PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2023)

Authors

  • Annisa Radifah Nurul Badriyah Universitas Bung Hatta
  • Nailal Husna Universitas Bung Hatta

Keywords:

Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh struktur modal, pertumbuhan penjualan,
pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sektor makanan dan
minuman di BEI periode 2020–2023. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan tahunan
dengan metode purposive sampling. Analisis menggunakan regresi data panel. Hasil penelitian
menunjukkan struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan,
pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan, sedangkan pertumbuhan perusahaan dan
profitabilitas berpengaruh positif signifikan. Secara simultan, keempat variabel berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan.

References

Ambarwati, J., & Vitaningrum, M. R. (2021). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas

Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1),

–505.

Astuti, Y. , & Murwaningsari, E. (2020). The effect of firm growth, profitability, and investment

decision on firm value. Journal of Accounting and Strategic Finance, 3(1), 17–27.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2019). Fundamentals of Financial Management (15th ed.). Cengage

Learning.

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Dewi, V. S., & Ekadjaja, A. (2020). Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah

Manajemen Dan Bisnis, 21(2), 133–142.

Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan

Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan

Bisnis, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3218

Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai

Perusahaan sub sektor kimia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(1), 1–8.

https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1175

Hillen, J., & Fedoseeva, S. (2021). E-commerce and the end of price rigidity? Journal of Business

Research, 125, 63–73. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.11.052

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan ke-10). RajaGrafindo Persada.

Pratiwi, N. K., & Sari, M. M. R. (2020). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu

Manajemen Indonesia, 8(2), 105–114.

Putri, A. S. , & Harjito, D. A. (2021). Pengaruh pertumbuhan penjualan dan profitabilitas terhadap nilai

perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 55–63.

Wulandari, A., & Nuraina, N. (2021). Profitabilitas dan leverage dalam menentukan nilai perusahaan.

Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 45–52.

Published

2025-09-17