PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Radha Suhar Fitria Universitas Bung Hatta
  • Sefnedi Sefnedi Universitas Bung Hatta

Keywords:

kualitas produk, Brand Image, kepuasan konsumen, niat beli ulang, Puma

Abstract

Persaingan industri sepatu olahraga semakin ketat, termasuk Puma yang menghadapi
penurunan pangsa pasar di Indonesia, khususnya di Kota Padang. Permasalahan utama adalah
rendahnya niat beli ulang konsumen meskipun Puma dikenal dengan kualitas produk dan Brand
Image yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan
Brand Image terhadap niat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive
sampling pada 100 responden pengguna sepatu Puma di Kota Padang. Data primer diperoleh
melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Square (SmartPLS 3.0). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan Brand Image berpengaruh positif dan
signifikan terhadap niat beli ulang. Selain itu, kepuasan konsumen berperan sebagai variabel
mediasi pada hubungan Brand Image terhadap niat beli ulang, tetapi tidak memediasi secara
signifikan hubungan kualitas produk terhadap niat beli ulang. Temuan ini menegaskan
pentingnya meningkatkan kualitas produk yang konsisten serta memperkuat Brand Image
untuk mendorong loyalitas konsumen. Penelitian ini menyarankan agar Puma melakukan
inovasi produk, memperbaiki layanan purna jual, dan memperluas strategi pemasaran digital
untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan niat beli ulang konsumen.

References

Aaker, D. A. 1991. Managing brand equity: capitalizing on the value of a brand name.

customer

satisfaction:

a

1016/j.jretconser.2020.102283.

moderated

mediation

Doi:

Hair, J. F.; Black, W. C.; Babin, B. J.; Anderson, R. E. 2014. Multivariate data

analysis: a global perspective.

Jacoby, J.; Chestnut, R. W. 1978. Brand loyalty measurement and management.

Kotler, P.; Keller, K. L. 2016. Marketing Management.

Oliver, R. L. 1997. Satisfaction: a behavioral perspective on the consumer.

Page |

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

kualitas

24843/ejmunud.2019.v08.i10.p14.

trust, terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction sebagai variabel

Shodikin, King Amil Hamzah Al Hakim, Aditya Anung Dwi Nugroho, and Puji

pengaruh servant leadership dan employee empowerment terhadap kinerja

karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening

kualitas pelayanan dan diskon terhadap minat beli ulang melalui kepuasan

ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pengguna

terhadap pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel

Downloads

Published

2025-09-17