Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kuliner di Kota Padang)
Keywords:
Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, kinerja pemasaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi
kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner di Kota
Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 80 UMKM. Dengan teknik pengambilan
sampel purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SMART
PLS versi 4. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan
dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.
References
Abdurrahman, A., Udayana, I. B. N., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Orientasi
Pasar, Orientasi Pembelajaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja
Pemasaran (Studi Kasus Pada Umkm Warung Kopi di Diy).
Alvarez-Torres, F. J., Lopez-Torres, G. C., & Schiuma, G. (2019). Linking
entrepreneurial orientation to SMEs’ performance: Implications for
entrepreneurship universities. Management Decision, 57(12), 3364–3386.
Ashari, Y.-, Winarto, W.-, & Nurkhayati, I.-. (2022). Influence of market orientation,
product innovation and digital marketing on marketing performance in fashion
MSMEs in Central Java Province. JOBS (Jurnal of Business Studies), 8(1).
Astuti, D. (2025). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi
Terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta Barat. Jurnal Ekono$mi dan Bisnis
Digital, 2(4), 2097-2109.Lestari, F. S., & Lu, C. (2025). Pengaruh Celebrity
Endorser Terhadap Minat Beli Produk Skincare. Revenue: Lentera Bisnis
Manajemen, 3(02), 49-65.
Aulia, R., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Meningkatkan kinerja pemasaran melalui
orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan
Bisnis, 20(1), 27-38. Cipta Community Development Journal: Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 3(1), 238– 241.
Page | 9
Efan, Vistany Fillayata., Mukaram. (2020). Pengaruh Inovasi Produk terhadap
JURNAL .............
ISSN: xxxx -xxxx (media online)
Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of
entrepreneurship education. Heliyon, 7(9).
Falakhussyaifusoni (2022). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap
Kinerja Pemasaran
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data
Hamel C, Wijaya A. (2020), Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar
Terhadap Kinerja Usaha UKM di Jakarta Barat
Harini, S., Silaningsih, E$., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas
dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis
Dan Manajemen, 6(1), 67.
Hindarwati, E., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan dalam
Kinerja UMKM di Jember. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 54.
Industrial Research Workshop and National Seminar, (7–8), 969 76
Javier, A.-T. F., Lopez-Torres, G. C., & Schiuma, G. (2019). Menghubungkan
Kepuasan Konsumen (Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung).
Mujahidah, & Wiwoho, S. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi
Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 5(2),
-135.
Munthe, R. T. J., & Rahadi, D. R. (2021). Inovasi Dan Kreatifitas Umkm Di Masa
Pandemi (Studi Kasus Di Kabupaten Bekasi). Magisma: Jurnal Ilmiah
Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 44-52.
Ningrum, S., Fitra, V. D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh inovasi Produk,
Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran.
Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 1-9.
Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan
Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal
Ema, 5(2), 100-109.
Nurjanah, P. N. A., & Isa, M. (2021). Peningkatan kinerja pemasaran melalui orientasi
pasar dan orientasi kewirausahaan dengan inovasi produk sebagai variabel
intervening. Prosiding University Research Colloquium, 51-65
Nurpratama, M., Sonjaya, N. S., Yudianto, A., & Agung, I. (2024). Studi Orientasi
Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kabupaten
Indramayu. Jurnal EMT KITA, 8(3), 822-831.
Oktavinus, O., Zaid, S., & Yusuf, H. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi
Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pengolahan
Rumput Laut Di Wakatobi. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
(Jimut), 5(2), 211–227.
Pailis, E. A. (2022). Analisis Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap
Kinerja Pemasaran dan Inovasi UMKM Binaan KPw Bank Indonesia Provinsi
Riau. Jurnal EMT KITA, 6(1), 89-103.
Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021).
orientasi kewirausahaan dengan kinerja UKM: Implikasi bagi universitas
kewirausahaan.Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1), 23–40
Page | 10
JURNAL .............
Strategi
ISSN: xxxx -xxxx (media online)
Setiadi, J Nugroho. 2019. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk
dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana Prenada Media Group
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV
Alfabeta
Syafruddin, Asdar, M., Parawansa, D. A., & Nohong, M. (2020). Pengaruh Orientasi
Pasar dan Orientasi Teknologi Terhadap Kinerja Usaha UKM. Equilibrium
Journal, 2(1).terhadap Kinerja Usaha UKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial
Dan Kewirausahaan, 2(4):63-72.
Wahyono. (2022). Orientasi Pasar dan Inovasinya: Pengaruhnya Terhadap Kinerja
Pemasaran Pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara.
Zaini, A. C., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Dan
Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha. Jurnal Manajerial Dan
Kewirausahaan, 3(1).
Zuliasanti, K., Rusdarti, R., & Sakitri, W. (2020). Pengaruh orientasi pasar, orientasi
kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran ukm. Business
and Accounting Education Journal, 1(1), 73-83.