PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA GEN Z (Studi Kasus pada Market Place Tokopedia di Kota Padang )
Keywords:
kualitas pelayanan, harga, influencer marketing, minat beli ulangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan influencer
marketing terhadap minat beli ulang pada Gen Z. Studi kasus dilakukan pada market place
Tokopedia di Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 100 orang dengan teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan SMART-PLS. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan influncer
marketing berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, sementara kualitas pelayanan tidak
berpengaruh terhadap minat beli ulang.
References
Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review
Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi.
Jurnal
Manajemen
Pendidikan
https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876
Dan
Ilmu
Sosial,
(1),
–313.
Adwimurti, Y. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian dengan
kualitas produk sebagai variabel moderasi. 3(1), 74–90.
Beli
Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap
Minat
Skincare
Pada
Tiktok
https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243
Shop.
Kinerja,
(01),
–61.
Anggraini, F., Ahmadi, M. A., & Surakarta, U. M. (2025). Pengaruh Influencer Marketing
terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Kalangan Generasi Z: Literature
Review. 3.
Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. NUSANTARA:
Ilmu
Pengetahuan
Sosial,
tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
(5),
–1379.
Arikunto, & Suharmi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Acta Universitatis
Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9), 1689–1699
Jurnal
As-syahri, H. (2024). Peranan Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital 5.0.
Socius:
Penelitian
Ilmu-Ilmu
Sosial,
https://ojs.daarulhuda.or.id/index.php/Socius/article/view/676
(July),
–362.
Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). Kualitas 2. Jurnal Ilmu Sosial
(JISOS), 1(2), 85–104. http://bajangjournal.com/index.php/JISOS
Bakti, U., Hairudin, & Alies, M. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan
Harga Terhadap Minat Beli. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and
Development, 1(10), 809–815. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i10.135
Batu Bara, Ummmi Syamsu Nur, Nasution, P. Ade, & Prayoga, Y. (2021). Pengaruh
Citraperusahaan, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang
Tabung Gas LPG 12 KG pada PT. Jalahan Arta Primarantauprapat. Penambahan Natrium
Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya
Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 1(1), 82–92.
Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan,
Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233.
https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531
Hapsari, B. C., & Astuti, S. R. T. (2022). Pengaruh Keragaman Produk dan Promosi Penjualan
Terhadap Minat Beli Ulang di Toko Online Lazada dengan Kepuasan Konsumen Sebagai
Variabel
Intervening.
Diponegoro Journal of Management, 11(2), 1–15.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index
Kirana, A. S., Damayanti, A., Tumanggor, N. N., & Purnamasari, P. (2025). Pengaruh
Kredibilitas Influencer, Kualitas Konten, dan Interaksi Sosial terhadap Keputusan
Pembelian di E-Commerce TikTok. 2(2), 1–9.
Lengkawati, Ari Sukma, & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap
Keputusan Pembelian (studi pada ELZATTA HIJAB GARUT). Jurnal Stieyasaanggana,
(1), 33–38.
Lestari, N. I., & Iswati, H. (2021). The Effect Of SMEs Product Quality And Social Media On
Repurchase Interest With Customer Satisfaction As An Intervening Variable. Kurs:
Jurnal
Akuntansi,
Kewirausahaan
Dan
Bisnis,
(1),
–40.
http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476
https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326
Muhtaroms, A., Syairozi, M. I., & Rismayati, R. D. (2022). Analisis Citra Merek, Harga,
Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli.
Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 36–47. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/
JM/article/view/749
Mulyana, S. R. I. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru. 42.
Nursyifa, A., & Khasanah, I. (2024). Analisis Persepsi Kegunaan, Kepuasan Pelanggan, Persepsi
Nilai, Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening
(Studi Empiris Pada Pelanggan Tokopedia Kota Semarang). 13(2023), 1–11.
Permatasari, V. A., Haziroh, A. L., & Panjaitan, R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Produk
Scarlett Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Kampus Swasta Di Kota
Semarang). Economics and Digital Business Review, 5(1), 384–394.
Puspita, D. A., & Astuti, S. R. T. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Promosi Penjualan,
dan Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan
Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Tokopedia di Semarang).
Diponegoro Journal Of Management, 12(3), 1–12.
Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek
terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Influence of Prices, Product Quality and
Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. 08, 98–104.
Rizal Nur Qudus, M., & Sri Amelia, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan,
dan Harga Pada Minat Beli Ulang Konsumen Restoran Ayam Bang Dava. International
Journal
Administration
Business
https://doi.org/10.61242/ijabo.22.207
and
Organization,
(2),
–31.
Roisah, R., Khusnaini, K., & Maulyan, F. F. (2024). Pengaruh Direct Marketing Dan Influencer
Marketing Terhadap Minat Beli Pada Live Streaming Tiktok (Studi Kasus pada Viewers
Live Streaming TikTok Akun Jiniso di Kota Bandung). Jurnal Sains Manajemen, 6(1),
https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Siaputra, H. (2024). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga
Terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran XYZ Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan,
(1), 13–23. https://doi.org/10.9744/jmhp.10.1.13-23
Stores, P., Terhadap, A., Tamu, E., Beli, M., Di, U., Tj, M., & Surabaya, G. (2021). 24544
Article Text-38700-1-10-20220412. 7(2), 55–62. https://doi.org/10.9744/jmhot.7.2.55
Suryajaya, I., & Sienatra, K. B. (2021). Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Ditinjau
Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wear It. Performa, 5(3), 176–184.
https://doi.org/10.37715/jp.v5i3.1756
Wanda, E. S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang
Produk
Dunkin’Donuts
Di
DKI
Jakarta.
(2),
–126.
https://library.universitaspertamina.ac.id/xmlui/handle/123456789/11570
Yuliana, H., & Pratiwi, A. (2024). Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Survei pada Kopi Janji Jiwa Karanganyar).
Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 393–404.
of
Zaid, S. (2020). The Role of Familiarity in Increasing Repurchase Intentions in Online Shopping.
Journal
Economics, Business, & Accountancy Ventura, 23(1), 12–18.
https://doi.org/10.14414/jebav.v23i1.2132
Zebua, L. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Toko
Imelda Ponsel Telukdalam. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan (Vol. 5, Issue 1).