Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kuliner Kemasan Di Kota Padang)
Keywords:
Kinerja Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi ProdukAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi
produk terhadap kinerja pemasran dengan keunggulan bersaing sebagai mediasi. Populasi dan
sampel yang digunakan dalam penelitian pada UMKM Kuliner Kemasan di Kota Padang
yang menggunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampelnya terdapat sebanyak
100 responden. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan
kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS & SEM PLS 3, yang meliputi:
Responden Rate, Profil Responden, Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, R
Square dan Structural Model Assessment. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa
orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM
Kuliner Kemasan di Kota Padang. Inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja
pemasaran pada UMKM kuliner kemasan di Kota Padang.
References
Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). Erlangga.
Dr. SUGIONO. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. In
Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, J, B., Anderson, & E., R. (2014). Multivariate Data Analysis:
A Global Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education. (pp. 1–761).
Hajar, S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh
Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. 5(10), 6580–6609.
Karinda, M. V. A., Mananeke, L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan
Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area
Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,
(3), 1568–1577.
Kiki, Rusdarti, & Sakitri, W. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan
dan Inivasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UKM. 1, 73–83.
Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan
Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA,
(2), 100–109.
Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, E., Arifin, A., & Novalia, N. (2022).
Usaha Kuliner Sebagai Penggerak Umkm Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM: Aksi
Kepada Masyarakat, 3(1), 65–74.
Putra, I. M. S., & Suparna, G. (2020). PERAN KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI
PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA BISNIS. EJurnal
Manajemen
Universitas
Udayana,
(7),
Rahmawati.
(2019).
Faktor-Faktor
yang
Mempengaruhi
Kinerja
Pemasaran
pada
Usaha
Mikro
Kecil
dan
Menengah
Pangan
Olahan
di
Kota
Surakarta.
Jurnal
Ekonomi
Pertanian
Dan
Agribisnis,
(2),
–335.
Soleh, A. (2017). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA
PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL
MEDIASI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Zuliasanti, K., & Sakitri, W. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan
DanInovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Ukm. Business and Accounting
Education Journal, 1, 73–83.