PENGARUH MOTIVASI INVESTASI, PENGETAHUAN INVESTASI DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BUNG HATTA
Keywords:
motivasi investasi, pengetahuan investasi, persepsi risiko, minat investasi, mahasiswaAbstract
Investasi merupakan pengorbanan sumber daya pada masa kini dengan harapan memperoleh
keuntungan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi
investasi, pengetahuan investasi, dan persepsi risiko terhadap minat investasi mahasiswa
Universitas Bung Hatta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi
4.642 mahasiswa dan sampel sebanyak 103 responden yang ditentukan melalui teknik
stratified random sampling dengan rumus Slovin. Data primer dikumpulkan melalui
kuesioner daring dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) motivasi investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat investasi (koefisien 0,294; sig. 0,000 < 0,05); (2) pengetahuan investasi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat investasi (koefisien 0,251; sig. 0,013 < 0,05); dan (3)
persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat investasi (koefisien -0,209;
sig. 0,015 < 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa motivasi dan pengetahuan berperan
dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk berinvestasi, sementara persepsi risiko yang
tinggi cenderung menurunkan minat investasi.
References
Afrida, N. P., & Sari, D. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Persepsi Risiko Terhadap
Minat Investasi Mahasiswa Stie Yppi Rembang. Prosiding Seminar Nasional Hukum,
Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1), 977.
Ajzen, & I. (1991). The Theory of Planned Behavior.
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan dan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chasanah, A. N., Wardani, M. F., & Safeta, M. H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan,
Motivasi, dan Percaya Diri terhadap Keputusan Investasi bagi Mahasiswa. Eksos, 18(2),
–130.
Desiyanti, R. (2017). Teori Investasi dan Portofolio. Bung Hatta University Press, 186.
https://id.scribd.com/document/511938794/Strategi-Investasi-Obligasi
Fareva, I. (2021). Pengaruh ekspektasi return dan persepsi risiko terhadap minat investasi
investor mahasiswa yang terdaftar di galeri investasi Bursa Efek Indonesia Universitas
Negeri Jakarta. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Fisbain, & Ajzen. (2015). Ajzen and Fishbein’s Theory of Reasoned Action (TRA) (1980).
Information Seeking Behavior and Technology Adoption: Theories and Trends.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9 (ed.)).
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, M., Aspirandi, M. R., & Pradana, Y. W. A. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Motivasi
Investasi, Modal Minimal Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar
Modal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah
Jember. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 8(1).
Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi industri 4.0 di tengah society 5.0: sebuah integrasi
ruang, terobosan teknologi, dan transformasi kehidupan di era disruptif. Anak Hebat
Indonesia.
Ismail, A., Herbenita, H., Desliniati, N., & Andriyati, Y. (2024). Mengenal investasi di pasar
modal: Melalui sekolah pasar modal Bursa Efek Indonesia. Asadel Liamsindo Teknologi.
Jayengsari, R., & Ramadhan, N. F. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi
Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi Dan
Keuangan Islam, 1(2), 165–182.
Juliswara, V., & Muryanto, F. (2022). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi, Pengembangan
Nilai-nilai Positif Globalisasi bagi Kemajuan Bangsa. Uwais Inspirasi Indonesia.
Jusman, J., & Puspitasari, S. D. (2020). Pengaruh Kondisi Fundamental Dan Inflasi Terhadap
Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Tahun 2016-2018. Jurnal Ilmiah
Ekonomi Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.35972/jieb.v6i1.319
Kaja, L. D., Angi, Y. F., Tungga, C., Lakatua, E. B. K., Rewah, O. G., & Kasingku, F. J. (2024).
Apakah Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, dan Motivasi Investasi Berpengaruh
Terhadap Minat Investasi Pasar Modal Pada Gen-Z? SKETSA BISNIS, 11(1), 42–55.
https://doi.org/10.35891/jsb.v11i1.5445
Mahdi, S. A. R., Jeandry, G., & Abd Wahid, F. (2020). Pengetahuan, modal minimal, motivasi
investasi dan minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal. Jurnal Ekonomi,
Akuntansi Dan Manajemen Multiparadigma (JEAMM), 1(2).
Mardatillah, A. (2024). Manajemen Strategis: Membangun Keunggulan Kompetitif di Era
Digital. UIR Press.
Mastura, A., Nuringwahyu, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi,
Pengetahuan Investasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar
Modal. JIAGABI, 9(1).
