Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Sepatu Ventela di Kota Padang)

Authors

  • Hafis Firmansyah Putra Universitas Bung hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

citra merek, kualitas produk, minat beli ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap
minat beli ulang sepatu Ventela di Kota Padang. Fenomena penelitian didasarkan pada semakin
meningkatnya tren penggunaan produk lokal dan ketatnya persaingan dengan merek global.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear berganda.
Sampel penelitian terdiri dari [jumlah sampel sesuai skripsi] responden yang ditentukan melalui
metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, demikian pula kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Dengan demikian, semakin baik citra merek dan
kualitas produk, semakin besar pula minat konsumen untuk melakukan pembelian ulang.
Penelitian ini memberikan implikasi manajerial bagi Ventela untuk memperkuat strategi
branding serta menjaga kualitas produk agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

References

Anjellia, R. R. D., & Herawati, S. (2024). Pengaruh Pengaruh Kualitas Produk Dan

Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Smartphone Xiaomi Di Kota

Bandung. Jurnal Istiqro, 10(1), 63-76.

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan

Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di

Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 1358–1858.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Davidson, William. 1998. “Retailing Management.” New York: Sixth Edition.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk

dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal

Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 176-188.

Febrini, I. Y., Widowati, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh experiential marketing

terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang di Warung Kopi Klotok,

Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54.

Hair, Joseph E, Jr et al. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation

Modeeling {PLS-SEM). SAGE Publications,Inc. California. USA

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi

Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang

Pada Kosmetik Wardah. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 40

Indriyati, R., Arifin, R., & Utama, S. P. (2023). Pengaruh Citra Merek, Customer

Experience, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Starbucks

Coffee Di Blimbing Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset

Manajemen, 12(02).

Kotler, Philip, dan Garry Amstrong. 2005.Dasar - dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks

Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kusuma, M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga terhadap

Keputusan pembelian Konsumen pada PT. Suzuku Finance Indonesia.(Studi

kasus pada cabang Kelapa Gading, Jakarta Utara). Universitas Esa Unggul.

Jakarta.

Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap

keputusan pembelian handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan

Bisnis (JMMIB), 1(1), 128-136.

Lupiyoadi, Rambat. , H. D. A. (2006). Manajemen PemasaranJasa(kedua). Salemba 4

Mardiah, A., & Anugrah, H. (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan, dan

Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Secara Online. MENARA

ilmu, 14(2).

Oktavianty, F. (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Jakarta Utara. Analisis

Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Oriflame Di Jakarta Utara.

Peburiyanti, D., & Sabran, S. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di

Tenggarong. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 20(1), 29–39.

Putra, Y. R. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Experience

Terhadap Willingness To Pay Pada Sepatu Ventela (Studi Kasus Pada

Mahasiswa Kota Padang. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of

Economics, Bung Hatta University, 22(2), 1-2.

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk,

kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap minat beli ulang pada sepatu

nike running di semarang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel

intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59-70.

Ramadhan, S. N. Pengaruh citra merek, promosi dan harga Terhadap minat beli

ulang konsumen pada Produk hydro coco (Bachelor's thesis, Fakultas Sains

dan Teknologi UIN Syarif HIdayatullah Jakarta).

Rangkuti , Freddy. 2009. The Power of Brand. Jakarta; PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Resa Nurlaela, A., & Fiska Ananda, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E

Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2).

Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan

Pelanggan, Dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus

Pada Sate Taichan Banjar D’licious). Jurnal Sains Manajemen dan

Kewirusahaan, 4(1), 47-56.

Sekaran, U., & Bougie, R. J. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building

Approach Seventh Edition. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta CV

Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan

Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis

Dan Manajemen, 3(1), 53.

Tiefani, T., & Saputra, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat

Beli Ulang Konsumen Pada PT Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal

EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ke III. Andi Offset Yogyakarta.

Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota

Sorong. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 1-8.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan

Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review

Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399-410.

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan

Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai

Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone.

Wungu, M. G. K., & Hakim, L. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek,

Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt Sido Muncul.

JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 2(6), 792–799.

Downloads

Published

2025-09-17