PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM KULINER DI KECAMATAN KOTO TANGAH

Authors

  • Viona Adea Nesya Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi pasar, Inovasi produk, customer relationship management, Kinerja pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh orientasi pasar, inovasi produk dan customer relationship management terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kuliner di Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung pada responden UMKM Kuliner di Kecamatan Koto Tangah. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan sebelumnya, yaitu dengan jumlah sampel 80 responden dengan bantuan alat analisis IBM Spss 27. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa orientasi pasar dan customer relationship management berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kuliner di Kecamatan Koto Tangah.

References

Mamengko, D., Tawas, H. N., Mamengko, D. G.,

Tawas, H. N., Ch Raintung, M., & Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, J. (2023).

pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk

terhadap kinerja pemasaran dengan

keunggulan bersaing sebagai variabel

intervening ( studi kasus pada usaha mikro

kecil dan menengah di kecamatan

kawangkoan). Raintung. 486 Jurnal EMBA,

(Januari), 486–499.R.

Yasa, A. . R. N. dan N. N. K. (2012). Peran

Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing

Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap

Kinerja Pemasaran. 19, 12.

Manambing, A., Mandey, S., & Tielung, M. V.

. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan

Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja

Pemasaran ( Studi Kasus Umkm Kuliner

Tinutuan Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal

Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan

Akuntansi,6(4),3803–3812.

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emb

a/article/view/21906

Pramesti, N. M. V., & Giantari, I. G. A. K.

(2016). Peran Orientasi Pasar Memediasi

Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap

Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek.

Journal of Marketing, 54(4), 20–35.

Putri, N. P. E., Darna, N., & Kasman. (2020).

Pengaruh Marketing Mix Dan Customer

Relationship Management Terhadap

Keunggulan Bersaing (studi pada ZOYA

cabang Tasikmalaya). Bussines Management

and Enterpreneurship Journal, Vol 2(2), 1.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif

dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-03