PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA GEN Z (Studi Kasus pada Market Place Tokopedia di Kota Padang )

Authors

  • Firly Andrea Nissa Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

kualitas pelayanan, harga, influencer marketing, minat beli ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan influencer
marketing terhadap minat beli ulang pada Gen Z. Studi kasus dilakukan pada market place
Tokopedia di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 100 orang dengan teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan SMART-PLS. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan influncer
marketing berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, sementara kualitas pelayanan tidak
berpengaruh terhadap minat beli ulang.

References

Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review

Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi.

Jurnal

Manajemen

Pendidikan

https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Dan

Ilmu

Sosial,

(1),

–313.

Adwimurti, Y. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian dengan

kualitas produk sebagai variabel moderasi. 3(1), 74–90.

Beli

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap

Minat

Skincare

Pada

Tiktok

https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243

Shop.

Kinerja,

(01),

–61.

Anggraini, F., Ahmadi, M. A., & Surakarta, U. M. (2025). Pengaruh Influencer Marketing

terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Kalangan Generasi Z: Literature

Review. 3.

Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. NUSANTARA:

Ilmu

Pengetahuan

Sosial,

tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index

(5),

–1379.

http://jurnal.um

Arikunto, & Suharmi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Acta Universitatis

Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9), 1689–1699

Jurnal

As-syahri, H. (2024). Peranan Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital 5.0.

Socius:

Penelitian

Ilmu-Ilmu

Sosial,

https://ojs.daarulhuda.or.id/index.php/Socius/article/view/676

(July),

–362.

Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). Kualitas 2. Jurnal Ilmu Sosial

(JISOS), 1(2), 85–104. http://bajangjournal.com/index.php/JISOS

Bakti, U., Hairudin, & Alies, M. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan

Harga Terhadap Minat Beli. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and

Development, 1(10), 809–815. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i10.135

Batu Bara, Ummmi Syamsu Nur, Nasution, P. Ade, & Prayoga, Y. (2021). Pengaruh

Citraperusahaan, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang

Tabung Gas LPG 12 KG pada PT. Jalahan Arta Primarantauprapat. Penambahan Natrium

Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya

Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 1(1), 82–92.

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan,

Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.

Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233.

https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531

Hapsari, B. C., & Astuti, S. R. T. (2022). Pengaruh Keragaman Produk dan Promosi Penjualan

Terhadap Minat Beli Ulang di Toko Online Lazada dengan Kepuasan Konsumen Sebagai

Variabel

Intervening.

Diponegoro Journal of Management, 11(2), 1–15.

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Kirana, A. S., Damayanti, A., Tumanggor, N. N., & Purnamasari, P. (2025). Pengaruh

Kredibilitas Influencer, Kualitas Konten, dan Interaksi Sosial terhadap Keputusan

Pembelian di E-Commerce TikTok. 2(2), 1–9.

Lengkawati, Ari Sukma, & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap

Keputusan Pembelian (studi pada ELZATTA HIJAB GARUT). Jurnal Stieyasaanggana,

(1), 33–38.

Lestari, N. I., & Iswati, H. (2021). The Effect Of SMEs Product Quality And Social Media On

Repurchase Interest With Customer Satisfaction As An Intervening Variable. Kurs:

Jurnal

Akuntansi,

Kewirausahaan

Dan

Bisnis,

(1),

–40.

http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476

https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Muhtaroms, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga,

Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli.

Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/

JM/article/view/749

Mulyana, S. R. I. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru. 42.

Nursyifa, A., & Khasanah, I. (2024). Analisis Persepsi Kegunaan, Kepuasan Pelanggan, Persepsi

Nilai, Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening

(Studi Empiris Pada Pelanggan Tokopedia Kota Semarang). 13(2023), 1–11.

Permatasari, V. A., Haziroh, A. L., & Panjaitan, R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Produk

Scarlett Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Kampus Swasta Di Kota

Semarang). Economics and Digital Business Review, 5(1), 384–394.

Puspita, D. A., & Astuti, S. R. T. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Promosi Penjualan,

dan Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan

Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Tokopedia di Semarang).

Diponegoro Journal Of Management, 12(3), 1–12.

Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek

terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Influence of Prices, Product Quality and

Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. 08, 98–104.

Rizal Nur Qudus, M., & Sri Amelia, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan,

dan Harga Pada Minat Beli Ulang Konsumen Restoran Ayam Bang Dava. International

Journal

Administration

Business

https://doi.org/10.61242/ijabo.22.207

and

Organization,

(2),

–31.

Roisah, R., Khusnaini, K., & Maulyan, F. F. (2024). Pengaruh Direct Marketing Dan Influencer

Marketing Terhadap Minat Beli Pada Live Streaming Tiktok (Studi Kasus pada Viewers

Live Streaming TikTok Akun Jiniso di Kota Bandung). Jurnal Sains Manajemen, 6(1),

https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index

Siaputra, H. (2024). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga

Terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran XYZ Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan,

(1), 13–23. https://doi.org/10.9744/jmhp.10.1.13-23

Stores, P., Terhadap, A., Tamu, E., Beli, M., Di, U., Tj, M., & Surabaya, G. (2021). 24544

Article Text-38700-1-10-20220412. 7(2), 55–62. https://doi.org/10.9744/jmhot.7.2.55

Suryajaya, I., & Sienatra, K. B. (2021). Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Ditinjau

Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wear It. Performa, 5(3), 176–184.

https://doi.org/10.37715/jp.v5i3.1756

Wanda, E. S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang

Produk

Dunkin’Donuts

Di

DKI

Jakarta.

(2),

–126.

https://library.universitaspertamina.ac.id/xmlui/handle/123456789/11570

Yuliana, H., & Pratiwi, A. (2024). Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, dan Kualitas Pelayanan

Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Survei pada Kopi Janji Jiwa Karanganyar).

Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 393–404.

of

Zaid, S. (2020). The Role of Familiarity in Increasing Repurchase Intentions in Online Shopping.

Journal

Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(1), 12–18.

https://doi.org/10.14414/jebav.v23i1.2132

Zebua, L. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko

Imelda Ponsel Telukdalam. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan (Vol. 5, Issue 1).

https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim/article/view/5

Downloads

Published

2025-09-19