Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kuliner di Kota Padang)

Authors

  • Zio Hambali Rahman Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, kinerja pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi
kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM Kuliner di Kota
Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 80 UMKM. Dengan teknik pengambilan
sampel purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SMART
PLS versi 4. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan
dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.

References

Abdurrahman, A., Udayana, I. B. N., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Orientasi

Pasar, Orientasi Pembelajaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja

Pemasaran (Studi Kasus Pada Umkm Warung Kopi di Diy).

Alvarez-Torres, F. J., Lopez-Torres, G. C., & Schiuma, G. (2019). Linking

entrepreneurial orientation to SMEs’ performance: Implications for

entrepreneurship universities. Management Decision, 57(12), 3364–3386.

Ashari, Y.-, Winarto, W.-, & Nurkhayati, I.-. (2022). Influence of market orientation,

product innovation and digital marketing on marketing performance in fashion

MSMEs in Central Java Province. JOBS (Jurnal of Business Studies), 8(1).

Astuti, D. (2025). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi

Terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta Barat. Jurnal Ekono$mi dan Bisnis

Digital, 2(4), 2097-2109.Lestari, F. S., & Lu, C. (2025). Pengaruh Celebrity

Endorser Terhadap Minat Beli Produk Skincare. Revenue: Lentera Bisnis

Manajemen, 3(02), 49-65.

Aulia, R., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Meningkatkan kinerja pemasaran melalui

orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan

Bisnis, 20(1), 27-38. Cipta Community Development Journal: Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 3(1), 238– 241.

Page | 9

Efan, Vistany Fillayata., Mukaram. (2020). Pengaruh Inovasi Produk terhadap

JURNAL .............

ISSN: xxxx -xxxx (media online)

Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: the role of

entrepreneurship education. Heliyon, 7(9).

Falakhussyaifusoni (2022). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap

Kinerja Pemasaran

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data

Hamel C, Wijaya A. (2020), Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar

Terhadap Kinerja Usaha UKM di Jakarta Barat

Harini, S., Silaningsih, E$., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas

dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis

Dan Manajemen, 6(1), 67.

Hindarwati, E., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan dalam

Kinerja UMKM di Jember. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 54.

Industrial Research Workshop and National Seminar, (7–8), 969 76

Javier, A.-T. F., Lopez-Torres, G. C., & Schiuma, G. (2019). Menghubungkan

Kepuasan Konsumen (Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung).

Mujahidah, & Wiwoho, S. (2021). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi

Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 5(2),

-135.

Munthe, R. T. J., & Rahadi, D. R. (2021). Inovasi Dan Kreatifitas Umkm Di Masa

Pandemi (Studi Kasus Di Kabupaten Bekasi). Magisma: Jurnal Ilmiah

Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 44-52.

Ningrum, S., Fitra, V. D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh inovasi Produk,

Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran.

Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 1-9.

Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan

Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal

Ema, 5(2), 100-109.

Nurjanah, P. N. A., & Isa, M. (2021). Peningkatan kinerja pemasaran melalui orientasi

pasar dan orientasi kewirausahaan dengan inovasi produk sebagai variabel

intervening. Prosiding University Research Colloquium, 51-65

Nurpratama, M., Sonjaya, N. S., Yudianto, A., & Agung, I. (2024). Studi Orientasi

Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kabupaten

Indramayu. Jurnal EMT KITA, 8(3), 822-831.

Oktavinus, O., Zaid, S., & Yusuf, H. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi

Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pengolahan

Rumput Laut Di Wakatobi. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

(Jimut), 5(2), 211–227.

Pailis, E. A. (2022). Analisis Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap

Kinerja Pemasaran dan Inovasi UMKM Binaan KPw Bank Indonesia Provinsi

Riau. Jurnal EMT KITA, 6(1), 89-103.

Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021).

orientasi kewirausahaan dengan kinerja UKM: Implikasi bagi universitas

kewirausahaan.Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(1), 23–40

Page | 10

JURNAL .............

Strategi

ISSN: xxxx -xxxx (media online)

Setiadi, J Nugroho. 2019. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk

dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV

Alfabeta

Syafruddin, Asdar, M., Parawansa, D. A., & Nohong, M. (2020). Pengaruh Orientasi

Pasar dan Orientasi Teknologi Terhadap Kinerja Usaha UKM. Equilibrium

Journal, 2(1).terhadap Kinerja Usaha UKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial

Dan Kewirausahaan, 2(4):63-72.

Wahyono. (2022). Orientasi Pasar dan Inovasinya: Pengaruhnya Terhadap Kinerja

Pemasaran Pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara.

Zaini, A. C., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Dan

Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha. Jurnal Manajerial Dan

Kewirausahaan, 3(1).

Zuliasanti, K., Rusdarti, R., & Sakitri, W. (2020). Pengaruh orientasi pasar, orientasi

kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran ukm. Business

and Accounting Education Journal, 1(1), 73-83.

Downloads

Published

2025-09-17