Mayashanti, H. A., Samasta, A. S., Puspitasari, D., & Oktavia, V. (2025). Peran Pendapatan,
Literasi Keuangan dan Persepsi Risiko dalam Mempengaruhi Keputusan Investasi
Generasi Z. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 8(1), 707–720.
Nesia, S., & Widayati, I. (2022). Efek Motivasi Investasi Sebagai Moderator Pengaruh
Pengetahuan Investasi Dan Perilaku Keuangan Terhadap Minat Investasi. Jurnal
Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 267–281.
Nisa, A. M., & Hidayati, A. N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Risiko Investasi,
Kemajuan Teknologi dan Motivasi Terhadap Minat Generasi Z Berinvestasi di Pasar
Modal Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1), 28–35.
https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i1.1676
Nuria, M. S. (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, Modal Investasi, Dan
Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusantara PGRI Kediri).
Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Nurrizqy Savanah, A., & Takarini, N. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Minat Investasi Keuangan Pada Mahasiswa Manajemen UPN “Veteran” Jawa Timur.
Jurnal Sosial Ekonomi Dan Politik, 2(2).
Prasongko, H. A. (2020). Persepsi Dan Minat Masyarakat Terhadap Investasi Pada Instrumen
Keuangan (Studi Kasus Galeri Investasi Di Kota Metro). IAIN Metro.
Prihatni, R., Baroto, Y., Simbolon, H. O., Amalia, D., Meirsha, I. D. M. T., Azis, S. A., &
Sastraatmadja, A. H. M. (2024). Analisis Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Di
Indonesia: Strategi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Finansial Masyarakat. Penerbit
Widina.
Rohyati, R., Rokhmah, F. P. N., Syazeedah, H. N. U., Fitriyaningrum, R. I., Ramadhan, G., &
Syahwildan, M. (2024). Tantangan dan peluang pasar modal Indonesia dalam
meningkatkan minat investasi di era digital. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan
Bisnis, 3(1), 909–918.
Saputra, S. A., Darma, I. K., & Tantra, I. G. L. P. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi,
Modal Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang Terdaftar di Galeri Investasi Universitas
Warmadewa. Warmadewa Economic Development Journal (WEDJ), 6(2), 72–82.
Sari, R. T. R. (2021). Pengaruh Ekspektasi Return, Persepsi Terhadap Risiko, Dan Self Efficacy
Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial P-ISSN,
, 9263.
Sari, V. M., Putri, N. K., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi,
Pengetahuan Dasar Investasi, Modal Minimal, dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat
Investasi Mahasiswa. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(1), 88.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. [Penerbit tidak
disebutkan].
Sumiyati, S. (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, Modal Minimal Dan
Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). UIN RADEN INTAN
LAMPUNG.
Suryamadani, K. A. (2024). Pengaruh Edukasi Investasi, Persepsi Risiko, Motivasi, Social
Media Influencer terhadap Minat Berinvestasi bagi Mahasiswa di Yogyakarta.
Universitas Islam Indonesia.
Syaputra, S. H., Armiani, A., Wardah, S., & Pirdaus, I. (2024). Pengaruh Motivasi, Modal
Minimal, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Informasi terhadap Minat Berinvestasi
Mahasiswa di Pasar Modal. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2(4), 762
Syinta, N. M., Puspita, E., & Solikah, A. (2024). Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, Modal
Investasi, Dan Motivasi Investasi Pada Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal
(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nusantara Pgri Kediri).
Simanis, 3.
Upadana, I. W. Y. A., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan perilaku
keuangan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan
Humanika, 10(2), 126–135.
Wicaksono, D. A., Yulianto, H., Rahmawati, F. M., & Faizah, E. I. (2024). Peran Kecerdasan
Buatan dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Strategi Pemasaran Omnichannel
pada UMKM di Kota Semarang. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(2),
–357.
Zul, A., Novia, N. A., Berlianti, N., & Anasril, A. R. (2019). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal,
Pengetahuan Investasi Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di
Pasar Modal. Research In Accounting Journal, 2(2), 304–314.
Zulfikar, R., & Wicaksono, T. (2019). Pengaruh Aktifitas Galeri Investasi, Modal Minimal
Investasi, Persepsi Resiko Dan Persepsi Return Terhadap Minat Investasi Saham Syariah
(Studi Pada Mahasiswa Uniska Mab Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 7(2).