PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Produk Yamaha N-MAX di Kota Padang)

Authors

  • Meqry Asmara Universitas Bung hatta
  • Wiry Utami Universitas Bung Hatta

Keywords:

brand image, kualitas produk, brand trust, minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan kualitas produk
terhadap minat beli dengan brand trust sebagai variabel mediasi pada konsumen Yamaha N
MAX di Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran
kuesioner kepada 95 responden yang memiliki minat terhadap pembelian Yamaha N-MAX.
Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS
4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif terhadap minat beli
dan kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Brand image
juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, sedangkan kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap brand trust. Selain itu, brand trust berpengaruh signifikan
terhadap minat beli, sehingga tidak dapat memediasi hubungan antara brand image maupun
kualitas produk terhadap minat beli.

References

Ahmad, N. E. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku

Konsumtif Mahasiswa Febi Iain Parepare. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 15(1), 37–

Aini, P. N., & Rahayuningsih, S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Dan Gaya

Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pekerja Universitas 17 Agustus 1945

Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Enam-Enam Kendari, 1(2), 1–9.

Alvian, N., & Fauziah, N. (2019). Hubungan Antara Secure Attachmment Orang Tua- Anak

Dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Siswa SMA Islam Hidayatullah

Semarang. Universitas Diponegoro.

Anggaraeni, M., & Widayati, S. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce terhadap

Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet Semarang. 3(2),

– 50.

Anggraeni, Y. (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Gaya Hidup Hedonis Dengan

Perilaku Konsumtif Pengguna E-Money Pada Mahasiswa. UNISSULA, 33(1), 1–74.

Arianti, B. F. (2022). Literasi Keuangan (Teori dan Implementasinya).

Ashari, N. A. I., & Kade, I. A. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Money, Gaya Hidup,

Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Stie Surakarta. Journal

Transformation of Mandalika, 4(5), 160–169.

Asisi, I., & Purwantoro. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Pengendalian

Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi

Universitas Pasir Pengaraian. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 107–

Burhan, N. S., Noviani, L., & Sangka, K. B. (2023). Pengaruh Kemudahan Belanja Onlinedan

Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Peminatan Ekonomi Sebagai

Variabel Moderator. Journal on Education, 5(4), 15058–15068.

Fattah, F. A., & Indriayu, M. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri

Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Pendidikan

Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 11–21.

Fauzziyah, N., & Widayati, S. (2020). Pengaruh Besaran Uang Saku dan Lingkungan Teman

Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

Universitas Ivet. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(1), 24.

https://doi.org/10.31331/jeee.v1i1.1224

Fitri, W., Putri, J. S., Putri, J. S., Fadhilah, F., Fadhilah, F., Elvina, S. N., & Elvina, S. N. (2022).

Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang Pengguna Shopee di Masa

Pandemi

Covid-19.

Psikologi

https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4250

Islam,

(2),

Hair J, R, A., Babin B, & Black W. (2014). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia :

Cengage: Vol. 7 edition (p. 758).

Hartati, R., Rosmanidar, E., & Safitri, Y. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan , Gaya Hidup

dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif dalam Islam Pada Mahasiswa

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin

Jambi. Jurnal of Student Research, 1(4), 119–137.

Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2019). Pengaruh Uang Saku, Locus of Control, Dan Lingkungan

Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal,

(3), 1025–1039. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28337

Kharimah, I. I., & Laili, N. (2023). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif

Page | 17

pada Mahasiswi Prodi Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. ResearchJet

Journal of Analysis and Inventions, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.47134/researchjet.v3i2.20

Kumalasari, & Soesilo. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Modernitas Individu, Uang Saku

Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi

Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan

Ekonomi, 12(1), 61–71.

Lestari, D. S., Mutmainah, K., & Romandhon. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan,

Pengendalian Diri, Gaya Hidup, DanBudaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif

Mahasiswa(Studi Kasus pada Mahasiswa UNSIQ Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Jurnal

Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 4(1), 119–208.

Lumbantobing, I. J., & Siagian, L. (2023). Pengaruh Pengendalian Diri Dan Literasi Keuangan

Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Hkbp

Nommensen Medan Tahun 2023. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Entrepreneurship,

Volume 1(3), 14–23.

Mulyati sri. (2021). Penerbit: LPPM STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan

Ekonomi, 8(1), 1–13.

