Pengaruh Kualitas Informasi, Customer Experience dan E-Service Qualityterhadap Minat Beli Ulang pada E-Commerce Blibli di Kota Padang
Keywords:
kualitas informasi, customer experience, e-service quality, minat beli ulangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas informasi, customer experience, dan eservice quality terhadap minat beli ulang pada masyarakat Kota Padang dengan studi kasus pada e-commerce Blibli. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan e-service quality berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, sedangkan customer experience tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang. Penelitian ini memberikan implikasi bagi manajemen e-commerce dalam meningkatkan minat beli ulang konsumen melalui peningkatan kualitas informasi dan layanan digital.References
Aini, N., & Nanda, S. E. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan
Informasi Pada Youtube Channel “Gadgetin” Terhadap Keputusan Pembelian Gadget.
Scriptura, 9(2), 43–50. Https://Doi.Org/10.9744/Scriptura.9.2.43-50
Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan
Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi
Berrybenka Di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (Bmaj), 4(1), 37–
Https://Doi.Org/10.24176/Bmaj.V4i1.6001
Faizah, I., Fanggidae, A. H. J., Riwu, Y. F., Bunga, M., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis,
D. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Customer Experience Terhadap Minat Beli
Ulang Pada Pengguna Brand Ventela. In Ijem: Indonesian Journal Economy And
Management (Vol. 1, Issue 1). Https://Ojs.Unpatompo.Ac.Id/Index.Php/Jip
Fitri Rizkiyah, T. (2021). Pengaruh Customer Experience Dan Brand Trust Terhadap Customer
Loyalty. In Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Inovatif Indonesia (Vol. 1, Issue 1).
Https://Nakiscience.Com/Index.Php/Ekraf
Joseph F. Hair Jr., William C. Black, Barry J. Babin, & Rolph E. Anderson. (2014). Multivariate
Data Analysis.
Kalpikawati, I. A., Sudiksa, I. N., & Audria, M. (2021). Pengaruh Electronic Service Quality Dan
Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kamar Di Aston Denpasar
Hotel And Convention Center. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 10(2), 94–102.
Https://Doi.Org/10.52352/Jbh.V10i2.476
Mahdyvianra, E. M., Kultum, U., & Ramadani, D. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap
E-Loyalty Pelanggan Edukasystem.Com Melalui E-Satisfaction Dan E-Trust (Studi Kasus
Pt Eduka Teknologi Indonesia Di Kota Bandung). In Journal Of Business Management
Education | (Vol. 6, Issue 3).
Mohammad Hasby Ashshiddiqi, Achmad Agus Priyono, & Arini Fitria Mustapita. (2021).
Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli
Ulang Pengguna Marketplace Situs Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang). E –
Jurnal Riset Manajemen.
Nurmanto, D., Mulyanto, H., Wiyatno, T. N., Purnamasari, P., Muhammad, H., & Putra, M.
(2024). Faktor Pengaruh Reputasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang
Konsumen Pada Platform E-Commerce Shopee. In Jurnal Kajian Ilmiah (Vol. 24, Issue 1).
Http://Ejurnal.Ubharajaya.Ac.Id/Index.Php/Jki
Saragih, M. E. (2021). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen
Linkaja The Influence Of E-Service Quality On Repurchase Intention Consumer Linkaja.
Https://Databoks.Katadata.Co.Id Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C
Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. In Jurnal Penelitian Ekonomi Dan
Bisnis (Vol. 2, Issue 1). Http://Www.Jpeb.Dinus.Ac.Id
Septian, B. P., & Handaruwati, I. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan
Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten (Vol. 3, Issue 2). JuniSeptember.
Http://Bisnisman.Nusaputra.Ac.Id
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv Afabeta.
Tampi, B. C., Murni, S., & Saerang, I. S. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap
Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado The Influrnce Of Marketing Mix Strategy
On Buyback Intention Of Geprek Bensu Manado Products. In Jurnal Emba (Vol. 9, Issue 3).
Ulum, F., Muchtar, R., & Kunci, K. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer
Satisfaction Website Start-Up Kaosyay (Vol. 12, Issue 2).