Pengaruh Kualitas Informasi, Customer Experience dan E-Service Qualityterhadap Minat Beli Ulang pada E-Commerce Blibli di Kota Padang

Authors

  • Fauzan Qasthari Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

Keywords:

kualitas informasi, customer experience, e-service quality, minat beli ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas informasi, customer experience, dan eservice quality terhadap minat beli ulang pada masyarakat Kota Padang dengan studi kasus pada   e-commerce   Blibli. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan e-service quality berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, sedangkan customer experience tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang. Penelitian ini memberikan implikasi bagi manajemen e-commerce dalam meningkatkan minat beli ulang konsumen melalui peningkatan kualitas informasi dan layanan digital. 

References

Aini, N., & Nanda, S. E. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan

Informasi Pada Youtube Channel “Gadgetin” Terhadap Keputusan Pembelian Gadget.

Scriptura, 9(2), 43–50. Https://Doi.Org/10.9744/Scriptura.9.2.43-50

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan

Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi

Berrybenka Di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (Bmaj), 4(1), 37–

Https://Doi.Org/10.24176/Bmaj.V4i1.6001

Faizah, I., Fanggidae, A. H. J., Riwu, Y. F., Bunga, M., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis,

D. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Customer Experience Terhadap Minat Beli

Ulang Pada Pengguna Brand Ventela. In Ijem: Indonesian Journal Economy And

Management (Vol. 1, Issue 1). Https://Ojs.Unpatompo.Ac.Id/Index.Php/Jip

Fitri Rizkiyah, T. (2021). Pengaruh Customer Experience Dan Brand Trust Terhadap Customer

Loyalty. In Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Inovatif Indonesia (Vol. 1, Issue 1).

Https://Nakiscience.Com/Index.Php/Ekraf

Joseph F. Hair Jr., William C. Black, Barry J. Babin, & Rolph E. Anderson. (2014). Multivariate

Data Analysis.

Kalpikawati, I. A., Sudiksa, I. N., & Audria, M. (2021). Pengaruh Electronic Service Quality Dan

Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Di Aston Denpasar

Hotel And Convention Center. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 10(2), 94–102.

Https://Doi.Org/10.52352/Jbh.V10i2.476

Mahdyvianra, E. M., Kultum, U., & Ramadani, D. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap

E-Loyalty Pelanggan Edukasystem.Com Melalui E-Satisfaction Dan E-Trust (Studi Kasus

Pt Eduka Teknologi Indonesia Di Kota Bandung). In Journal Of Business Management

Education | (Vol. 6, Issue 3).

Mohammad Hasby Ashshiddiqi, Achmad Agus Priyono, & Arini Fitria Mustapita. (2021).

Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli

Ulang Pengguna Marketplace Situs Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang). E –

Jurnal Riset Manajemen.

Nurmanto, D., Mulyanto, H., Wiyatno, T. N., Purnamasari, P., Muhammad, H., & Putra, M.

(2024). Faktor Pengaruh Reputasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang

Konsumen Pada Platform E-Commerce Shopee. In Jurnal Kajian Ilmiah (Vol. 24, Issue 1).

Http://Ejurnal.Ubharajaya.Ac.Id/Index.Php/Jki

Saragih, M. E. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen

Linkaja The Influence Of E-Service Quality On Repurchase Intention Consumer Linkaja.

Https://Databoks.Katadata.Co.Id Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C

Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. In Jurnal Penelitian Ekonomi Dan

Bisnis (Vol. 2, Issue 1). Http://Www.Jpeb.Dinus.Ac.Id

Septian, B. P., & Handaruwati, I. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan

Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten (Vol. 3, Issue 2). JuniSeptember.

Http://Bisnisman.Nusaputra.Ac.Id

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv Afabeta.

Tampi, B. C., Murni, S., & Saerang, I. S. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap

Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado The Influrnce Of Marketing Mix Strategy

On Buyback Intention Of Geprek Bensu Manado Products. In Jurnal Emba (Vol. 9, Issue 3).

Ulum, F., Muchtar, R., & Kunci, K. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer

Satisfaction Website Start-Up Kaosyay (Vol. 12, Issue 2).

Downloads

Published

2025-09-18