Pengaruh Gaya Hidup dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Scarleet Bodylotion di Kota Padang)

Authors

  • Muhammad Syofyan Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Minat beli ulang, gaya hidup, word of mouth, dan kepuasan konsumen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh gaya hidup dan word of mouth
terhadap minat beli ulang konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi.
Latar belakang penelitian ini terjadinya penurunan penjualan scarlett body lotion dan secara
market share scarlett body lotion lebih rendah dari pesaingnya yang menunjukkan rendah
minat beli ulang dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif
Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Data diperoleh dari
80 responden yang memiliki minat membeli skincare Glad2glow di Kota Padang. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan SMART-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
gaya hidup dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang.
Gaya hidup dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Kemudian gaya hidup dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli ulang melalui kepuasan konsumen sebagai mediasi.

References

Agustin, P. D., Hamdun, E. K., & Syahputra, H. (2022). Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas

Produk Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel

Intervening Pada Ikan Kering Ud. Putra Putri Di Situbondo. Jurnal Mahasiswa

Entrepreneurship (JME), 2(9), 2040-2057.

Ardiyansyah, M., & Abadi, M. T. (2023). Pengaruh kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan

Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Muslim

Sebagai Pemediasi. Journal of Business & Applied Management, 16(1), 079-090.

Ariyono, K. Y., Irdiana, S., & Khairullah, M. N. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal

Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang Kosmetik

Wardah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(2), 53-62.

Dewiasih, T., & Nainggolan, B. (2022). Peningkatan Niat Pembelian Ulang dengan Kualitas

Layanan dan Word of Mouth di Ha-Ka Restoran: Peran Kepuasan Pelanggan sebagai

mediasi. EDUTURISMA, 6(2).

ERVINA, A. R. (2024). Pengaruh Word Of Mouth, Keragaman Produk Dan Lokasi Dalam

Membentuk Minat Beli Ulang Pada Toko Andin Cemilan Situbondo Dengan Kepuasan

Konsumen Sebagai Variabel Intervening. , 3(10), 1850-2069.

Hadi, Y. A., Tambunan, D. B., & Sumaji, Y. M. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap

Minat Beli Produk Kayu Tree-X. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up

Bisnis, 7(2), 216-226.

Maulana, A. Z., & Sukresna, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi: Pada Pelanggan

Produk Roti Que Bread Di Kota Bogor). Diponegoro Journal of Management, 11(1).

Maulana, M., & Tjahjaningsih, E. (2024). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap

Kepuasan Pelanggan dan Dampak Niat Beli Ulang Produk Wardah. Permana: Jurnal

Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 16(2), 36-43.

Nainggolan, B., & Suwadi, S. (2024). Pengaruh Wom Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli

Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Deco 100

Kuala Tanjung. Management And Business Progress, 3(1), 81-93.

Nugroho, D. P., & Suprihhadi, H. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Word Of Mouth

(Wom) Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Perusahaan Fnb (Food And

Beverage) CV. SEGO NJAMOER. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 13(6).

Putri, A. Y., Setyariningsih, E., & Hidayat, M. S. (2024). Pengaruh Brand Image dan Gaya

Hidup terhadap Keputusan Pembelian Ulang Iphone dengan Kepuasan Konsumen

Sebagai Variabel Moderating di Mojokerto. Ebisnis Manajemen, 2(3), 97-114.

Rachmad, Y. E., Setiawan, Z., Nora, L., Syamil, A., Risdwiyanto, A., Munizu, M., & Manaf, P.

A. (2023). Manajemen Pemasaran: Teori dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing

Indonesia.

Sari, R. M., & Irmawati, I. (2025). Analisis Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Makanan Cepat Saji Di Kota Surakarta Yang

Dimediasi Oleh Perilaku Konsumen. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(1), 490-578.

Sukini, Mantikei, B., & Manurung, Y. (2020). Pengaruh Word of MouthCommunication Dan

Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian

Page | 13

JURNAL...................

ISSN : xxxx - xxxx (media online)

Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Restaurant J’S Kitchen And Lounge Kalawa

Waterpark, Palangka Raya). Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 1(2), 83–97.

Tae, B. E., & Bessie, J. L. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap

Minat Membeli Ulang (Repurchase Intention)(Survei Pada Pelanggan the Kings Resto

Kupang). Jurnal Transformatif Unkriswina Sumba, 10(1).

Utomo, B. S., Marjukl, A., Hardian, A., Pratama, I. W. A., & Masud, M. I. (2024). Pengaruh

Word Of Mouth, Social Media Marketing dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan

Konsumen Pengguna Iphone. J. Ekon. Manaj. dan Akunt, 10(2), 1387-1393.

Zannuba, S. H., & Prawitasari, D. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Pelayanan

Melalui Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Fokus Manajemen

Bisnis, 12(2), 176-193.

Downloads

Published

2025-09-17