PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CUSTOMER RELATIONSHIP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Dealer Kawasaki di Kota Padang)

Authors

  • Hendripal Hendripal Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Pemasaran Digital, Citra Merek, Customer Relationship, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh pemasaran digital dan citra merek terhadap keputusan
pembelian dengan customer relationship sebagai mediator. Sampel: konsumen Kawasaki di
Padang, usia 21-60 tahun, memakai purposive sampling. Data diambil lewat kuesioner Likert
dan dianalisis pakai SmartPLS. Hasil: pemasaran digital, citra, dan customer relationship
berpengaruh signifikan langsung ke keputusan pembelian. Customer relationship juga
mediates hubungan pemasaran digital & citra merek dengan keputusan pembelian
(complementary mediation).

References

Aditya, E. D., Siregar, M. E. S., & Sari, D. A. P. (2023). Measuring purchase decision

tendencies of Jakarta Special Region e-commerce consumer. Jurnal Dinamika

Manajemen dan Bisnis, 6(1)

Agung, N., & Ardhoyo, Wardjito Syakila, R. N. (2021). Penerapan Customer Relationship

Management pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid- 19. Journal

Cyber PR, 1(1), 1–10.

Atikasari, N., Latief, F., & Ngandoh, A. M. (2024). Pengaruh digital marketing, kualitas

layanan dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Azarine. Jurnal

Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 183–195. Retrieved from https://e

jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/4676

Bagozzi, R. ., & Yi. (1988). On The Evaluation of Structural Equation Models. Journal of the

Academy of Marketing Sciences, 16, 74–94.

Barreto, J. S., Dewi, L. K. C., & Ximenes, L. (2023). The influence of brand image and

product quality on purchase decisions of packaged drinking water in Liquiça District,

Dili – Timor Leste. International Journal of Multicultural and Multireligious

Understanding, 10(1), Article 4399. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i1.4399

Didik, G. (2022). Keputusan pembelian konsumen marketplace Shopee berbasis social media

marketing (B. Nasution, Ed.; cetakan pertama). Tebing Tinggi: PT Inovasi Pratama

Internasional.

Dirwan, & Firman, A. (2023). The impact of brand image and product quality on purchasing

decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 266–277.

Farhanurrizka, & Yunus, M. (2023). Pengaruh pemasaran digital dan kepercayaan terhadap

keputusan pembelian online dengan pengelolaan hubungan pelanggan sebagai variabel

mediasi pada pelanggan e-commerce di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Ekonomi Manajemen, 8(1), 1–15.

Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable

variables and measurement error. Journal of Marketing Research, 18(1).

Guerola-Navarro, V., Oltra-Badenes, R., Gil-Gomez, H., & Gil-Gomez, J. A. (2021).

Research model for measuring the impact of customer relationship management

Page | 13

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

(CRM) on performance indicators. Economic Research-Ekonomska Istraživanja,

(1), 2669–2691. https://doi.org/10.1080/1331677X.2020.1836992

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least

Square Structural Equation Modeeling (PLS-SEM. California, USA: Sage

Publications, Inc.

Halim, M., & Hidayah, S. (2024). Pengaruh promosi dan customer relationship management

terhadap keputusan pembelian Starbucks pada generasi Z. Journal of Economic,

Business and Engineering (JEBE), 5(2).

Hendrayani, E., Ningsih, A., Triani, M., & Arief, M. L. (2022). Brand image sebagai mediasi

pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian Pondok Raos di Kota

Solok. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 17(1), 69.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan (cetakan pertama). Surabaya:

Unitomo Press.

Juliyanti, W., Sidanti, H., & Purwanto, H. (2024). Brand image, purchase intention &

purchase decision: Studi perilaku konsumen “Kopi Kenangan Hanya Untukmu”. Amal

Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 53–68. https://doi.org/10.33477/eksy.v6i1.7070

Juwita, M., Waluyo, T., & Digdowiseiso, K. (2023). The influence of digital marketing,

online customer reviews and promotions on purchasing decisions for Shopee e

commerce users in East Pejaten. Admiration, 4(4).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16th ed.). Boston, MA: Pearson

Education.

Kurniawan, I. N., Junaedi, I. W. R., Adinegara, G. N. J., & Santoso, R. T. P. B. (2024). The

influence of digital marketing and brand image on customer retention on hospitality

practice with customer relationship marketing (CRM) as a mediator. The ES

Economics and Entrepreneurship, 3(1), 60–73.

Lubis, Z. A., Musahidah, U., & Sa'adah, S. (2024). Faktor-faktor yang memengaruhi

keputusan pembelian di Shopee Live menggunakan Theory of Planned Behavior.

Great:

Jurnal

Manajemen

dan

Bisnis

Islam,

(2),

-251.

https://doi.org/10.62108/great.v1i1.755

Musayadah, A., Nersiwad, N., & Utami, B. (2023). Pengaruh brand trust dan brand image

terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda Scoopy di PT. Tunas

Dwipa Matra Mojosari. Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi,

(3). https://doi.org/10.61132/rimba.v1i3.107

Onassis, S., Utama, T., & Sutarno. (2024). Pengaruh customer relationship management

(CRM) terhadap keputusan pembelian. Journal of Trends Economics and Accounting

Research, 4(3), 647-653. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i3.1043

Rettobjaan, V. F. C., Aristayudha, A. N. B., Astitiani, N. L. P. S., & Widnyani, N. M. (2024).

The Influence of Digital Marketing on Consumer Purchase Decisions of Shopee

Application Users. Journal of Economics and Public Health, 3(1), 43-48.

https://doi.org/10.37287/jeph.v3i1.3412

Shafwah, A. D., Fauzi, A., Caesar, L. A. Y., Octavia, A., Indrajaya, B. L., Endraswari, J. I., &

Yulia, M. N. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review

Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee

(Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(3),

–147. https://doi.org/10.38035/jimt.v5i3.1738

Sudarsono, S., Kamase, J., Ella, H., Rachman, A., & Dunggio, T. (2020). Big data and content

marketing on purchase decisions online in Indonesia. American Journal of Economics

and Business Management, 168-176.

Page | 14

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Sumiati, & Gea, D. (2021). Pengaruh harga, brand image, dan kualitas produk terhadap

keputusan pembelian produk obat bermerek pada PT. Bernofarm. Jurnal Manajemen

Universitas Bung Hatta, 16(1). https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i1.18324

Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh citra merek, harga dan

gaya hidup terhadap keputusan pembelian Kopi Janji Jiwa di Kota Manado. Jurnal

EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), Artikel 35233.

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35233

Wu, C. S., & Chen, T.-T. (2019). Building brand’s value: Research on brand image,

personality and identification. International Journal of Management, Economics and

Social Sciences, 8(4), 299–318. https://doi.org/10.32327/IJMESS.8.4.2019.19

Zed, E. Z., Indriani, S., & Wati, S. F. (2025). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan

pembelian konsumen di era e-commerce. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan

Bisnis, 4(1). https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i1.4740

Downloads

Published

2025-09-17