PENGARUH TAMPILAN WEBSITE E-COMMERCE DAN HARGA TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Produk Kosmetik Skintific di TikTok Shop Kota Padang)

Authors

  • Sela Maisun Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Niat Beli Ulang, Tampilan Website E-commerce, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tampilan website e-commerce dan harga
terhadap niat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Studi ini dilakukan
pada pengguna produk kosmetik Skintific melalui TikTok Shop di Kota Padang. Sampel
penelitian berjumlah 105 responden yang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling Teknik Analisis Data menggunakan Structural Model Assessment (SMA) dengan
program SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan website berpengaruh
positif terhadap niat beli ulang. Harga berpengaruh positif terhadap niat beli ulang dan kepuasan
pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang serta
mampu memediasi pengaruh harga terhadap niat beli ulang, namun tidak memediasi hubungan
antara tampilan website dengan niat beli ulang. Penelitian ini memberikan implikasi bagi
perusahaan e-commerce untuk meningkatkan kualitas desain website serta menawarkan harga
yang kompetitif guna membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan.

References

Ardini, Rifa Luthfiyah, and Harmon Chaniago. 2023. “Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan

Konsumen Nanostore.” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi 9(2): 133–42.

Ardiyansyah, Muhammad, and Muhammad Taufiq Abadi. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan,

Persepsi Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan

Konsumen Muslim Sebagai Pemediasi.” Journal of Business & Applied Management 16(1):

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. 3.Yogyakarta: Renika Cipta.

Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. 2002. “An Integrative Approach to the Assessment of E-

Commerce Quality.” Journal of Electronic Commerce Research 3(3): 114-127.

Dewi, Sisca Juwita Kartika, and Anik Lestari Andjarwati. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan

Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi

Pada Pelanggan Jilbab Rabbani Di Surabaya Timur).” 6(3): 248–58.

Gabry, Redina, Angelia Sembiring, Honey Wahyuni, and Sugiharto Elgeka. 2022. “Hubungan

Kualitas Informasi Dan Keamanan Situs Terhadap Niat Pembelian Ulang Pengguna Mobile

Commerce Shopee Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Mediator.” 8(2).

Hair, J. F, W. C Black, B. J Babin, and R. E Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis. 7th ed.

Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Hair, Joseph F, W. C Black, B. J Babin, and R. E Anderson. 2014. Multivariate Data Analysis: A

Global Perspective (7th Ed.). New Jersey: Pearson Education.

Imran Irzad Aditya, M. 2018. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang

Makanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar.” Jurnal

Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 2: 50–64.

Karenina, Dinda Aulia, Anggun Pagestu, and Arifudin. 2024. “Pengaruh Tingkat Kepuasan

Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap.” 2(2): 239–50.

Kotler, P., and K.L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2009. Principles of Marketing. 13th ed. Pearson College

Divison.

Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya, and Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0: Moving from

Traditional to Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen. 15th ed. New Jersey:

Pearson Education, Inc.

Kusherawati, Septia, and Jul Aidil Fadli. 2023. “Pengaruh Persepsi Harga, Sikap Pembelian Dan

Pemasaran Media Sosial Terhadap Niat Beli Di TikTok Shop.” Innovative: Journal Of

Social Science … 3: 11–27.

Listyowati, Khansa Rofifah, and Irmawati Irmawati. 2024. “Pengaruh Harga Dan Promosi

Terhadap Minat Beli Ulang Di Shopee Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan.”

Manajemen dan Bisnis 6(1): 56–71.

Mahendra, Alien Dayinta, and Idris. 2017. “Pengaruh Faktor Atribut Produk, Persepsi Nilai, Dan

Pengalaman Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan

Konsumen (Pada Pengguna Apple IPhone Di Semarang).” 6(4): 1–9.

Nadila. 2022. “Kualitas Websitedan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui

Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Shope.” Pengaruh Kualitas Website Dan Kualitas

Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen

Shopee 3(3): 358–69.

Nugraha, Rahma, and Heny Kurnianingsih. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga,

Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian BIR Bintang Di Soloraya.” Jurnal

Manajemen 11(1): 76–86.

Nugroho, Y. 2018. Pemasaran Digital: Strategi Dan Implementasi Dalam Era Digitalisasi.

Jakarta: Salemba Empat.

