PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, UANG SAKU DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA

Authors

  • Dhea Az-Zahra Gusly Universitas Bung Hatta
  • Yuhelmi Yuhelmi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Minat Investasi, Pengetahuan Investasi, Uang Saku, Gaya Hidup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan investasi, uang saku,
dan gaya hidup terhadap minat investasi mahasiswa universitas Bung Hatta. Metode yang
digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi melalui program SPSS. Data
dikumpulkan dari responden 278 mahasiswa dengan menggunakan skala Likert lima poin
untuk mengukur variabel pengetahuan investasi, uang saku, gaya hidup, dan minat
investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi, uang saku, dan gaya
hidup secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat investasi. Secara parsial,
pengetahuan investasi, uang saku dan gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan,
Temuan ini menegaskan bahwa faktor gaya hidup, terutama yang berorientasi masa depan
dan hemat, dapat memperkuat minat mahasiswa untuk berinvestasi, sementara gaya hidup
konsumtif dapat menurunkan minat tersebut. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi
penting bagi pengembangan literasi keuangan dan strategi promosi investasi di kalangan
mahasiswa

References

A’yun, A. Q. (2022). Engaruh Penambahan Remazol Yellow Terhadap Efektivitas

Fotoreduksi Ion Cr(Vi) Terkatalisis Tio2-Resin. Jurnal Crystal : Publikasi Penelitian

Kimia Dan Terapannya, 5(2), 1–8. Https://Doi.Org/10.36526/Jc.V5i2.2732.

Abdilla. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kontrol Diri Dan Literasi Keuangan Terhadap

Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Kota Medan Dalam Melakukan Online Shopping.

Adiningtyas, S. &. (2022). Engaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi, Dan Saku Uang

Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Dengan Risiko

Investasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam ,8 (1), 474-482.

Adnyana. (2020). Manajemen Investasi Dan Portofolio. Jakarta: Lembaga Penerbitan

Universitas Nasiona.

Alwi. (2016). Pasar Modal Teori Dan Aplikasi. Jakar6ta: Nasinod Internusa.

Azjen. (1991). The Theory Of Planned Behavior. Organizational Behavior And Human

Decision Processes, 50: 179-211.

Brealey. (2016). Dasar-Dasar Manajement Keuangan. Edisi 11. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Brigham, E. (2016). Financial Management:Theory And Practice. South-Western Cengage

Learning. Usa.

Page | 10

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Darmadji, T. &. (2016). Pasar Modal Di Indonesia: Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta:

Salemba Empat.

Dewi, L. P. (2021). Determinan Yang Berpengaruh Pada Minat Investasi Di Pasar Modal. .

E-Jurnal Akuntansi, 31(5), 1082. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2021.V31.I05.P02.

Fadila, I. L. (2025). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Risiko Investasi

Saham Pada Generasi Z Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan

Kewirausahaanvol5 No1 Mei 2025 , Pp278-291.

Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra

Wacana Media.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23 Edisi 7.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafiz, F. &. (2025). Ngaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi Dan Pendapatan

Terhadap Minat Investasi Di Cryptocurrency Pada Mahasiswa Universitas Trilogi.

Jurnal

Ilmiah

Manajemen,

Organisasi

Dan Bisnis, 13(1), 74–83.

Https://Doi.Org/10.56486/Kompleksitas.Vol13no1.526.

Hurlock. (1991). Psikolgi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.

Jakarta: Penerbit Erlangga.

Isticharoh. (2019). Pengaruh Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi Dan Teknologi Media

Sosial Terhadap Minat Investasi Pasar Modal Di Phintraco Pada Mahasiswa Fakultas

Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi

Univrab,1(1), 2019.

Jogiyanto.

(2017).

Teori

Kesebelas,Yogyakarta:Bpfe.

Portofolio

Dan

Analisis

Investasi.

Edisi

Kotler, P. &. (2018). Principles Of Marketingglobal Edition 17thedition. London: Pearson

Education.

Monks. (2002). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajahmada Press.

Musadar. (2025). Komunikasi Organisasi. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Cetakan Viii. Bandung: Alfabeta.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio Dan Investasi Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Kamisius.

Wardani, K. (2025). Pengaruh Sosialisasi Pasar Modal Dan Persepsi Atas Risiko Terhadap

Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Supiati. 12, 13–22.

Http://Journal.Maranatha.Edu.

Downloads

Published

2025-09-17