Pengaruh Gaya Hidup dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Scarleet Bodylotion di Kota Padang)
Keywords:
Minat beli ulang, gaya hidup, word of mouth, dan kepuasan konsumen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh gaya hidup dan word of mouth
terhadap minat beli ulang konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi.
Latar belakang penelitian ini terjadinya penurunan penjualan scarlett body lotion dan secara
market share scarlett body lotion lebih rendah dari pesaingnya yang menunjukkan rendah
minat beli ulang dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif
Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Data diperoleh dari
80 responden yang memiliki minat membeli skincare Glad2glow di Kota Padang. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan SMART-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
gaya hidup dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.
Gaya hidup dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Kemudian gaya hidup dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai mediasi.
References
Agustin, P. D., Hamdun, E. K., & Syahputra, H. (2022). Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas
Produk Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel
Intervening Pada Ikan Kering Ud. Putra Putri Di Situbondo. Jurnal Mahasiswa
Entrepreneurship (JME), 2(9), 2040-2057.
Ardiyansyah, M., & Abadi, M. T. (2023). Pengaruh kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan
Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Muslim
Sebagai Pemediasi. Journal of Business & Applied Management, 16(1), 079-090.
Ariyono, K. Y., Irdiana, S., & Khairullah, M. N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal
Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang Kosmetik
Wardah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 53-62.
Dewiasih, T., & Nainggolan, B. (2022). Peningkatan Niat Pembelian Ulang dengan Kualitas
Layanan dan Word of Mouth di Ha-Ka Restoran: Peran Kepuasan Pelanggan sebagai
mediasi. EDUTURISMA, 6(2).
ERVINA, A. R. (2024). Pengaruh Word Of Mouth, Keragaman Produk Dan Lokasi Dalam
Membentuk Minat Beli Ulang Pada Toko Andin Cemilan Situbondo Dengan Kepuasan
Konsumen Sebagai Variabel Intervening. , 3(10), 1850-2069.
Hadi, Y. A., Tambunan, D. B., & Sumaji, Y. M. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap
Minat Beli Produk Kayu Tree-X. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up
Bisnis, 7(2), 216-226.
Maulana, A. Z., & Sukresna, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan
Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi: Pada Pelanggan
Produk Roti Que Bread Di Kota Bogor). Diponegoro Journal of Management, 11(1).
Maulana, M., & Tjahjaningsih, E. (2024). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap
Kepuasan Pelanggan dan Dampak Niat Beli Ulang Produk Wardah. Permana: Jurnal
Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 16(2), 36-43.
Nainggolan, B., & Suwadi, S. (2024). Pengaruh Wom Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli
Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Deco 100
Kuala Tanjung. Management And Business Progress, 3(1), 81-93.
Nugroho, D. P., & Suprihhadi, H. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Word Of Mouth
(Wom) Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Perusahaan Fnb (Food And
Beverage) CV. SEGO NJAMOER. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 13(6).
Putri, A. Y., Setyariningsih, E., & Hidayat, M. S. (2024). Pengaruh Brand Image dan Gaya
Hidup terhadap Keputusan Pembelian Ulang Iphone dengan Kepuasan Konsumen
Sebagai Variabel Moderating di Mojokerto. Ebisnis Manajemen, 2(3), 97-114.
Rachmad, Y. E., Setiawan, Z., Nora, L., Syamil, A., Risdwiyanto, A., Munizu, M., & Manaf, P.
A. (2023). Manajemen Pemasaran: Teori dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing
Indonesia.
Sari, R. M., & Irmawati, I. (2025). Analisis Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Makanan Cepat Saji Di Kota Surakarta Yang
Dimediasi Oleh Perilaku Konsumen. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(1), 490-578.
Sukini, Mantikei, B., & Manurung, Y. (2020). Pengaruh Word of MouthCommunication Dan
Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian
Page | 13
JURNAL...................
ISSN : xxxx - xxxx (media online)
Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Restaurant J’S Kitchen And Lounge Kalawa
Waterpark, Palangka Raya). Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(2), 83–97.
Tae, B. E., & Bessie, J. L. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap
Minat Membeli Ulang (Repurchase Intention)(Survei Pada Pelanggan the Kings Resto
Kupang). Jurnal Transformatif Unkriswina Sumba, 10(1).
Utomo, B. S., Marjukl, A., Hardian, A., Pratama, I. W. A., & Masud, M. I. (2024). Pengaruh
Word Of Mouth, Social Media Marketing dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan
Konsumen Pengguna Iphone. J. Ekon. Manaj. dan Akunt, 10(2), 1387-1393.
Zannuba, S. H., & Prawitasari, D. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Pelayanan
Melalui Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Fokus Manajemen
Bisnis, 12(2), 176-193.