adriana, E.

(2023). The Influence of Sales Promotion ,

Online Customer Reviews , and Platform

Trust on Brand Switching In the Use of

Online Transportation in Malang City.

American International Journal Of Business

Management (AIJBM), 6(07), 46–56.

Wardhani, L. N., & Andarini, S. (2024).

Traveloka Brand Switching ( Study Of

Traveloka Users In Surabaya ) Pengaruh

Kemudahan Penggunaan , Persepsi Harga

Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap

Brand Switching Traveloka ( Studi Pada

Pengguna Traveloka Di Surabaya ). 5(2),

–4315https://compas.co.id

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian

Pendidikan

Pendekatan

Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Kuantitatif

Jersey :Pearson.

Hair, et al. 2014. Multivariate Data

Downloads

Published

2024-09-02