PENGARUH LIFESTYLE, KETIDAKPUASAN DAN VARIETY SEEKING TERHADAP PERPINDAHAN MEREK SMARTPHONE ANDROID KE IPHONE PADA GENERASI Z DIKOTA PADANG
Keywords:
Lifestyle, Ketidakpuasan, Variety Seeking, Perpindahan MerekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lifestyle, ketidakpuasan, dan variety seeking terhadap perpindahan merek smartphone Android ke iPhone pada generasi Z di Kota Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi penelitian adalah generasi Z di Kota Padang yang telah berpindah merek dari Android ke iPhone, sedangkan sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow sehingga diperoleh 100 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian diuji validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan reliabilitas dengan Cronbachs Alpha. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS, meliputi uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, serta uji signifikansi statistik (uji F, uji T, dan koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial lifestyle berpengaruh terhadap perpindahan merek dan variety seeking berpengaruh terhadap perpindahan merek sedangkan ketidakpuasan tidak berpengaruh terhadap perpindahan merek. Secara simultan, ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek. Temuan ini menegaskan bahwa dorongan generasi Z di Kota Padang untuk berpindah merek dipengaruhi olehfaktor gaya hidup dan keinginan mencari variasi bukan karena tidak puas terhadap merek sebelumnya.References
Adhani, R., Sari, W. P., & Dewi, N. (2024). Pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap
Adnyana, I. B. P., & Seminari, N. M. (2018). Pengaruh lifestyle terhadap perpindahan merek
Ali, H., Purwanto, E., & Dharmayanti, D. (2019). Consumer variety seeking behavior and brand
Apriliani, D., Fadilah, R., & Cahyani, S. (2021). Variety seeking dan pengaruhnya terhadap
Arun, K., & Muralikumaran, V. (2024). Brand switching behavior in digital era. International
Bilman, T., Sari, N., & Pratama, R. (2022). Lifestyle dan perpindahan merek smartphone
Android ke iPhone pada mahasiswa Universitas Pakuan. Jurnal Riset Manajemen,
Budiyanto, H., & Utami, D. (2021). Pengaruh lifestyle terhadap brand switching konsumen
Diany, V. (2018). Lifestyle konsumen dan implikasinya dalam perilaku pembelian. Jurnal
Dwinanto, A., & Suasana, D. (2018). Analisis perilaku variety seeking konsumen produk
Fintikasari, L., & Ardyan, E. (2018). Gaya hidup dan switching behavior konsumen
Firmansyah, M. A. (2019). Perilaku konsumen (sikap dan pemasaran). Penerbit Qiara Media.
Hadian, M. (201y8). Pengaruh variety seeking terhadap perpindahan merek smartphone. Jurnal
Hilmi, A., Rahayu, N., & Putra, I. (2018). Lifestyle dan perpindahan merek smartphone.
Indriani, A. (2020). Analisis faktor-faktor ketidakpuasan konsumen. Jurnal Manajemen dan
Khasanah, I., & Cahya, D. (2018). Brand switching dan perilaku konsumen. Jurnal Ekonomi
Khoirur Rahma, R. (2024). Durasi penggunaan smartphone dan dampaknya pada generasi Z.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management Pearson Education.
Lestari, M. (2020). Ketidakpuasan konsumen dan perpindahan merek. Jurnal Riset
Novita, E., Hasanah, L., & Suryana, B. (2024). Variety seeking behavior dan brand switching
Nurhidayanti, A., Rini, S., & Prasetyo, T. (2020). Variety seeking dan brand switching. Jurnal
Oktarina, D., & Prasetya, A. (2020). Variety seeking dan perpindahan merek di Ajibarang.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer behavior and marketing strategy (9th ed.).
McGraw-Hill.
Purwaningsih, R., & Fauzi, M. (2024). Variety seeking dan brand switching produk kosmetik.
Puspita Sari, D. (2020). Ketidakpuasan konsumen terhadap perpindahan merek. Jurnal
Putra, H. (2018). Indikator perpindahan merek konsumen smartphone. Jurnal Ekonomi, 7(1),
Rosyidah, N., Ramadhan, M., & Yuliani, S. (2024). Variety seeking dan perilaku perpindahan
Septiani, D., Wahyuni, L., & Sari, R. (2020). Ketidakpuasan konsumen dan implikasinya pada
Sunariani, N., & Arisandi, A. (2018). Ketidakpuasan konsumen dan keputusan brand switching.
Suprapto, R. (2024). Pengaruh lifestyle dan variety seeking terhadap perpindahan merek
Wibowo, A. (2020). Variety seeking dan niat perpindahan merek pada layanan internet.
Zahra, R., & Dewi, P. (2021). Ketidakpuasan konsumen terhadap perpindahan merek produk.