PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Produk Yamaha N-MAX di Kota Padang)
Keywords:
brand image, kualitas produk, brand trust, minat beliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan kualitas produk
terhadap minat beli dengan brand trust sebagai variabel mediasi pada konsumen Yamaha N
MAX di Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran
kuesioner kepada 95 responden yang memiliki minat terhadap pembelian Yamaha N-MAX.
Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS
4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif terhadap minat beli
dan kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Brand image
juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, sedangkan kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap brand trust. Selain itu, brand trust berpengaruh signifikan
terhadap minat beli, sehingga tidak dapat memediasi hubungan antara brand image maupun
kualitas produk terhadap minat beli.
References
Ahmad, N. E. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku
Konsumtif Mahasiswa Febi Iain Parepare. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 15(1), 37–
Aini, P. N., & Rahayuningsih, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Dan Gaya
Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pekerja Universitas 17 Agustus 1945
Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Enam-Enam Kendari, 1(2), 1–9.
Alvian, N., & Fauziah, N. (2019). Hubungan Antara Secure Attachmment Orang Tua- Anak
Dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Siswa SMA Islam Hidayatullah
Semarang. Universitas Diponegoro.
Anggaraeni, M., & Widayati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce terhadap
Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang. 3(2),
– 50.
Anggraeni, Y. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Gaya Hidup Hedonis Dengan
Perilaku Konsumtif Pengguna E-Money Pada Mahasiswa. UNISSULA, 33(1), 1–74.
Arianti, B. F. (2022). Literasi Keuangan (Teori dan Implementasinya).
Ashari, N. A. I., & Kade, I. A. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Money, Gaya Hidup,
Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Stie Surakarta. Journal
Transformation of Mandalika, 4(5), 160–169.
Asisi, I., & Purwantoro. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Pengendalian
Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Pasir Pengaraian. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 107–
Burhan, N. S., Noviani, L., & Sangka, K. B. (2023). Pengaruh Kemudahan Belanja Onlinedan
Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Peminatan Ekonomi Sebagai
Variabel Moderator. Journal on Education, 5(4), 15058–15068.
Fattah, F. A., & Indriayu, M. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri
Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Pendidikan
Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 11–21.
Fauzziyah, N., & Widayati, S. (2020). Pengaruh Besaran Uang Saku dan Lingkungan Teman
Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas Ivet. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(1), 24.
https://doi.org/10.31331/jeee.v1i1.1224
Fitri, W., Putri, J. S., Putri, J. S., Fadhilah, F., Fadhilah, F., Elvina, S. N., & Elvina, S. N. (2022).
Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Pengguna Shopee di Masa
Pandemi
Covid-19.
Psikologi
https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4250
Islam,
(2),
Hair J, R, A., Babin B, & Black W. (2014). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia :
Cengage: Vol. 7 edition (p. 758).
Hartati, R., Rosmanidar, E., & Safitri, Y. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan , Gaya Hidup
dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif dalam Islam Pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin
Jambi. Jurnal of Student Research, 1(4), 119–137.
Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2019). Pengaruh Uang Saku, Locus of Control, Dan Lingkungan
Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal,
(3), 1025–1039. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28337
Kharimah, I. I., & Laili, N. (2023). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif
Page | 17
pada Mahasiswi Prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. ResearchJet
Journal of Analysis and Inventions, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/researchjet.v3i2.20
Kumalasari, & Soesilo. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku
Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi
Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan
Ekonomi, 12(1), 61–71.
Lestari, D. S., Mutmainah, K., & Romandhon. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan,
Pengendalian Diri, Gaya Hidup, DanBudaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif
Mahasiswa(Studi Kasus pada Mahasiswa UNSIQ Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Jurnal
Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 4(1), 119–208.
Lumbantobing, I. J., & Siagian, L. (2023). Pengaruh Pengendalian Diri Dan Literasi Keuangan
Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Hkbp
Nommensen Medan Tahun 2023. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Entrepreneurship,
Volume 1(3), 14–23.
Mulyati sri. (2021). Penerbit: LPPM STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan
Ekonomi, 8(1), 1–13.
