Pengaruh Kualitas Layanan, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah

Authors

  • M Hafisz Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepuasan Nasabah, Kualitas Layanan, Kemudahan, Keamanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kemudahan dan
keamanan terhadap kepuasan nasabah (studi pada pengguna aplikasi Wondr By BNI Kota
Padang), dengan jumlah sampel 80 nasabah. Metode analisis yang digunakan adalah
Confirmatory Factor Analisis (CFA), sementara analisis regresi berganda dengan
menggunakan STATA12 yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini
menjelaskan bahwa kemudahan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, sedangkan
kualitas layanan dan keamanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan nasabah.

References

Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan

Fitur M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi pada Bank Syariah

Atieq, M. Q., & Nurpiani, E. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat Dan Risiko

Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah. Jurnal Valuasi:

https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.109

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank

Fandi, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile

Giswandhani, M., & Hilmi, A. Z. (2020). pengaruh kemudahan transaksi non-tunai terhadap

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.

https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanjadane-Promosi

Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Onlinedi Kota Surabaya. Administrasi Bisnis,

Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank

Syariah Indonesia Di Tangerang. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies,

Kinasih, B. S., & Albari, A. (2012). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi terhadap

Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis, 16(1).

https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss1.art3

Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan

Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking

(Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global

Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56.

https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632

Palupi Permata Rahmi, Nur Aryanti, A., & Abdul Aziz, D. (2023). Pengaruh Kualitas

Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA. ARBITRASE:

Journal

of Economics

and Accounting,

(3),

https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660

Permatasari, B. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Dan Persepsi

Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Mobile BankinBca. Journals

of Economics and Business,

https://doi.org/10.33365/jeb.v2i2.112 Purwa, I. B. N. S., & Ardani, I. G. A. K. S. (2017). Peran Kepercayaan Nasabah Dalam

Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. E-Jurnal

Manajemen

Universitas

Udayana,

(1),

https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p08

Razak, I., & Rasmansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah.

Rithmaya, C. L. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko Dan

Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Bca Dalam Menggunakan Initernet

Banking. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 160.

https://doi.org/10.17970/jrem.16.160110.id

Rizal, samsul, Abdullah, I., & Violin, V. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 2

September 2021 E - ISSN GABUNGAN DI INDONESIA Oleh : PENGARUH

KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK

Satria, F., & Diah Astarini. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah

Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah. Jurnal Ekonomi

Sondakh, C. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan

Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Zulkarnain, M., Aurantia Marina, Nur Jumriatunnisah, & Nurul Ilma Hasana Kunio. (2023).Pengaruh Kemudahan, Ketersediaan Fitur Dan Manfaat Terhadap Kepuasan Nasabah

Pengguna Bsi Mobile Di Kecamatan Ilir Barat Kota Palembang. J-EBIS (Jurnal

Downloads

Published

2025-09-17