PENGARUH KUALITAS WEBSITE, POTONGAN HARGA, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Kasus pada Pengguna Marketplace Shopee di Kota Padang)

Authors

  • Repaldo Repaldo Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kualitas Website, Potongan Harga, Media Sosial, Pembelian Impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, potongan harga, danmedia sosial terhadap pembelian impulsif pada pengguna marketplace Shopee di Kota Padang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah
responden sebanyak 80 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatanPartial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui beberapa tahapan,
yaitu Measurement Model Assessment, Analisis Deskriptif, Analisis R-Square, dan StructuralModel Assessment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas websiteberpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. (2) Potongan harga berpengaruh positifterhadap pembelian impulsif. (3) Media sosial berpengaruh positif terhadap pembelian impulsifpada pengguna marketplace Shopee di Kota Padang.

References

Aladwani, A. M., & Palvia, P. C. (2002). Developing and validating an instrument for

measuring user-perceived web quality. Information & Management, 39(6), 467–476.

https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00113-6

Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P. M. P., Yasa, N. N. K., &

Jatra, M. (2019). Pengaruh store atmosphere, display product, dan price discount terhadap

impulse buying (studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi dan

Bisnis

Universitas

Udayana,

(4),

–394.

https://doi.org/10.24843/EEB.2019.v08.i04.p03

Barnes, S. J., & Vidgen, R. (2002). An integrative approach to the assessment of e-commerce

quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), 114–127.

https://www.researchgate.net/publication/220437591

Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social media: Defining, developing, and divining. Atlantic

Journal of Communication, 23(1), 46–65. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282

Chen, J. V., Ruangsri, S., Ha, Q. A., & Widjaja, A. E. (2022). An experimental study of

consumers’ impulse buying behaviour in augmented reality mobile shopping apps.

Behaviour

and

Information

Technology,

(15),

–3381.

https://doi.org/10.1080/0144929X.2021.1987523 Cloudio, M., & Prihatiningrum, Y. (2023). Pengaruh kualitas website terhadap pembelian

impulsif konsumen Tokopedia melalui motivasi belanja hedonis sebagai intervening (studi

pada Gen Z pengguna marketplace Tokopedia di Kota Banjarbaru). Jurnal Sains

Manajemen

dan

Kewirausahaan,

(1),

–12.

https://jsmk.ulm.ac.id/index.php/jsmk/article/view/300

Databoks. 2024, 10 Januari. 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia.

(Online), diakses 8 April 2024, (http://www.katadata.co.id).

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information

systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4),

–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748 Fradia, R., & Yasri. (2024). The effect of social media, online review, and price discount on

impulse buying. Marketing Management Studies, 4(2), 133–143.

https://doi.org/10.24036/mms.v4i2.509

Ghinarahima, C. N., & Idulfilastri, R. M. (2024). Peran FoMO sebagai mediator pada

penggunaan media sosial terhadap perilaku pembelian impulsif produk skincare.

INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(6), 4316–4329. https://jinnovative.org/index.php/Innovative

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate data analysis: A

global perspective (7th ed.). Pearson Education.

Handayani, D. P. M. D., & Rahyuda, H. (2020). The influence of website quality, sales

promotion and hedonic shopping motivation on online impulse buying. SSRG

International Journal of Economics and Management Studies, 7(12), 18–23.

https://doi.org/10.14445/23939125/IJEMS-V7I12P103 Isnaini, M., & Rahmidani, R. (2021). Pengaruh store atmosphere dan price discount terhadap

impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel intervening pada produk

fashion.

Jurnal

EcoGen,

(1),

–24.

http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and

opportunities

of social media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity?

An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–

https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2001). Consumer behavior: A framework (5th ed.). Prentice Hall.

Munandar, I. (2022). Pengaruh kualitas website terhadap pembelian impulsif konsumen Shopee

melalui hedonic shopping motivation dan utilitarian value sebagai intervening (survey

pada mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen

Tirtayasa, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.48181/jrbmt.v6i1.15666

Populix. 2023, Februari. Indonesian Shopper Behavior on Promotion Week. (Online), diakses

April 2024, (http://www.populix.co).

Risma, S., & Sukmawati, C. (2023). Pengaruh price discount terhadap impulse buying pada

aplikasi shopee indonesia (studi pada pengguna aplikasi Shopee masyarakat Gampong

Beurandang, Syamtalira Bayu, Aceh Utara). NEGOTIUM: Jurnal Ilmu Administrasi

Bisnis, 6(1), 14–39.

Rook, D. W. (1987). The buying impulse. Journal of Consumer Research, 14(2), 189–199.

https://doi.org/10.1086/209105

Salsabila, & Andriana, A. N. (2024). Pengaruh price discount dan bonus pack terhadap impulse

buying dengan positive emotion sebagai variabel mediasi pada konsumen ritel Guardian Samarinda Central Plaza. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2882–

Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi diri dan impulsive buying terhadap produk fashion

pada remaja perempuan yang berbelanja online. Jurnal Psikologi, 12(2), 213–224.

https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2445

Sugiyono. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Edisi Ke-2). CV Alfabeta.

Sutisna. (2012). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. PT Remaja Rosdakarya.

Yahmini, E. (2019). Kecenderungan impulse buying pada mahasiswa ditinjau dari latar

belakang keluarga (studi kasus mahasiswa di lima universitas Di Yogyakarta). EXERO

Journal

of Research

in Business and Economics, 2(1), 41–56.

https://doi.org/10.24071/exero.2019.02.01.03

Downloads

Published

2025-09-18