Pengaruh Kualitas Layanan, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah

Authors

  • M Hafisz Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepuasan Nasabah, Kualitas Layanan, Kemudahan, Keamanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kemudahan dan
keamanan terhadap kepuasan nasabah (studi pada pengguna aplikasi Wondr By BNI Kota
Padang), dengan jumlah sampel 80 nasabah. Metode analisis yang digunakan adalah
Confirmatory Factor Analisis (CFA), sementara analisis regresi berganda dengan
menggunakan STATA12 yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini
menjelaskan bahwa kemudahan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, sedangkan
kualitas layanan dan keamanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan nasabah.

References

Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan

Fitur M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi pada Bank Syariah

Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Sumenep). Islamic Sciences, Sumenep, 1, 70–89.

Atieq, M. Q., & Nurpiani, E. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat Dan Risiko

Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah. Jurnal Valuasi:

Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 401–423.

https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.109

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank

BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63.

Fandi, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile

Banking PT Bank Syariah Mandiri Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 110–117.

Giswandhani, M., & Hilmi, A. Z. (2020). pengaruh kemudahan transaksi non-tunai terhadap

sikap konsumtif masyarakat kota Makassar. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 239–250.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanjadane-Promosi

Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Onlinedi Kota Surabaya. Administrasi Bisnis,

–10. Junaedi, E., & Neneng, N. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan

Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank

Syariah Indonesia Di Tangerang. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies,

(1), 13–32. https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338

Kinasih, B. S., & Albari, A. (2012). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi terhadap

Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1).

https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss1.art3

Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan

Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking

(Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global

Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56.

https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632

Palupi Permata Rahmi, Nur Aryanti, A., & Abdul Aziz, D. (2023). Pengaruh Kualitas

Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA. ARBITRASE:

Journal

of Economics

and Accounting,

(3),

–722.

https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660

Permatasari, B. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi

Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile BankinBca. Journals

of Economics and Business,

(2), 1–16.

https://doi.org/10.33365/jeb.v2i2.112 Purwa, I. B. N. S., & Ardani, I. G. A. K. S. (2017). Peran Kepercayaan Nasabah Dalam

Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. E-Jurnal

Manajemen

Universitas

Udayana,

(1),

https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p08

Razak, I., & Rasmansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah.

Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 1–14.

Rithmaya, C. L. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko Dan

Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Bca Dalam Menggunakan Initernet

Banking. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 160.

https://doi.org/10.17970/jrem.16.160110.id

Rizal, samsul, Abdullah, I., & Violin, V. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 2

September 2021 E - ISSN GABUNGAN DI INDONESIA Oleh : PENGARUH

KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK

RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk., 8(2), 25–33.

Satria, F., & Diah Astarini. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah

Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi

Trisakti, 3(1), 1911–1924. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.16124 Shafira, A. S., Aris Sunindyo, & Septian Yudha Kusuma. (2023). Pengaruh Kemudahan,Keamanan, Manfaat, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah DalamMenggunakan Brimo Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Research and DevelopmentStudent, 1(2), 62–74. https://doi.org/10.59024/jis.v1i2.318

Sondakh, C. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan

Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi pada Nasabah Taplus BNI CabangManado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 19–32.

Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Tho’in, M. (2011). Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah diBaitul Mal Wat Tamwil (BMT) Tekun Karanggede Boyolali. Muqtasid: JurnalEkonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 73. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v2i1.73-89

Zakiy, M., & Azzahroh, E. P. (2017). Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai VariabelIntervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 26–38.

Zulkarnain, M., Aurantia Marina, Nur Jumriatunnisah, & Nurul Ilma Hasana Kunio. (2023).Pengaruh Kemudahan, Ketersediaan Fitur Dan Manfaat Terhadap Kepuasan Nasabah

Pengguna Bsi Mobile Di Kecamatan Ilir Barat Kota Palembang. J-EBIS (Jurnal

Ekonomi Dan Bisnis Islam), 8, 267–284. https://doi.org/10.32505/j-ebis.v8i2.703

Downloads

Published

2025-09-17