PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Radha Suhar Fitria Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

kualitas produk, Brand Image, kepuasan konsumen, niat beli ulang, Puma

Abstract

Persaingan industri sepatu olahraga semakin ketat, termasuk Puma yang menghadapi
penurunan pangsa pasar di Indonesia, khususnya di Kota Padang. Permasalahan utama adalah
rendahnya niat beli ulang konsumen meskipun Puma dikenal dengan kualitas produk dan Brand
Image yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan
Brand Image terhadap niat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive
sampling pada 100 responden pengguna sepatu Puma di Kota Padang. Data primer diperoleh
melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Square (SmartPLS 3.0). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan Brand Image berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat beli ulang. Selain itu, kepuasan konsumen berperan sebagai variabel
mediasi pada hubungan Brand Image terhadap niat beli ulang, tetapi tidak memediasi secara
signifikan hubungan kualitas produk terhadap niat beli ulang. Temuan ini menegaskan
pentingnya meningkatkan kualitas produk yang konsisten serta memperkuat Brand Image
untuk mendorong loyalitas konsumen. Penelitian ini menyarankan agar Puma melakukan
inovasi produk, memperbaiki layanan purna jual, dan memperluas strategi pemasaran digital
untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan niat beli ulang konsumen.

References

Aaker, D. A. 1991. Managing brand equity: capitalizing on the value of a brand name.

Ajzen, I. 1991. “The theory of planned behavior.” 50(2):170–211.

Bahasuan, I. M.; Sienatra, K. B. 2022. “Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk

terhadap niat pembelian ulang pada pelanggan surabaya leather.” 7(1):68–80.

Chen, L.; Wang, Y. 2021. “Enhancing repurchase intention through Brand Image and

customer

satisfaction:

a

1016/j.jretconser.2020.102283.

moderated

mediation

model.”

Doi:

Fauzi, B.; Quintania, M. 2021. “Pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan

konsumen dan dampakuya terhadap loyalitas konsumen.” 5(1):621–31.

Febriani, E.; Rahmizal, M.; Aswan, K. 2022. “Pengaruh Brand Image dan brand trust

terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi.”

(4):333–43.

Garvin, D. A. 1984. “What does ‘product quality’ really mean” 26(1):25–43.

Hair, J. F.; Black, W. C.; Babin, B. J.; Anderson, R. E. 2014. Multivariate data

analysis: a global perspective.

Hartono, A. H.; Kodrat, D. 2023. “Analisis pengaruh promosi san e-wom, terhadap minat

beli pelanggan monarch dengan dimediasi Brand Image.” 8(5):504–18.

Hellier, P. K.; Geursen, G. M.; Carr, R. A.; Rickard, J. A. 2003. “Customer repurchase

intention: a general structural equation model.” 37(11/12):1762–1800.

Ihsan, M. N.; Sutedjo, B. 2022. “Pengaruh Brand Image dan rand trust terhadap kepuasan

konsumen dan dampaknya terhadap minat beli ulang.” 24(1):170–76.

Jacoby, J.; Chestnut, R. W. 1978. Brand loyalty measurement and management.

Keller, K. L. 1993. “Conceptualizing, measuring, and managing customer-based

brand equity.” 57(1):1–22.

Kotler, P.; Keller, K. L. 2016. Marketing Management.

Oliver, R. L. 1980. “A cognitive model of the antecedents and consequences of

satisfaction decisions.” 17(4):460–69.

Oliver, R. L. 1997. Satisfaction: a behavioral perspective on the consumer.

Putra, A.; Hidayat, R.; Sari, D. 2022. “Young onsumers’ perception of sportswear brands

in indonesia: a qualitative study.” 34(3):567–85. Doi: 10.1108/apjml-03-2021-0192.

Razak, I. 2019. “Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan.” 7(2):7–8.

Page |

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Santika, K. J.; Mandala, K. 2019. “Peran Brand Image dalam memediasi pengaruh

kualitas

produk terhadap niat beli ulang.” 8(10):6139–62. Doi:

24843/ejmunud.2019.v08.i10.p14.

Shidqi, M. D.; Farida, N.; Pinem, R. J. 2022. “Pengaruh customer experience, brand

trust, terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction sebagai variabel

intervening.” 11(3):441–51.

Shodikin, King Amil Hamzah Al Hakim, Aditya Anung Dwi Nugroho, and Puji

Rahmawati. 2024. “Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen.” Analisis

pengaruh servant leadership dan employee empowerment terhadap kinerja

karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening

(studi pada pt. Pln (persero) uip3b sumatera upt medan) 8(2):42–50.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Bisnis.”

Suherman, A. K.; Arief, M. Y.; Fandiyanto, R. 2022. “Pengaruh Brand Image,

kualitas pelayanan dan diskon terhadap minat beli ulang melalui kepuasan

konsumen sebagai variabel intervening pada toko eiger di situbondo.” 1(1):45–45.

Tohir, Suryani. 2024. “Pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan merdeka

belajar.” Jurnal pendidikan inovatif jurnal pendidikan inovatif 6:22–28.

Wulandari, S.; Marlena, N. 2020. “Pengaruh kualitas layanan terhadap minat beli

ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pengguna

transportasi migo di surabaya.” 8(2):791–97.

Yuliana, R.; Pantawis, S. 2022. “Pengaruh kualitas produk dan green marketing

terhadap pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel

intervening pada produk skincare di kota semarang.” 4(1):79–86.

Zeithaml, V. A. 1988. “Consumer Perceptions of price, quality, and value: a means

end model and synthesis of evidence.” 52(3):2–22.

Downloads

Published

2025-09-17