PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TEHADAP BRAND LOYALTY DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS TOYOTA AVANZA DI KOTA PADANG)

Authors

  • Abdul Munir Hadengganan Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

experiential marketing, brand loyalty, kepuasan pelanggan, smartPLS 3.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh experiential marketing terhadap brand loyalty dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini sebanyak 138 orang yang terdiri dari masyarakat Kota Padang. Dimana sampel pada penelitian ini adalah 138 orang dengan data yang dapat diolah sebanyak 133 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling. Metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuisioner. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan software smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa experiential marketing berpengaruh positif terhadap brand loyalty, experiential marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap brand loyalty, kepuasan pelanggan tidak memediasi hubungan antara experiential marketing dan brand loyalty pada Toyota Avanza di Kota Padang.

References

Aaker. (2015). Aaker on branding: 20

Prinsip

esensial

mengelola

dan

mengembangkan brand. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Kotler dan Keller. (2018). Marketing

management: an Asian perspective.

London: Person.

Schmitt, B. H. (1999). Experiential

Marketing. How to Get Customers to Sense,

Feel, Think, Act, Relate to Your Company

and Brands. The Free Press, New York.

Ronald Tetanoe dan Diah Dharmayanti,

V.

(2014).

Pengaruh

Experiential

Marketing Terhadap Pembelian Ulang

Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai

Variable Intervening di Breadtalk Surabaya

Town Square. Dalam Jurnal Manajemen

Pemasaran Petra (Vol. 2, Nomor 1).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Angewandte

Chemie

International Edition, 6(11), 951–952.

Hair Jr., J. F., Gabriel, M. L. D. da S., &

Patel, V. K. (2014). A Primer On Partial

Least

Squares

Structural

Equation

Modeling (Pls-Sem). In Sage Publications,

Inc.

Doi:

Https://Doi.Org/10.1016/J.Lrp.2013.01.00

Downloads

Published

2024-09-02