Pengaruh User Generated Content, E-Wom, dan Brand Image Terhadap Minat Beli ( Studi KasusPada Aplikasi TikTok Shop Produk Fashion di Kota Padang)
Keywords:
user generated content, e-wom, brand image, purchase intentionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh user generated content, e-wom dan brand
image terhadap minat beli. Studi kasus dilakukan pengguna aplikasi tiktok shop produk fashion
Kota Padang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat beli pada aplikasi
tiktok shop produk fashion di kota padang sehingga perusahaan perlu memahami faktor- faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap minat beli produk fashion. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation
Modeling (PLS-SEM).Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 104 orang dengan teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa user
generated content berpengaruh negatif terhadap minat beli, sedangkan e-wom berpengaruh
positif terhadap minat beli. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa produk fashion harus
mampu menghadirkan user generated content yang baik untuk para pengguna sehingga
terciptanya kondisi minat beli dikalangan masyarakat dan membuat masyarakat itu sendiri
merekomendasikan produk fashion yang mereka gunakan ke orang lain.
References
Aini, A., & Dakwah, M. M. (2025). Pengaruh Influencer, User Generated Content, Dan Brand
Image Terhadap Purchase Intention Produk Skincare Skintific Di Media Sosial Tiktok
Pada Mahasiswa Universitas Mataram. Jurnal Riset Pemasaran, 4(2), 19-26.
Anisa, D., & Marlena, N. (2022). Pengaruh user generated content dan e-wom pada aplikasi
Tik-Tok terhadap purchase intention produk fashion. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2),
-218.
Ardiyanti, B. I., & Ahmadi, M. A. (2024). Analisis Pengaruh Brand Authenticity, Brand Image
Terhadap Purchase Intention Produk Charles And Keith. Culture education and
technology research (Cetera), 1(4), 13-24.
Azizah, N., Zuliansyah, A., & Supriyaningsih, O. (2025). Pengaruh User Generated Content
Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Daviena Skincare Di
Tiktok Tinjauan Perspektif Bisnis Islam Pada Generasi Z Di Kota Bandar Lampung.
Jurnal Ar Ro'is Mandalika (Armada), 5(2), 174-189.
Efendi, E., Butarbutar, M., Chandra, E., Putri, D. E., & Simatupang, S. (2024). Brand Image Serta
Pengaruhnya Terhadap Minat Beli. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(5),
-107.
Febiyanti, L., & Aqmala, D. (2022). Pengaruh E-Wom, Brand Image, Kualitas Produk Dan
Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Grab Melalui Minat
Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis (JMDB),
(1), 28-39.
Gautama, V. A. (2022). User generated content pada Tiktok dan Penggunaannya di Kalangan Muda.
Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(4), 2394- 2406.
Gusti Ayu Aghivirwiati. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Kepuasan Terhadap Purchase
Intention Pada Tiktok Shop (Studi Pada Generasi Zilenial). Relasi : Jurnal Ekonomi,
(2), 268–281. https://doi.org/10.31967/relasi.v20i2.708
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). MultivariateData Analysis: A Global
Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Hartoko, R., & Budiman, J. (2022). Analisis pengaruh brand image, brand awareness, e-wom
dengan trust sebagai variabel mediasi terhadap purchase intention skincare Korea di
Kota Batam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(3), 589-603.
Hikmareta, A., & Zuliestiana, D. A. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada
Instagram Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel
Mediasi (studi Kasus Pada Followers Aktif Instagram Alpucard Online Printing).
eProceedings of Management, 7(2).
Indana, L., & Andjarwati, A. L. (2021). Website Quality, Brand Image, dan E- WOM serta
Pengaruhnya terhadap Online Purchase Intention Studi Pengunjung Website
Berrybenka. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 536-546.
Khalidah, N. D., Asiyah, S., & Basalamah, M. R. (2023). The influence of video marketing, user
generated content on purchase intention through brand awareness as intervening variables.
Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 6(1), 561-572.
Kristinawati, A., & Keni, K. (2021). Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, Dan Ewom Terhadap
Page | 8
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Purchase Intention Mobil di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(5), 524
Kusuma, Lita Milawati, et al. "Pengaruh Influencer, User Generated Content, Brand Image
Terhadap Purchase Intention Produk Skintific di Media Sosial TikTok." Jurnal
Manajemen, Akuntansi, Ekonomi 2.2 (2023): 17-26.
Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada PT.
Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73-91.
