Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Cafe Lucy’s Kota Padang)
Keywords:
Kepuasan Konsumen, Store Atmosphere, dan Kualitas PelayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh store atmosphere dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Cafe Lucy’s Kota Padang. Latar belakang dalam
penelitian ini yaitu beragamnya pandangan konsumen. Sebagian pelanggan merasa tidak puas
karena kebersihan makanan tidak terjaga (misalnya ada rambut atau tahu basi), pelayanan yang
lambat terutama saat berbuka puasa, ketidakjelasan reservasi ruang pertemuan, serta
ketidaknyamanan ruangan karena area ber-AC dipakai untuk merokok. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive
sampling. Rumus yang digunakan adalah rumus slovin dengan 80 responden. Data diperoleh dari
80 responden yang memiliki yang berusia 17 tahun ke atas dan pernah mengunjungi Cafe Lucy’s
Kota Padang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS 3.0.
Analisis dilakukan melalui Measurement Model Assessment (MMA) yang meliputi pengujian
convergent validity, discriminant validity, dan Heterotrait-Monotrait Ratio (HTMT). Selanjutnya
dilakukan analisis nilai R-Square dan Structural Model Assessment (SMA) yang digunakan untuk
menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan store atmosphere dan kualitas
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Cafe Lucy’s.
References
Dita Ayu Lestari, Ryan Yeremia Iskandar, & Arya Putra Sundjaja. (2024). Eksistensi Cafe
dalam Tren Cafe Hopping Sebagai Pengembangan Aktivitas Urban Tourism di
Banyuwangi. Economic Reviews Journal, 3(4), 1904–1919.
Fadhilah, R. E., & Nainggolan, B. M. (2024). Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan
Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen E
Issn, 2598, 4950.
Faradannisa, M., & Supriyanto, A. (2022). Kepuasan Pelanggan Ditinjau dari Store
Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnis Islam. Tawazun:
Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 76-94
Febriani, F., & Fadili, D. A. (2021). Pengaruh store atmosphere dan kualitas produk terhadap
kepuasan pelanggan (Survey pada Café Patroli Kopi Karawang). Jurnal Pemasaran
Kompetitif, 4(3), 368.
Hanif, M., Limakrisna, H. N., & Anggraen, A. F. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan
Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kafe Carita Kopi Tamansari Kota
Bandung. Modena: Multidisiplinary Of Management Journal, 1(1), 90-120.
Helmi, S. (2025). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas
dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. JIEF Journal of Islamic Economics and
Finance, 5(1), 35-48.
Indahsari, D. N., & Bangun, M. F. A. (2024). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan
Konsumen Cafe Bajawa Flores NTT di Kota Bekasi. Jurnal Kajian Ilmiah, 24(2), 197
Kurniawan, M. R., & Yulianto, A. E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Store
Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen
(JIRM), 10(10).
Lubis, E. F., & Indira, T. T. (2023). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen
Pada Ayam Penyet Cindelaras Bagan Batu Kabupaten Rokan Hilir. PubBis: Jurnal
Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 7(1), 1-9.
Nasution, D. P., Halim, A., & Asnora, F. H. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store
Atmosphere, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe
Mie Aceh Agam Rantauprapat. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 5(3), 1311-1322.
Nursalmah, V. Y., & Sahir, S. H. (2025). Pengaruh Store Atmosphere, dan Promosi serta
Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Coffee Shop. Journal of Trends
Economics and Accounting Research, 5(3), 318-328.
Rufliansah, F. F., & Seno, A. H. D. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap
kepuasan konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu
Administrasi Bisnis, 9(4), 389-401.
Sambara, J., Tawas, H. N., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk,
Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe 3.
Am Koffie Spot Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan
Akuntansi, 9(4), 126-135.
Sari, I. W., & Amalia, L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap
Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Kopi Kenangan. Jurnal Ekonomi, Bisnis
dan Manajemen, 2(3), 248-266.c
Page| 11
JURNAL :.......................................
ISSN : xxxx – xxxx (media online)
Sihura, H. K., Harefa, A. K., & Giawa, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada Ud. Mawar Desa Tuindrao Kecamatan Amandraya. Curve
Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 104-122.
Silitonga, A. Y., & Saputra, H. (2025). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Hay’s Kuphi Corner di Lubuk Pakam. Jurnal
Mirai Management, 10(1), 273-281.
Sucipto, H. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Caffe Jetto Brebes. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3),
-186.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (32nd ed.). Bandung:
Alfabeta.