PENGARUH TAMPILAN WEBSITE E-COMMERCE DAN HARGA TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Produk Kosmetik Skintific di TikTok Shop Kota Padang)
Keywords:
Niat Beli Ulang, Tampilan Website E-commerce, Harga, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tampilan website e-commerce dan harga
terhadap niat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Studi ini dilakukan
pada pengguna produk kosmetik Skintific melalui TikTok Shop di Kota Padang. Sampel
penelitian berjumlah 105 responden yang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling Teknik Analisis Data menggunakan Structural Model Assessment (SMA) dengan
program SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan website berpengaruh
positif terhadap niat beli ulang. Harga berpengaruh positif terhadap niat beli ulang dan kepuasan
pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang serta
mampu memediasi pengaruh harga terhadap niat beli ulang, namun tidak memediasi hubungan
antara tampilan website dengan niat beli ulang. Penelitian ini memberikan implikasi bagi
perusahaan e-commerce untuk meningkatkan kualitas desain website serta menawarkan harga
yang kompetitif guna membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan.
References
Ardini, Rifa Luthfiyah, and Harmon Chaniago. 2023. “Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan
Konsumen Nanostore.” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi 9(2): 133–42.
Ardiyansyah, Muhammad, and Muhammad Taufiq Abadi. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan,
Persepsi Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan
Konsumen Muslim Sebagai Pemediasi.” Journal of Business & Applied Management 16(1):
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. 3.Yogyakarta: Renika Cipta.
Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. 2002. “An Integrative Approach to the Assessment of E-
Commerce Quality.” Journal of Electronic Commerce Research 3(3): 114-127.
Dewi, Sisca Juwita Kartika, and Anik Lestari Andjarwati. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan
Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi
Pada Pelanggan Jilbab Rabbani Di Surabaya Timur).” 6(3): 248–58.
Gabry, Redina, Angelia Sembiring, Honey Wahyuni, and Sugiharto Elgeka. 2022. “Hubungan
Kualitas Informasi Dan Keamanan Situs Terhadap Niat Pembelian Ulang Pengguna Mobile
Commerce Shopee Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Mediator.” 8(2).
Hair, J. F, W. C Black, B. J Babin, and R. E Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis. 7th ed.
Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Hair, Joseph F, W. C Black, B. J Babin, and R. E Anderson. 2014. Multivariate Data Analysis: A
Global Perspective (7th Ed.). New Jersey: Pearson Education.
Imran Irzad Aditya, M. 2018. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang
Makanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar.” Jurnal
Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 2: 50–64.
Karenina, Dinda Aulia, Anggun Pagestu, and Arifudin. 2024. “Pengaruh Tingkat Kepuasan
Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap.” 2(2): 239–50.
Kotler, P., and K.L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2009. Principles of Marketing. 13th ed. Pearson College
Divison.
Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya, and Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0: Moving from
Traditional to Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen. 15th ed. New Jersey:
Pearson Education, Inc.
Kusherawati, Septia, and Jul Aidil Fadli. 2023. “Pengaruh Persepsi Harga, Sikap Pembelian Dan
Pemasaran Media Sosial Terhadap Niat Beli Di TikTok Shop.” Innovative: Journal Of
Social Science … 3: 11–27.
Listyowati, Khansa Rofifah, and Irmawati Irmawati. 2024. “Pengaruh Harga Dan Promosi
Terhadap Minat Beli Ulang Di Shopee Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan.”
Manajemen dan Bisnis 6(1): 56–71.
Mahendra, Alien Dayinta, and Idris. 2017. “Pengaruh Faktor Atribut Produk, Persepsi Nilai, Dan
Pengalaman Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan
Konsumen (Pada Pengguna Apple IPhone Di Semarang).” 6(4): 1–9.
Nadila. 2022. “Kualitas Websitedan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui
Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Shope.” Pengaruh Kualitas Website Dan Kualitas
Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen
Shopee 3(3): 358–69.
Nugraha, Rahma, and Heny Kurnianingsih. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga,
Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian BIR Bintang Di Soloraya.” Jurnal
Manajemen 11(1): 76–86.
Nugroho, Y. 2018. Pemasaran Digital: Strategi Dan Implementasi Dalam Era Digitalisasi.
