PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CUSTOMER RELATIONSHIP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Dealer Kawasaki di Kota Padang)
Keywords:
Pemasaran Digital, Citra Merek, Customer Relationship, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh pemasaran digital dan citra merek terhadap keputusan
pembelian dengan customer relationship sebagai mediator. Sampel: konsumen Kawasaki di
Padang, usia 21-60 tahun, memakai purposive sampling. Data diambil lewat kuesioner Likert
dan dianalisis pakai SmartPLS. Hasil: pemasaran digital, citra, dan customer relationship
berpengaruh signifikan langsung ke keputusan pembelian. Customer relationship juga
mediates hubungan pemasaran digital & citra merek dengan keputusan pembelian
(complementary mediation).
References
Aditya, E. D., Siregar, M. E. S., & Sari, D. A. P. (2023). Measuring purchase decision
tendencies of Jakarta Special Region e-commerce consumer. Jurnal Dinamika
Manajemen dan Bisnis, 6(1)
Agung, N., & Ardhoyo, Wardjito Syakila, R. N. (2021). Penerapan Customer Relationship
Management pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid- 19. Journal
Cyber PR, 1(1), 1–10.
Atikasari, N., Latief, F., & Ngandoh, A. M. (2024). Pengaruh digital marketing, kualitas
layanan dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Azarine. Jurnal
Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 183–195. Retrieved from https://e
jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/4676
Bagozzi, R. ., & Yi. (1988). On The Evaluation of Structural Equation Models. Journal of the
Academy of Marketing Sciences, 16, 74–94.
Barreto, J. S., Dewi, L. K. C., & Ximenes, L. (2023). The influence of brand image and
product quality on purchase decisions of packaged drinking water in Liquiça District,
Dili – Timor Leste. International Journal of Multicultural and Multireligious
Understanding, 10(1), Article 4399. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i1.4399
Didik, G. (2022). Keputusan pembelian konsumen marketplace Shopee berbasis social media
marketing (B. Nasution, Ed.; cetakan pertama). Tebing Tinggi: PT Inovasi Pratama
Internasional.
Dirwan, & Firman, A. (2023). The impact of brand image and product quality on purchasing
decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 266–277.
Farhanurrizka, & Yunus, M. (2023). Pengaruh pemasaran digital dan kepercayaan terhadap
keputusan pembelian online dengan pengelolaan hubungan pelanggan sebagai variabel
mediasi pada pelanggan e-commerce di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Ekonomi Manajemen, 8(1), 1–15.
Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable
variables and measurement error. Journal of Marketing Research, 18(1).
Guerola-Navarro, V., Oltra-Badenes, R., Gil-Gomez, H., & Gil-Gomez, J. A. (2021).
Research model for measuring the impact of customer relationship management
Page | 13
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
(CRM) on performance indicators. Economic Research-Ekonomska Istraživanja,
(1), 2669–2691. https://doi.org/10.1080/1331677X.2020.1836992
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least
Square Structural Equation Modeeling (PLS-SEM. California, USA: Sage
Publications, Inc.
Halim, M., & Hidayah, S. (2024). Pengaruh promosi dan customer relationship management
terhadap keputusan pembelian Starbucks pada generasi Z. Journal of Economic,
Business and Engineering (JEBE), 5(2).
Hendrayani, E., Ningsih, A., Triani, M., & Arief, M. L. (2022). Brand image sebagai mediasi
pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian Pondok Raos di Kota
Solok. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 17(1), 69.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & kepuasan pelanggan (cetakan pertama). Surabaya:
Unitomo Press.
Juliyanti, W., Sidanti, H., & Purwanto, H. (2024). Brand image, purchase intention &
purchase decision: Studi perilaku konsumen “Kopi Kenangan Hanya Untukmu”. Amal
Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 53–68. https://doi.org/10.33477/eksy.v6i1.7070
Juwita, M., Waluyo, T., & Digdowiseiso, K. (2023). The influence of digital marketing,
online customer reviews and promotions on purchasing decisions for Shopee e
commerce users in East Pejaten. Admiration, 4(4).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16th ed.). Boston, MA: Pearson
Education.
Kurniawan, I. N., Junaedi, I. W. R., Adinegara, G. N. J., & Santoso, R. T. P. B. (2024). The
influence of digital marketing and brand image on customer retention on hospitality
practice with customer relationship marketing (CRM) as a mediator. The ES
Economics and Entrepreneurship, 3(1), 60–73.
Lubis, Z. A., Musahidah, U., & Sa'adah, S. (2024). Faktor-faktor yang memengaruhi
keputusan pembelian di Shopee Live menggunakan Theory of Planned Behavior.
Great:
Jurnal
Manajemen
dan
Bisnis
Islam,
(2),
-251.
https://doi.org/10.62108/great.v1i1.755
Musayadah, A., Nersiwad, N., & Utami, B. (2023). Pengaruh brand trust dan brand image
terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda Scoopy di PT. Tunas
Dwipa Matra Mojosari. Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi,
(3). https://doi.org/10.61132/rimba.v1i3.107
Onassis, S., Utama, T., & Sutarno. (2024). Pengaruh customer relationship management
(CRM) terhadap keputusan pembelian. Journal of Trends Economics and Accounting
Research, 4(3), 647-653. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i3.1043
Rettobjaan, V. F. C., Aristayudha, A. N. B., Astitiani, N. L. P. S., & Widnyani, N. M. (2024).
The Influence of Digital Marketing on Consumer Purchase Decisions of Shopee
Application Users. Journal of Economics and Public Health, 3(1), 43-48.
https://doi.org/10.37287/jeph.v3i1.3412
Shafwah, A. D., Fauzi, A., Caesar, L. A. Y., Octavia, A., Indrajaya, B. L., Endraswari, J. I., &
Yulia, M. N. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare di E-Commerce Shopee
(Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(3),
–147. https://doi.org/10.38035/jimt.v5i3.1738
Sudarsono, S., Kamase, J., Ella, H., Rachman, A., & Dunggio, T. (2020). Big data and content
marketing on purchase decisions online in Indonesia. American Journal of Economics
and Business Management, 168-176.
Page | 14
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Sumiati, & Gea, D. (2021). Pengaruh harga, brand image, dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian produk obat bermerek pada PT. Bernofarm. Jurnal Manajemen
Universitas Bung Hatta, 16(1). https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i1.18324
Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh citra merek, harga dan
gaya hidup terhadap keputusan pembelian Kopi Janji Jiwa di Kota Manado. Jurnal
EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), Artikel 35233.
https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35233
Wu, C. S., & Chen, T.-T. (2019). Building brand’s value: Research on brand image,
personality and identification. International Journal of Management, Economics and
Social Sciences, 8(4), 299–318. https://doi.org/10.32327/IJMESS.8.4.2019.19
Zed, E. Z., Indriani, S., & Wati, S. F. (2025). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan
pembelian konsumen di era e-commerce. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan
Bisnis, 4(1). https://doi.org/10.55606/jekombis.v4i1.4740