PENGARUH E-WOM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Produk Body Lotion Merek Nivea di Kota Padang)
Keywords:
Keputusan Pembelian, Brand Trust, e-WOM, Brand Image.Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan brand 
image terhadap keputusan pembelian dengan brand trust sebagai mediasi pada konsumen body 
lotion Nivea di Kota Padang. Penelitian kuantitatif ini menggunakan purposive sampling 
dengan 80 responden, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial 
Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan e-WOM tidak berpengaruh positif dan 
signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand image berpengaruh positif dan 
signifikan, baik e-WOM maupun brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap 
brand trust, yang pada gilirannya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan 
pembelian. Selain itu, brand trust terbukti memediasi secara positif dan signifikan hubungan e
WOM dan brand image terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, brand trust berperan 
penting dalam memperkuat pengaruh e-WOM dan brand image terhadap keputusan konsumen.