Pengaruh Kualitas Layanan, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah
Keywords:
Kepuasan Nasabah, Kualitas Layanan, Kemudahan, KeamananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kemudahan dan
keamanan terhadap kepuasan nasabah (studi pada pengguna aplikasi Wondr By BNI Kota
Padang), dengan jumlah sampel 80 nasabah. Metode analisis yang digunakan adalah
Confirmatory Factor Analisis (CFA), sementara analisis regresi berganda dengan
menggunakan STATA12 yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini
menjelaskan bahwa kemudahan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, sedangkan
kualitas layanan dan keamanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan nasabah.
References
Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan
Fitur M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi pada Bank Syariah
Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Sumenep). Islamic Sciences, Sumenep, 1, 70–89.
Atieq, M. Q., & Nurpiani, E. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat Dan Risiko
Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah. Jurnal Valuasi:
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 401–423.
https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.109
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank
BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63.
Fandi, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile
Banking PT Bank Syariah Mandiri Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 110–117.
Giswandhani, M., & Hilmi, A. Z. (2020). pengaruh kemudahan transaksi non-tunai terhadap
sikap konsumtif masyarakat kota Makassar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 239–250.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.
https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanjadane-Promosi
Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Onlinedi Kota Surabaya. Administrasi Bisnis,
–10. Junaedi, E., & Neneng, N. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan
Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank
Syariah Indonesia Di Tangerang. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies,
(1), 13–32. https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338
Kinasih, B. S., & Albari, A. (2012). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi terhadap
Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1).
https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss1.art3
Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan
Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking
(Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global
Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56.
https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632
Palupi Permata Rahmi, Nur Aryanti, A., & Abdul Aziz, D. (2023). Pengaruh Kualitas
Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA. ARBITRASE:
Journal
of Economics
and Accounting,
(3),
–722.
https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660
Permatasari, B. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi
Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile BankinBca. Journals
of Economics and Business,
(2), 1–16.
https://doi.org/10.33365/jeb.v2i2.112 Purwa, I. B. N. S., & Ardani, I. G. A. K. S. (2017). Peran Kepercayaan Nasabah Dalam
Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. E-Jurnal
Manajemen
Universitas
Udayana,
(1),
https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p08
Razak, I., & Rasmansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah.
Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 1–14.
Rithmaya, C. L. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko Dan
Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Bca Dalam Menggunakan Initernet
Banking. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 160.
https://doi.org/10.17970/jrem.16.160110.id
Rizal, samsul, Abdullah, I., & Violin, V. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 2
September 2021 E - ISSN GABUNGAN DI INDONESIA Oleh : PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK
RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk., 8(2), 25–33.
Satria, F., & Diah Astarini. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah
Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi
Trisakti, 3(1), 1911–1924. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.16124 Shafira, A. S., Aris Sunindyo, & Septian Yudha Kusuma. (2023). Pengaruh Kemudahan,Keamanan, Manfaat, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah DalamMenggunakan Brimo Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Research and DevelopmentStudent, 1(2), 62–74. https://doi.org/10.59024/jis.v1i2.318
Sondakh, C. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan
Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi pada Nasabah Taplus BNI CabangManado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 19–32.
Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Tho’in, M. (2011). Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah diBaitul Mal Wat Tamwil (BMT) Tekun Karanggede Boyolali. Muqtasid: JurnalEkonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 73. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v2i1.73-89
Zakiy, M., & Azzahroh, E. P. (2017). Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai VariabelIntervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 26–38.
Zulkarnain, M., Aurantia Marina, Nur Jumriatunnisah, & Nurul Ilma Hasana Kunio. (2023).Pengaruh Kemudahan, Ketersediaan Fitur Dan Manfaat Terhadap Kepuasan Nasabah
Pengguna Bsi Mobile Di Kecamatan Ilir Barat Kota Palembang. J-EBIS (Jurnal
Ekonomi Dan Bisnis Islam), 8, 267–284. https://doi.org/10.32505/j-ebis.v8i2.703