PENGARUH TAMPILAN WEBSITE E-COMMERCE DAN HARGA TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Produk Kosmetik Skintific di TikTok Shop Kota Padang)

Authors

  • Sela Maisun Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Niat Beli Ulang, Tampilan Website E-commerce, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tampilan website e-commerce dan harga
terhadap niat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Studi ini dilakukan
pada pengguna produk kosmetik Skintific melalui TikTok Shop di Kota Padang. Sampel
penelitian berjumlah 105 responden yang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling Teknik Analisis Data menggunakan Structural Model Assessment (SMA) dengan
program SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan website berpengaruh
positif terhadap niat beli ulang. Harga berpengaruh positif terhadap niat beli ulang dan kepuasan
pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang serta
mampu memediasi pengaruh harga terhadap niat beli ulang, namun tidak memediasi hubungan
antara tampilan website dengan niat beli ulang. Penelitian ini memberikan implikasi bagi
perusahaan e-commerce untuk meningkatkan kualitas desain website serta menawarkan harga
yang kompetitif guna membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan.

References

Persepsi Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. 3.Yogyakarta: Renika Cipta.

Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi

Kualitas Informasi Dan Keamanan Situs Terhadap Niat Pembelian Ulang Pengguna Mobile

Hair, J. F, W. C Black, B. J Babin, and R. E Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis. 7th ed.

Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Hair, Joseph F, W. C Black, B. J Babin, and R. E Anderson. 2014. Multivariate Data Analysis: A

Global Perspective (7th Ed.). New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., and K.L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2009. Principles of Marketing. 13th ed. Pearson College

Divison.

Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya, and Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0: Moving from

Traditional to Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen. 15th ed. New Jersey:

Pearson Education, Inc.

Pengalaman Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan

Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen

Nugroho, Y. 2018. Pemasaran Digital: Strategi Dan Implementasi Dalam Era Digitalisasi.

Jakarta: Salemba Empat.

doi:10.36490/value.v2i1.184.

Purwaningsih, Ratna, Salsa Fadlila Shobrina, Rani Rumita, Diah Nurlaila, and Pidi Winata. 2023.

Putri, Rizky Meisa, Ariati Anomsari, Aris Puji Purwatiningsih, Fakultas Ekonomi, and Dian

Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Indomaret Di

Kemudahan Penggunaan Website, Keamanan Website, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas

Journal of Fundamental Management (JFM) 4(1): 1.

Sefnedi. (2013). Analisis Service Marketing-Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemilihan

Jasa Pendidikan Program Pascasarjana [Analysis of Marketing-Mix Impact on Decision to Pursue

yappas.ac.id/e-jurnalapresiasiekonomi/jurnal/121fix.pdf

Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Batik Sendang Di Kabupaten

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Yogyakarta: Andi.

Dan Harga Terhadap Minat Beli Gen Z Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi Pada

Wardhana, Aditya. 2024. E-Commerce in the Digital Edge - Edisi Indonesia. ed. Mahir Pradana.

Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction

Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel

Layanan Elektronik , Kepercayaan Pelanggan Muslim , Kepuasan Pelanggan , Dan Niat

Mengunjungi Website Kembali Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Customer Shopee

Downloads

Published

2025-09-18