PENGARUH KUALITAS WEBSITE, POTONGAN HARGA, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Kasus pada Pengguna Marketplace Shopee di Kota Padang)
Keywords:
Kualitas Website, Potongan Harga, Media Sosial, Pembelian ImpulsifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, potongan harga, danmedia sosial terhadap pembelian impulsif pada pengguna marketplace Shopee di Kota Padang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah
responden sebanyak 80 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatanPartial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui beberapa tahapan,
yaitu Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, Analisis R-Square, dan StructuralModel Assessment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas websiteberpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. (2) Potongan harga berpengaruh positifterhadap pembelian impulsif. (3) Media sosial berpengaruh positif terhadap pembelian impulsifpada pengguna marketplace Shopee di Kota Padang.
References
Aladwani, A. M., & Palvia, P. C. (2002). Developing and validating an instrument for
measuring user-perceived web quality. Information & Management, 39(6), 467–476.
https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00113-6
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P. M. P., Yasa, N. N. K., &
Jatra, M. (2019). Pengaruh store atmosphere, display product, dan price discount terhadap
impulse buying (studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan
Bisnis
Universitas
Udayana,
(4),
–394.
https://doi.org/10.24843/EEB.2019.v08.i04.p03
Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2002). An integrative approach to the assessment of e-commerce
quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), 114–127.
https://www.researchgate.net/publication/220437591
Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social media: Defining, developing, and divining. Atlantic
Journal of Communication, 23(1), 46–65. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282
Chen, J. V., Ruangsri, S., Ha, Q. A., & Widjaja, A. E. (2022). An experimental study of
consumers’ impulse buying behaviour in augmented reality mobile shopping apps.
Behaviour
and
Information
Technology,
(15),
–3381.
https://doi.org/10.1080/0144929X.2021.1987523 Cloudio, M., & Prihatiningrum, Y. (2023). Pengaruh kualitas website terhadap pembelian
impulsif konsumen Tokopedia melalui motivasi belanja hedonis sebagai intervening (studi
pada Gen Z pengguna marketplace Tokopedia di Kota Banjarbaru). Jurnal Sains
Manajemen
dan
Kewirausahaan,
(1),
–12.
https://jsmk.ulm.ac.id/index.php/jsmk/article/view/300
Databoks. 2024, 10 Januari. 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia.
(Online), diakses 8 April 2024, (http://www.katadata.co.id).
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information
systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4),
–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748 Fradia, R., & Yasri. (2024). The effect of social media, online review, and price discount on
impulse buying. Marketing Management Studies, 4(2), 133–143.
https://doi.org/10.24036/mms.v4i2.509
Ghinarahima, C. N., & Idulfilastri, R. M. (2024). Peran FoMO sebagai mediator pada
penggunaan media sosial terhadap perilaku pembelian impulsif produk skincare.
INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(6), 4316–4329. https://jinnovative.org/index.php/Innovative
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis: A
global perspective (7th ed.). Pearson Education.
Handayani, D. P. M. D., & Rahyuda, H. (2020). The influence of website quality, sales
promotion and hedonic shopping motivation on online impulse buying. SSRG
International Journal of Economics and Management Studies, 7(12), 18–23.
https://doi.org/10.14445/23939125/IJEMS-V7I12P103 Isnaini, M., & Rahmidani, R. (2021). Pengaruh store atmosphere dan price discount terhadap
impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel intervening pada produk
fashion.
Jurnal
EcoGen,
(1),
–24.
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and
opportunities
of social media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity?
An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–
https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2001). Consumer behavior: A framework (5th ed.). Prentice Hall.
Munandar, I. (2022). Pengaruh kualitas website terhadap pembelian impulsif konsumen Shopee
melalui hedonic shopping motivation dan utilitarian value sebagai intervening (survey
pada mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen
Tirtayasa, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.48181/jrbmt.v6i1.15666
Populix. 2023, Februari. Indonesian Shopper Behavior on Promotion Week. (Online), diakses
April 2024, (http://www.populix.co).
Risma, S., & Sukmawati, C. (2023). Pengaruh price discount terhadap impulse buying pada
aplikasi shopee indonesia (studi pada pengguna aplikasi Shopee masyarakat Gampong
Beurandang, Syamtalira Bayu, Aceh Utara). NEGOTIUM: Jurnal Ilmu Administrasi
Bisnis, 6(1), 14–39.
Rook, D. W. (1987). The buying impulse. Journal of Consumer Research, 14(2), 189–199.
https://doi.org/10.1086/209105
Salsabila, & Andriana, A. N. (2024). Pengaruh price discount dan bonus pack terhadap impulse
buying dengan positive emotion sebagai variabel mediasi pada konsumen ritel Guardian Samarinda Central Plaza. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2882–
Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi diri dan impulsive buying terhadap produk fashion
pada remaja perempuan yang berbelanja online. Jurnal Psikologi, 12(2), 213–224.
https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2445
Sugiyono. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Edisi Ke-2). CV Alfabeta.
Sutisna. (2012). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. PT Remaja Rosdakarya.
Yahmini, E. (2019). Kecenderungan impulse buying pada mahasiswa ditinjau dari latar
belakang keluarga (studi kasus mahasiswa di lima universitas Di Yogyakarta). EXERO
Journal
of Research
in Business and Economics, 2(1), 41–56.