PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON INVESTMENT (ROI), TIME INTEREST EARNED RATIO (TIER) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2023

Authors

  • Hanifah Khairunnisa Universitas Bung Hatta
  • Nailal Husna Universitas Bung Hatta

Keywords:

Nilai Perusahaan, current ratio, return on investment, time interest earned ratio, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh current ratio, return on investment, time interest
earned ratio dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor
makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2019-2023. Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan menguji 4 hipotesis. Populasi dalam penelitian
ini sebanyak 95 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Setelah
melakukan pendataan hanya tersisa 49 perusahaan yang memiliki data lengkap dan memenuhi
syarat penelitian. Metode analisis data dilakukan dengan bantuan alat bantu statistik berupa Eviews
12. Dari hasil ini menunjukkan bahwa current ratio, return on investment, time interest earned ratio
tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan ukuran perusahaan memberikan pengaruh
negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman
yang terdaftar di BEI tahun 2020-2023.

References

Andriani, P. R., & Rudianto, D. (2019). Pengaruh Tingkat Likuiditas, Profitabilitas Dan

Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Subsektor Makanan Dan Minuman Yang

Tercatat Di Bei (Bei) Periode 2010-2017. Management, and Industry (JEMI), 2(1), 48–

Azriana, R., & Keristin, U. W. (2022, September). Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio,

Current Ratio, Dan Net Profit Margin Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada

Manufaktur Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020).

In Forbiswira Forum Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 12, No. 1, pp. 84-95).

Bringham, E. F. dan J, Houston. 2020. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Empat

Belas. Jakarta: Salemba Empat.

Brealey, et. al. 2007. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Bryant, S. (2023). Pengaruh Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE) Dan

Earning Per Share (EPS) Terhadap Nilai Perusahan Pada Perusahaan Properti Yang

Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 – 2021. Ekonomi Dan Manajemen

Bisnis, 2(1), 1–10.

Dewanto, A. K., Muslimin, & Kasim, Y. (2020). Pengaruh Rasio Leverage dan Profitabilitas

Terhadap Agresivitas Pajak. Prosiding Akuntansi, 6(2), 672–675. Husnan, S. (2023). Manajemen Keuangan, Edisi Empat. Jakarta: UT Press.

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketigabelas. Depok: Rajawali

Pers.

Lutfita, A., & Takarini, N. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Struktur

Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 319-329.

Nuradawiyah, A., & Susilawati, S. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai

perusahaan. Jurnal Akuntansi, 9(2), 218-232.

Siahaan, D. B., & Herijawati, E. (2023). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Dan

Return On Equity Terhadap Nilai Perusahaan(Studi pada Perusahaan Food and

Beverage yang terdaftar di BEI periode tahun2016-2020). Journal Of Social Science

Research, 3(4), 1742–1751. https://osf.io/zbqm7

Spence, M. (1973). Job Market Signalling. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 87,

No. 3. (Aug., 1973), pp. 355-374.

Downloads

Published

2025-09-17