Oliver, R. 1993. “Cognitive, Affective, and Attribute Bases of the Satisfaction Response.”

Journal of consumer research 20(3): 418–30.

Permana, Ade Indra. 2020. “Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan

Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak.” Ekonomi

Bisnis 25(2): 94–109.

Priyanto, Muhamad, and Tiris Sudrartono. 2021. “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian Di Toko Mingka Bandung.” Value 2(1): 57–66.

doi:10.36490/value.v2i1.184.

Purwaningsih, Ratna, Salsa Fadlila Shobrina, Rani Rumita, Diah Nurlaila, and Pidi Winata. 2023.

“Pengaruh Kualitas Website Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode

Linier Regresi Berganda.” J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri 18(2): 130–39.

Putri, Rizky Meisa, Ariati Anomsari, Aris Puji Purwatiningsih, Fakultas Ekonomi, and Dian

Nuswantoro. 2024. “Pengaruh Harga Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Minat Beli Ulang

Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Indomaret Di

Semarang.” 13(3): 748–64.

Saputra, Suyono, and Kezia Yohanna Zai. 2022. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat

Beli Kembali, Pada Pengguna E-Commerce Di Kota Batam.” SEIKO : Journal of

Management & Business 5(2): 129–40.

Saputri, Fanny Setiyo, and I Made Sukresna. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Website,

Kemudahan Penggunaan Website, Keamanan Website, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas

Pelanggan.” Jurnal Akuntansi dan Pajak 23(02): 1–17.

Saputri, Nur Puput, and Siska Maya. 2024. “Pengaruh Media Promosi Tiktok Dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Di Tiktok Shop.”

Journal of Fundamental Management (JFM) 4(1): 1.

Sefnedi. (2013). Analisis Service Marketing-Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemilihan

Jasa Pendidikan Program Pascasarjana [Analysis of Marketing-Mix Impact on Decision to Pursue

Study in Postgraduate Program]. E-Journal Apresiasi Ekonomi, 1(3), 64–76. http://stie

yappas.ac.id/e-jurnalapresiasiekonomi/jurnal/121fix.pdf

Setiawan, M Wahyudin, Fien Zulfikarijah, and Chalimatuz Sa. 2022. “Pengaruh Harga Dan

Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Batik Sendang Di Kabupaten

Lamongan.” 06(1): 79–86.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunu, Putu Wisnawan Dharma, and Putu Yudi Setiawan. 2021. “Peran Sikap Dalam Memediasi

Pengaruh Website Layout Design Terhadap Nat Beli Kembali.” E-Jurnal Manajemen 27(2):

–37.

Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Yogyakarta: Andi.

Trianita, Anjar, and Rizki Wahyuning Damayanti. 2024. “Pengaruh Kualitas Tampilan Aplikasi

Dan Harga Terhadap Minat Beli Gen Z Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi Pada

Pengguna Social Commerce Tiktok Shop Di Yogyakarta.” Jurnal Akuntansi dan

Manajemen Bisnis 4(2): 113–26.

Wardhana, Aditya. 2024. E-Commerce in the Digital Edge - Edisi Indonesia. ed. Mahir Pradana.

Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Welsa, Henny, Nonik Kusuma Ningrum, and Sella Saputri. 2022. “Pengaruh Tampilan Website

Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction

Sebagai Variabel Intervening:” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah

(1): 91–99. doi:10.47467/alkharaj.v6i1.2533.

Wicaksono, Ari Cahyo, and Sendhang Nurseto. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk

Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel

Intervening (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi Di Kota Semarang).” Jurnal Ilmu

Administrasi Bisnis 8(1): 34–42.

Wiguna, Akkinta Miranda, and I Made Bayu Dirgantara. 2023. “Analisis Pengaruh Kualitas

Layanan Elektronik , Kepercayaan Pelanggan Muslim , Kepuasan Pelanggan , Dan Niat

Mengunjungi Website Kembali Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Customer Shopee

Di Kota Semarang.” 9(03): 4582–88.

Zhao, Xinshu, John G. Lynch, and Qimei Chen. 2010. “Reconsidering Baron and Kenny: Myths

and Truths about Mediation Analysis.” Journal of Consumer Research 37(2): 197–2.

Downloads

Published

2025-09-18