PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON INVESTMENT (ROI), TIME INTEREST EARNED RATIO (TIER) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2023
Keywords:
Nilai Perusahaan, current ratio, return on investment, time interest earned ratio, Ukuran PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh current ratio, return on investment, time interest
earned ratio dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor
makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2019-2023. Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan menguji 4 hipotesis. Populasi dalam penelitian
ini sebanyak 95 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Setelah
melakukan pendataan hanya tersisa 49 perusahaan yang memiliki data lengkap dan memenuhi
syarat penelitian. Metode analisis data dilakukan dengan bantuan alat bantu statistik berupa Eviews
12. Dari hasil ini menunjukkan bahwa current ratio, return on investment, time interest earned ratio
tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan ukuran perusahaan memberikan pengaruh
negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman
yang terdaftar di BEI tahun 2020-2023.
References
Andriani, P. R., & Rudianto, D. (2019). Pengaruh Tingkat Likuiditas, Profitabilitas Dan
Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Subsektor Makanan Dan Minuman Yang
Tercatat Di Bei (Bei) Periode 2010-2017. Management, and Industry (JEMI), 2(1), 48–
Azriana, R., & Keristin, U. W. (2022, September). Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio,
Current Ratio, Dan Net Profit Margin Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada
Manufaktur Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020).
In Forbiswira Forum Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 12, No. 1, pp. 84-95).
Bringham, E. F. dan J, Houston. 2020. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Empat
Belas. Jakarta: Salemba Empat.
Brealey, et. al. 2007. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.
Bryant, S. (2023). Pengaruh Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE) Dan
Earning Per Share (EPS) Terhadap Nilai Perusahan Pada Perusahaan Properti Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 – 2021. Ekonomi Dan Manajemen
Bisnis, 2(1), 1–10.
Dewanto, A. K., Muslimin, & Kasim, Y. (2020). Pengaruh Rasio Leverage dan Profitabilitas
Terhadap Agresivitas Pajak. Prosiding Akuntansi, 6(2), 672–675. Husnan, S. (2023). Manajemen Keuangan, Edisi Empat. Jakarta: UT Press.
Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketigabelas. Depok: Rajawali
Pers.
Lutfita, A., & Takarini, N. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Struktur
Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 319-329.
Nuradawiyah, A., & Susilawati, S. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai
perusahaan. Jurnal Akuntansi, 9(2), 218-232.
Siahaan, D. B., & Herijawati, E. (2023). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Dan
Return On Equity Terhadap Nilai Perusahaan(Studi pada Perusahaan Food and
Beverage yang terdaftar di BEI periode tahun2016-2020). Journal Of Social Science
Research, 3(4), 1742–1751. https://osf.io/zbqm7
Spence, M. (1973). Job Market Signalling. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 87,
No. 3. (Aug., 1973), pp. 355-374.