Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi
Keywords:
kualitas produk, promosi, citra merek, minat beli ulang, SmartPLSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap
minat beli ulang dengan citra merek sebagai variabel mediasi pada konsumen AQUA di Kota
Padang. Populasi penelitian adalah konsumen AQUA di Kota Padang, dengan sampel sebanyak
100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan
melalui kuesioner skala Likert lima poin dan dianalisis dengan Structural Equation Modeling
berbasis Partial Least Square (SmartPLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan minat beli ulang. Promosi tidak
berpengaruh langsung terhadap minat beli ulang, tetapi berpengaruh signifikan terhadap citra
merek. Selanjutnya, citra merek berpengaruh positif terhadap minat beli ulang serta memediasi
pengaruh promosi terhadap minat beli ulang, namun tidak memediasi pengaruh kualitas produk.
Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas produk dan promosi yang tepat untuk
memperkuat citra merek dan mendorong minat beli ulang konsumen.