PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA BEAT DI KOTA PADANG

Authors

  • cici Wulansari
  • Nelmida Nelmida
  • Reni Yuliviona

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berbagai pengaruh bauran pemasaran dan faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Suatu studi kasus pada180 orang responden pembeli dan pengguna Honda Beat di Kota Padang. Variabel penelitian terdiri dari Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan Sikap untuk variabel bebas, dan variabel keputusan pembelian untuk variabel terikat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa variabel Produk, Harga, Motivasi dan Sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Beat  di Kota Padang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk variabel Produk, 0,022 untuk variabel Harga, 0,018 untuk variabel Motivasi dan 0,042 untuk variabel Sikap. Dikatakan signifikan karena nilai sig kecil dari 0,05 alpha. Untuk variabel Promosi, Distribusi,Persepsi dan Pembelajaran tidak memiliki pengaruh secara signifikan karena nilai sig besar dari 0,05 alpha.

 

Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap, Keputusan Pembelian.

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berbagai pengaruh bauran pemasaran dan faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Suatu studi kasus pada180 orang responden pembeli dan pengguna Honda Beat di Kota Padang. Variabel penelitian terdiri dari Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran dan Sikap untuk variabel bebas, dan variabel keputusan pembelian untuk variabel terikat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa variabel Produk, Harga, Motivasi dan Sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Beat  di Kota Padang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk variabel Produk, 0,022 untuk variabel Harga, 0,018 untuk variabel Motivasi dan 0,042 untuk variabel Sikap. Dikatakan signifikan karena nilai sig kecil dari 0,05 alpha. Untuk variabel Promosi, Distribusi,Persepsi dan Pembelajaran tidak memiliki pengaruh secara signifikan karena nilai sig besar dari 0,05 alpha.

 

Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap, Keputusan Pembelian.

 

Published

2013-03-19