PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM KULINER DI KECAMATAN KOTO TANGAH
Keywords:
Orientasi pasar, Inovasi produk, customer relationship management, Kinerja pemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh orientasi pasar, inovasi produk dan customer relationship management terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kuliner di Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung pada responden UMKM Kuliner di Kecamatan Koto Tangah. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan sebelumnya, yaitu dengan jumlah sampel 80 responden dengan bantuan alat analisis IBM Spss 27. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa orientasi pasar dan customer relationship management berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kuliner di Kecamatan Koto Tangah.References
Mamengko, D., Tawas, H. N., Mamengko, D. G.,
Tawas, H. N., Ch Raintung, M., & Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, J. (2023).
pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk
terhadap kinerja pemasaran dengan
keunggulan bersaing sebagai variabel
intervening ( studi kasus pada usaha mikro
kecil dan menengah di kecamatan
kawangkoan). Raintung. 486 Jurnal EMBA,
(Januari), 486–499.R.
Yasa, A. . R. N. dan N. N. K. (2012). Peran
Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing
Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap
Kinerja Pemasaran. 19, 12.
Manambing, A., Mandey, S., & Tielung, M. V.
. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan
Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja
Pemasaran ( Studi Kasus Umkm Kuliner
Tinutuan Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal
Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan
Akuntansi,6(4),3803–3812.
https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emb
a/article/view/21906
Pramesti, N. M. V., & Giantari, I. G. A. K.
(2016). Peran Orientasi Pasar Memediasi
Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap
Kinerja UKM Industri Kerajinan Endek.
Journal of Marketing, 54(4), 20–35.
Putri, N. P. E., Darna, N., & Kasman. (2020).
Pengaruh Marketing Mix Dan Customer
Relationship Management Terhadap
Keunggulan Bersaing (studi pada ZOYA
cabang Tasikmalaya). Bussines Management
and Enterpreneurship Journal, Vol 2(2), 1.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Alfabeta.