Jakarta: Salemba Empat.
Oliver, R. 1993. “Cognitive, Affective, and Attribute Bases of the Satisfaction Response.”
Journal of consumer research 20(3): 418–30.
Permana, Ade Indra. 2020. “Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan
Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak.” Ekonomi
Bisnis 25(2): 94–109.
Priyanto, Muhamad, and Tiris Sudrartono. 2021. “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian Di Toko Mingka Bandung.” Value 2(1): 57–66.
doi:10.36490/value.v2i1.184.
Purwaningsih, Ratna, Salsa Fadlila Shobrina, Rani Rumita, Diah Nurlaila, and Pidi Winata. 2023.
“Pengaruh Kualitas Website Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode
Linier Regresi Berganda.” J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri 18(2): 130–39.
Putri, Rizky Meisa, Ariati Anomsari, Aris Puji Purwatiningsih, Fakultas Ekonomi, and Dian
Nuswantoro. 2024. “Pengaruh Harga Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Minat Beli Ulang
Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Indomaret Di
Semarang.” 13(3): 748–64.
Saputra, Suyono, and Kezia Yohanna Zai. 2022. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat
Beli Kembali, Pada Pengguna E-Commerce Di Kota Batam.” SEIKO : Journal of
Management & Business 5(2): 129–40.
Saputri, Fanny Setiyo, and I Made Sukresna. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Website,
Kemudahan Penggunaan Website, Keamanan Website, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas
Pelanggan.” Jurnal Akuntansi dan Pajak 23(02): 1–17.
Saputri, Nur Puput, and Siska Maya. 2024. “Pengaruh Media Promosi Tiktok Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Di Tiktok Shop.”
Journal of Fundamental Management (JFM) 4(1): 1.
Sefnedi. (2013). Analisis Service Marketing-Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pemilihan
Jasa Pendidikan Program Pascasarjana [Analysis of Marketing-Mix Impact on Decision to Pursue
Study in Postgraduate Program]. E-Journal Apresiasi Ekonomi, 1(3), 64–76. http://stie
yappas.ac.id/e-jurnalapresiasiekonomi/jurnal/121fix.pdf
Setiawan, M Wahyudin, Fien Zulfikarijah, and Chalimatuz Sa. 2022. “Pengaruh Harga Dan
Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Batik Sendang Di Kabupaten
Lamongan.” 06(1): 79–86.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunu, Putu Wisnawan Dharma, and Putu Yudi Setiawan. 2021. “Peran Sikap Dalam Memediasi
Pengaruh Website Layout Design Terhadap Nat Beli Kembali.” E-Jurnal Manajemen 27(2):
–37.
Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Yogyakarta: Andi.
Trianita, Anjar, and Rizki Wahyuning Damayanti. 2024. “Pengaruh Kualitas Tampilan Aplikasi
Dan Harga Terhadap Minat Beli Gen Z Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi Pada
Pengguna Social Commerce Tiktok Shop Di Yogyakarta.” Jurnal Akuntansi dan
Manajemen Bisnis 4(2): 113–26.
Wardhana, Aditya. 2024. E-Commerce in the Digital Edge - Edisi Indonesia. ed. Mahir Pradana.
Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.
Welsa, Henny, Nonik Kusuma Ningrum, and Sella Saputri. 2022. “Pengaruh Tampilan Website
Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction
Sebagai Variabel Intervening:” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
(1): 91–99. doi:10.47467/alkharaj.v6i1.2533.
Wicaksono, Ari Cahyo, and Sendhang Nurseto. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk
Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel
Intervening (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi Di Kota Semarang).” Jurnal Ilmu
Administrasi Bisnis 8(1): 34–42.
Wiguna, Akkinta Miranda, and I Made Bayu Dirgantara. 2023. “Analisis Pengaruh Kualitas
Layanan Elektronik , Kepercayaan Pelanggan Muslim , Kepuasan Pelanggan , Dan Niat
Mengunjungi Website Kembali Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Customer Shopee
Di Kota Semarang.” 9(03): 4582–88.
Zhao, Xinshu, John G. Lynch, and Qimei Chen. 2010. “Reconsidering Baron and Kenny: Myths
and Truths about Mediation Analysis.” Journal of Consumer Research 37(2): 197–2.