Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Sepatu Ventela di Kota Padang)
Keywords:
citra merek, kualitas produk, minat beli ulangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap
minat beli ulang sepatu Ventela di Kota Padang. Fenomena penelitian didasarkan pada semakin
meningkatnya tren penggunaan produk lokal dan ketatnya persaingan dengan merek global.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear berganda.
Sampel penelitian terdiri dari [jumlah sampel sesuai skripsi] responden yang ditentukan melalui
metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, demikian pula kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Dengan demikian, semakin baik citra merek dan
kualitas produk, semakin besar pula minat konsumen untuk melakukan pembelian ulang.
Penelitian ini memberikan implikasi manajerial bagi Ventela untuk memperkuat strategi
branding serta menjaga kualitas produk agar dapat meningkatkan loyalitas konsumen.
References
Anjellia, R. R. D., & Herawati, S. (2024). Pengaruh Pengaruh Kualitas Produk Dan
Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Smartphone Xiaomi Di Kota
Bandung. Jurnal Istiqro, 10(1), 63-76.
Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan
Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di
Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 1358–1858.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Davidson, William. 1998. “Retailing Management.” New York: Sixth Edition.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk
dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal
Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 176-188.
Febrini, I. Y., Widowati, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh experiential marketing
terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang di Warung Kopi Klotok,
Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54.
Hair, Joseph E, Jr et al. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation
Modeeling {PLS-SEM). SAGE Publications,Inc. California. USA
Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi
Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang
Pada Kosmetik Wardah. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 40
Indriyati, R., Arifin, R., & Utama, S. P. (2023). Pengaruh Citra Merek, Customer
Experience, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Starbucks
Coffee Di Blimbing Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset
Manajemen, 12(02).
Kotler, Philip, dan Garry Amstrong. 2005.Dasar - dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks
Kotler, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Kusuma, M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga terhadap
Keputusan pembelian Konsumen pada PT. Suzuku Finance Indonesia.(Studi
kasus pada cabang Kelapa Gading, Jakarta Utara). Universitas Esa Unggul.
Jakarta.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap
keputusan pembelian handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan
Bisnis (JMMIB), 1(1), 128-136.
Lupiyoadi, Rambat. , H. D. A. (2006). Manajemen PemasaranJasa(kedua). Salemba 4
Mardiah, A., & Anugrah, H. (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan, dan
Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Secara Online. MENARA
ilmu, 14(2).
Oktavianty, F. (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Jakarta Utara. Analisis
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Oriflame Di Jakarta Utara.
Peburiyanti, D., & Sabran, S. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di
Tenggarong. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 20(1), 29–39.
Putra, Y. R. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Experience
Terhadap Willingness To Pay Pada Sepatu Ventela (Studi Kasus Pada
Mahasiswa Kota Padang. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of
Economics, Bung Hatta University, 22(2), 1-2.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis pengaruh kualitas produk,
kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap minat beli ulang pada sepatu
nike running di semarang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel
intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59-70.
Ramadhan, S. N. Pengaruh citra merek, promosi dan harga Terhadap minat beli
ulang konsumen pada Produk hydro coco (Bachelor's thesis, Fakultas Sains
dan Teknologi UIN Syarif HIdayatullah Jakarta).
Rangkuti , Freddy. 2009. The Power of Brand. Jakarta; PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Resa Nurlaela, A., & Fiska Ananda, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E
Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2).
Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan
Pelanggan, Dan Promosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus
Pada Sate Taichan Banjar D’licious). Jurnal Sains Manajemen dan
Kewirusahaan, 4(1), 47-56.
Sekaran, U., & Bougie, R. J. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building
Approach Seventh Edition. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta CV
Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan
Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis
Dan Manajemen, 3(1), 53.
Tiefani, T., & Saputra, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat
Beli Ulang Konsumen Pada PT Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal
EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).
Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ke III. Andi Offset Yogyakarta.
Wijiastuti, R. D., & Cantika, N. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota
Sorong. Kalianda Halok Gagas, 4(1), 1-8.
Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan
Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review
Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399-410.
Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan
Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai
Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone.
Wungu, M. G. K., & Hakim, L. N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek,
Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt Sido Muncul.
JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 2(6), 792–799.