Mulyawan, I. N. R., Dartiningsih, M. W., & Mahayani, A. M. N. (2022). Hubungan Antara

Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan

Online Shoping Pada Prodi Bimbingan Dan Konseling Universitas Pgri Mahadewa

Indonesia Tahun 2022. Widyadari : Jurnal Pendidikan, 23(2), 317–328.

https://doi.org/10.5281/zenodo.7189893

Mutia, D. (2018). Analisis pengaruh uang saku dan gaya hidup terhadap tingkat konsumsi

mahasiswa Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Institut

Agama Islam Negeri Langsa.

Nainggolan, H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Dan Penggunaan E-Money

Terhadap Perilaku Konsumtif Pekerja Produksi Pt Pertamina Balikpapan. Jesya (Jurnal

Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 810–826. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.574

Nurjannah, N., Nurdiana, N., & Ampa, A. T. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Pendidikan Ekonomi sebagai Dampak Perkembangan E-Commerce. Jurnal Pendidikan

Ekonomi (JUPE), 11(2), 186–192. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n2.p186-192

Oktaviani, M., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2023). Pengaruh E-Commerce Dan Financial

Technology Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. JABE (Journal of Applied

Business and Economic), 9(3), 281. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i3.16620

Pangestuti, D. R., Liqo, F. K. Y., & Salis, Z. M. (2023). E-Commerce dan Dampaknya terhadap

Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi

Tingkat Akhir IKIP PGRI Bojonegoro). Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 1798–

Praditha, E., Ismalia, K., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh Uang Saku Bulanan Dan Gaya

Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Kost (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kost

Daerah

Sukarame).

Jurnal

Ekonomi

https://doi.org/10.29103/jeru.v5i3.10489

Regional

Unimal,

(3),

Prisillia, B. T. (2020). Hubungan Anatara Harga Diri Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku

Konsumtif Siswa Siswi SMA 9 Pekanbaru.

Rismayanti, & Oktapiani. (2020). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku

Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa.

Nusantara

Journal

of

Economics,

https://doi.org/https://doi.org/10.37673/nje.v2i02.859

(2), 31–37.

Saputro, L. A., Khosmas, F. Y., & Basri, M. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku

Page | 18

Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.

Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1), 1–10.

https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44181

Sari, M. M., Nengsih, T. A., & Syahrizal, A. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya

Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah

Angkatan 2018-2019. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 137–151.

Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di

Keluarga, Uang Saku terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan dengan Financial Self-

Efficacy sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 58–70.

https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p58-70

Saswiana, Eli, H., & Bustam. (2020). Pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumen dan

keputusan pembelian produk online shop (studi kasus mahasiswa STIEM Bongaya).

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM

Bongaya), 5(1), 60–69.

Sikki, N., Priadi, D., Kholifah, C. N., & Putri, F. K. (2022). Implementasi Etika Bisnis

Pelayanan Konsumen E-Commerce Di Era Globalisasi. Prosiding Konferensi Nasional

Sosial Politik (KONASPOL), 1, 501–514.

Siti Mubarokah, M., & Pratiwi, V. (2022). Pengaruh E-Commerce, Uang Saku, Dan Literasi

Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. E-

Jurnal

Ekonomi

Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(04), 496.

https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i04.p10

Sufatmi, N., & Purwanto, E. (2021). the Effect of Financial Literature, Lifestyle, and Self-

Control on Consumption Behavior on Online Shopping By State Students of State

Universities

in

Surabaya.

Jurnal

https://doi.org/10.26618/jeb.v17i2.6207

Ekonomi

Balance,

(2),

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).

–324.

Sugiyono, P. . (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi,

dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48-61.

Suryanto, S., & Rasmini, M. (2023). Analisis Literasi Keuangan Dan Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhinya.

Jurnal

Ilmu

https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1336

Politik

Dan

Komunikasi,

(2).

Wati, A. S., Mulyani, I. D., & Ernitawati, Y. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup

dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB Universitas Muhadi

Setiabudi.

Jurnal

Ilmiah

Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 3025–7972.

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.71877

Winarta, A. H., Djajadikerta, H., & Wirawan, S. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan

Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Accounting and

Business Studies, 4(2), 76–91. https://doi.org/10.61769/jabs.v4i2.472

Downloads

Published

2025-09-17