Mulyawan, I. N. R., Dartiningsih, M. W., & Mahayani, A. M. N. (2022). Hubungan Antara
Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan
Online Shoping Pada Prodi Bimbingan Dan Konseling Universitas Pgri Mahadewa
Indonesia Tahun 2022. Widyadari : Jurnal Pendidikan, 23(2), 317–328.
https://doi.org/10.5281/zenodo.7189893
Mutia, D. (2018). Analisis pengaruh uang saku dan gaya hidup terhadap tingkat konsumsi
mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Institut
Agama Islam Negeri Langsa.
Nainggolan, H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Dan Penggunaan E-Money
Terhadap Perilaku Konsumtif Pekerja Produksi Pt Pertamina Balikpapan. Jesya (Jurnal
Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 810–826. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.574
Nurjannah, N., Nurdiana, N., & Ampa, A. T. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi sebagai Dampak Perkembangan E-Commerce. Jurnal Pendidikan
Ekonomi (JUPE), 11(2), 186–192. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p186-192
Oktaviani, M., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2023). Pengaruh E-Commerce Dan Financial
Technology Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. JABE (Journal of Applied
Business and Economic), 9(3), 281. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i3.16620
Pangestuti, D. R., Liqo, F. K. Y., & Salis, Z. M. (2023). E-Commerce dan Dampaknya terhadap
Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi
Tingkat Akhir IKIP PGRI Bojonegoro). Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1798–
Praditha, E., Ismalia, K., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh Uang Saku Bulanan Dan Gaya
Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Kost (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kost
Daerah
Sukarame).
Jurnal
Ekonomi
https://doi.org/10.29103/jeru.v5i3.10489
Regional
Unimal,
(3),
Prisillia, B. T. (2020). Hubungan Anatara Harga Diri Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku
Konsumtif Siswa Siswi SMA 9 Pekanbaru.
Rismayanti, & Oktapiani. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku
Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa.
Nusantara
Journal
of
Economics,
https://doi.org/https://doi.org/10.37673/nje.v2i02.859
(2), 31–37.
Saputro, L. A., Khosmas, F. Y., & Basri, M. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku
Page | 18
Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.
Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1), 1–10.
https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44181
Sari, M. M., Nengsih, T. A., & Syahrizal, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya
Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah
Angkatan 2018-2019. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 137–151.
Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di
Keluarga, Uang Saku terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan dengan Financial Self-
Efficacy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 58–70.
https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p58-70
Saswiana, Eli, H., & Bustam. (2020). Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumen dan
keputusan pembelian produk online shop (studi kasus mahasiswa STIEM Bongaya).
Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM
Bongaya), 5(1), 60–69.
Sikki, N., Priadi, D., Kholifah, C. N., & Putri, F. K. (2022). Implementasi Etika Bisnis
Pelayanan Konsumen E-Commerce Di Era Globalisasi. Prosiding Konferensi Nasional
Sosial Politik (KONASPOL), 1, 501–514.
Siti Mubarokah, M., & Pratiwi, V. (2022). Pengaruh E-Commerce, Uang Saku, Dan Literasi
Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. E-
Jurnal
Ekonomi
Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(04), 496.
https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i04.p10
Sufatmi, N., & Purwanto, E. (2021). the Effect of Financial Literature, Lifestyle, and Self-
Control on Consumption Behavior on Online Shopping By State Students of State
Universities
in
Surabaya.
Jurnal
https://doi.org/10.26618/jeb.v17i2.6207
Ekonomi
Balance,
(2),
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).
–324.
Sugiyono, P. . (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi,
dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48-61.
Suryanto, S., & Rasmini, M. (2023). Analisis Literasi Keuangan Dan Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhinya.
Jurnal
Ilmu
https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1336
Politik
Dan
Komunikasi,
(2).
Wati, A. S., Mulyani, I. D., & Ernitawati, Y. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup
dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB Universitas Muhadi
Setiabudi.
Jurnal
Ilmiah
Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 3025–7972.
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.71877
Winarta, A. H., Djajadikerta, H., & Wirawan, S. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan
Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Accounting and
Business Studies, 4(2), 76–91. https://doi.org/10.61769/jabs.v4i2.472