PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Keywords:
kualitas produk, Brand Image, kepuasan konsumen, niat beli ulang, PumaAbstract
Persaingan industri sepatu olahraga semakin ketat, termasuk Puma yang menghadapi 
penurunan pangsa pasar di Indonesia, khususnya di Kota Padang. Permasalahan utama adalah 
rendahnya niat beli ulang konsumen meskipun Puma dikenal dengan kualitas produk dan Brand 
Image yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan 
Brand Image terhadap niat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. 
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive 
sampling pada 100 responden pengguna sepatu Puma di Kota Padang. Data primer diperoleh 
melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Square (SmartPLS 3.0). Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan Brand Image berpengaruh positif dan 
signifikan terhadap niat beli ulang. Selain itu, kepuasan konsumen berperan sebagai variabel 
mediasi pada hubungan Brand Image terhadap niat beli ulang, tetapi tidak memediasi secara 
signifikan hubungan kualitas produk terhadap niat beli ulang. Temuan ini menegaskan 
pentingnya meningkatkan kualitas produk yang konsisten serta memperkuat Brand Image 
untuk mendorong loyalitas konsumen. Penelitian ini menyarankan agar Puma melakukan 
inovasi produk, memperbaiki layanan purna jual, dan memperluas strategi pemasaran digital 
untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan niat beli ulang konsumen.
References
Aaker, D. A. 1991. Managing brand equity: capitalizing on the value of a brand name.
customer
satisfaction:
a
1016/j.jretconser.2020.102283.
moderated
mediation
Doi:
Hair, J. F.; Black, W. C.; Babin, B. J.; Anderson, R. E. 2014. Multivariate data
analysis: a global perspective.
Jacoby, J.; Chestnut, R. W. 1978. Brand loyalty measurement and management.
Kotler, P.; Keller, K. L. 2016. Marketing Management.
Oliver, R. L. 1997. Satisfaction: a behavioral perspective on the consumer.
Page |
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
kualitas
24843/ejmunud.2019.v08.i10.p14.
trust, terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction sebagai variabel
Shodikin, King Amil Hamzah Al Hakim, Aditya Anung Dwi Nugroho, and Puji
pengaruh servant leadership dan employee empowerment terhadap kinerja
karyawan melalui organizational citizenship behavior sebagai variabel intervening
kualitas pelayanan dan diskon terhadap minat beli ulang melalui kepuasan
ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pengguna
terhadap pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel