Pengaruh Strategi Pemasaran, Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang

Authors

  • Abdul Fadil Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Strategi pemasaran, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, kinerja UMKM jasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pemasaran,orientasi pasar dan
orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM jasa di Kota Padang. Pada penelitian ini yang
menjadi sampel adalah beberapa pemilik UMKM jasa di Kecamatan Koto Tangah. Metode
pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria yang
telah ditentukan sebelumnya, yaitu dengan jumlah sampel 80 responden. Pengumpulan data
dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat
UMKM jasa di Kota Padang Kec Koto Tangah. Metode analisis data yang digunakan adalah
SMART-PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran, orientasi pasar dan
orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM jasa di Kecamatan Koto
Tangah.

Downloads

Published

2025-09-17