Manurung, Z. M., & Rusdianto, R. Y. (2025). The Influence of User-Generated Content
(UGC), Electronic Word of Mouth (e-WOM), and Perceived Product Quality on
Purchase Intention of Somethinc Products (Case Study on Followers of TikTok@
somethincofficial). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE),
(3), 7553-7565.
Marasabessy, R. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.
Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(7), 1031-1038.
Naufaliza, F., & Lestari, B. (2024). Pengaruh Content Marketing dan e-WOM Terhadap Purchase
Intention Pada Media Sosial TikTok. 02(02), 1031–1034.
Nisrina, R. G. (2021). User Generated Content Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran
Digital: Studi Kasus Fenomena# Shopeehaul. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(6),
-571.
Nurul Agustin, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi. KINERJA Jurnal Ekonomi
Dan Bisnis, 5(1), 49–61.
Ong, S. R., & Firdausy, C. M. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Pelanggan
Somethinc di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(1), 94-103.
Paramita, F. (2024). Pengaruh Viral Markketing, Influencer, User Generated Content terhadap
Purchase Intention Produk Skincare Skintific pada Media Sosial Tiktok di Mojokerto. Bisman
(Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 7(3), 619-632.
Rayinda, M. A. (2019). Pengaruh User Generated Content Terhadap Perilaku Para Foodie Pengguna
Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(2), 116–
Riyadi, M. I., Hilmiyah, N., & Retno, B. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga
Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Kopi Kapal Api Di Kota
Depok. Ecobestha, 3, 187-206.
Saraswati, C. D., & Evelina, T. Y. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow Di Kota Tulungagung. Jurnal
Aplikasi Bisnis, 8(1), 85-90.
Selly, S & Purba, T. (2021). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada Brand Man
Man Tang Di Batam. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3).
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and
Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying
Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and
Business, 5(2), 262-270.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (32nd ed.).
Bandung: Alfabeta.
Syifa, F. A. Y., & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh Brand Image terhadap Purchase Intention
Produk Le Minerale: dengan Peran Mediasi Social Influence. Pusat Publikasi Ilmu
Manajemen, 3(1), 248-261.
Tarigan, A., & Gunawan, Y. (2024). Pengaruh brand image dan e-WOM terhadap minat beli skincare
Somethinc pada Shopee. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs),
(2), 577-597.
Page | 9
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Telkom, U. (n.d.). ISSN 2356-3966 E-ISSN: 2621-2331 L.L.Kintradinata,
R.T.Hidayah Pengaruh Electronic Word …. 10(2), 882–892.
Triwibowo, A., & Achmad, N. (2025). Analisis Pengaruh E-WOM dan Brand Awareness
terhadap Purchase Intention Milenial melalui Brand Image: Studi pada Brand Fashion
Lokal. Center of Economic Students Journal, 8(2), 589- 609.
Wu, C. S., & Chen, T. T. (2019). Building brand's value: Research on brand image, personality and
identification. International Journal of Management, Economics and Social Sciences (IJMESS),
(4), 299-318.
Yusniawati, V., & Prasetyo, A. (2022). Pengaruh E-Wom Dan Brand Image Terhadap Online
Purchase Intention Fashion Muslim Pada Milenial Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori
Dan Terapan, 9(
Pinuji, M. F. (2019). Pengaruh User-Generated Content Sebagai Alat Komunikasi Bisnis Terhadap
Kredibilitas Informasi Website “Tokopedia.” Inter Script: Journal of Creative Communication,
(1), 19–33. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.347
Wartono, T. P. I., & Utami, R. A. (2023). Pengaruh Ewom Terhadap Niat Beli Dengan Kepercayaan
Sebagai Variabel Mediasi Dalam Produk Skincare Skintific. Economics Business Finance and
Entrepreneurship, 3025–2555, 169–177.
https://proceedings.ums.ac.id/ebfelepma/article/download/3118/3071/3155
Pinuji, M. F. (2019). Pengaruh User-Generated Content Sebagai Alat Komunikasi Bisnis
Terhadap Kredibilitas Informasi Website “Tokopedia.” Inter Script: Journal of Creative
Communication, 1(1), 19–33. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.347
Wartono, T. P. I., & Utami, R. A. (2023). Pengaruh Ewom Terhadap Niat Beli Dengan Kepercayaan
Sebagai Variabel Mediasi Dalam Produk Skincare Skintific. Economics Business Finance and
Entrepreneurship, 3025–2555, 169–177.
https://proceedings.ums.ac.id/ebfelepma/article/download/3118/3071/3155