PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2023)
Keywords:
Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh struktur modal, pertumbuhan penjualan, 
pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sektor makanan dan 
minuman di BEI periode 20202023. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan tahunan 
dengan metode purposive sampling. Analisis menggunakan regresi data panel. Hasil penelitian 
menunjukkan struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, 
pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan, sedangkan pertumbuhan perusahaan dan 
profitabilitas berpengaruh positif signifikan. Secara simultan, keempat variabel berpengaruh 
signifikan terhadap nilai perusahaan.
References
Ambarwati, J., & Vitaningrum, M. R. (2021). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas
Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1),
Astuti, Y. , & Murwaningsari, E. (2020). The effect of firm growth, profitability, and investment
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of Financial Management (15th ed.). Cengage
Learning.
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Dewi, V. S., & Ekadjaja, A. (2020). Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah
Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan
Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan
Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai
https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1175
Hillen, J., & Fedoseeva, S. (2021). E-commerce and the end of price rigidity? Journal of Business
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan ke-10). RajaGrafindo Persada.
Pratiwi, N. K., & Sari, M. M. R. (2020). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu
Putri, A. S. , & Harjito, D. A. (2021). Pengaruh pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap nilai
Wulandari, A., & Nuraina, N. (2021). Profitabilitas dan leverage dalam menentukan nilai perusahaan.