PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN NILAI BELANJA HEDONIS TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Swalayan SJS di kota Padang)

Authors

  • Putri Ayu Andira Universitas Bung Hatta
  • Wiry Utami Universitas Bung Hatta

Keywords:

Promosi Penjualan, Nilai Belanja Hedonis, Emosi Positif, Impulse Buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi Penjualan dan Nilai Belanja
Hedonis terhadap Impulse Buying dan Emosi Positif sebagai mediasi pada Swalayan SJS di Kota
Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 115 orang dengan pengambilan sampel
purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Smart PLS
3.0. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Penjualan tidak berpengaruh positif
Impulse Buying, Nilai Belanja Hedonis berpengaruh positif terhadap Impulse Buying, Promosi
Penjualan berpengaruh positif terhadap Emosi Positif, Nilai Belanja Hedonis tidak berpengaruh
terhadap Emosi Positif, Emosi Positif berpengaruh terhadap Impulse Buying, Emosi Positif
memediasi hubungan antara Promosi Penjualan terhadap Impulse Buying, Emosi Positif tidak
memediasi hubungan antara Nilai Belanja Hedonis terhadap Impulse Buying.

Downloads

Published

2025-09-17