Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kuliner Kemasan Di Kota Padang)

Authors

  • Romy Permana Putera Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kinerja Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi
produk terhadap kinerja pemasran dengan keunggulan bersaing sebagai mediasi. Populasi dan
sampel yang digunakan dalam penelitian pada UMKM Kuliner Kemasan di Kota Padang
yang menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampelnya terdapat sebanyak
100 responden. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan
kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS & SEM PLS 3, yang meliputi:
Responden Rate, Profil Responden, Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, R
Square dan Structural Model Assessment. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa
orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM
Kuliner Kemasan di Kota Padang. Inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja
pemasaran pada UMKM kuliner kemasan di Kota Padang.

References

Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). Erlangga.

Dr. SUGIONO. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. In

Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, J, B., Anderson, & E., R. (2014). Multivariate Data Analysis:

A Global Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education. (pp. 1–761).

Hajar, S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh

Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. 5(10), 6580–6609.

Karinda, M. V. A., Mananeke, L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan

Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area

Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,

(3), 1568–1577.

Kiki, Rusdarti, & Sakitri, W. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan

dan Inivasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UKM. 1, 73–83.

Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan

Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA,

(2), 100–109.

Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, E., Arifin, A., & Novalia, N. (2022).

Usaha Kuliner Sebagai Penggerak Umkm Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM: Aksi

Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74.

Putra, I. M. S., & Suparna, G. (2020). PERAN KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI

PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA BISNIS. EJurnal

Manajemen

Universitas

Udayana,

(7),

Rahmawati.

(2019).

Faktor-Faktor

yang

Mempengaruhi

Kinerja

Pemasaran

pada

Usaha

Mikro

Kecil

dan

Menengah

Pangan

Olahan

di

Kota

Surakarta.

Jurnal

Ekonomi

Pertanian

Dan

Agribisnis,

(2),

–335.

Soleh, A. (2017). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA

PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL

MEDIASI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Zuliasanti, K., & Sakitri, W. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan

DanInovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Ukm. Business and Accounting

Education Journal, 1, 73–83.

Downloads

Published

2025-09-17