Pengaruh Celebrity Endorsement, Eletronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Generasi Z (Studi Kasus Pada Skincare Glad2glow di Kota Padang)
Keywords:
Minat beli, celebrity endorsement, electronic word of mouth, dan brand imageAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh celebrity endorsement, electronic word
of mouth, dan brand image terhadap minat beli konsumen. Studi empiris ini dilakukan untuk
menganalisis hubungan celebrity endorsement, electronic word of mouth, dan brand image
terhadap minat beli konsumen pada skincare Glad2glow di Kota Padang. Penelitian ini
menggunakan teknik kuantitatif untuk menguji tujuh hipotesis melalui survei yang
menggunakan skala likert. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive
sampling. Data diperoleh dari 80 responden yang memiliki minat membeli skincare
Glad2glow di Kota Padang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SMART-PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement, electornic word of mouth, dan
brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli skincare Glad2glow di
Kota Padang.
References
Afkarina, I., Rachma, N., & Ramadhan, T. S. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Quality
Product Dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk
Glad2Glow (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen FEB Universitas Islam
Malang 2020). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 2335-2342.
Awalya, S. S., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas
Produk Terhadap Minat Beli Produk Sunscreen “Merek Azarine”(pada generasi Z
Bekasi). Jurnal Economina, 2(10), 2704-2721.
Habib, M., Setianingsih, R., & Hardilawati, W. L. (2024). Pengaruh E-Wom, Brand Image
Dan Harga Terhadap Minat Beli Sepatu Sneakers Compass Di Pekanbaru (Studi
Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau). Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Merdeka Emba, 3(1), 140-153.
Page | 9
JURNAL .............
ISSN: xxxx -xxxx (media online)
Inahasari, ED, & Handayani, WPP (2024). Elektronik Dari Mulut Dan Niat Pembelian: Peran
Mediasi Brand Image. Motivasi , 9 (2), 98-107.
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan
Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger:(Survey Persepsi Komunitas
Pecinta Alam di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.
Italia, & Islamuddin. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap
Minat Beli Handphone Merek Nokia. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan
Bisnis1JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 2(1), 1–13.
Larasati, I., & Rivaâ, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian
Pada Geprek Bensu Cabang Pekanbaru. VALUTA, 8(1), 36-52.
Layly, E. A. Y. N., & Rafida, V. (2023). Pengaruh Iklan Online Dan Electronic Word of
Mouth (Ewom) Terhadap Minat Pembelian Tas Di Déliwafa Store Dengan Harga
Sebagai Variabel Moderasi Pada Aplikasi Tiktok (Generasi Z Di Kota Surabaya).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 11(2), 269–276.
Lestari, F. S., & Lu, C. (2025). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk
Skincare. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen, 3(02), 49-65.
Maulida, S. R., & Yuana, P. (2024). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan Online
Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran
Dan Perilaku Konsumen, 3(2), 300–311. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.2.04
Meilani, S., & Yulianti, E. (2024). Kata Kunci: Celebrity Endorsement, Electronic Word Of
Mouth, Minat Beli. 6(september 2022), 1392–1400.
Mulyati, H. P., & Sudrajat, A. (2024). Efektifitas Model Aida Sebagai Strategi Pemasaran
Dan E-Wom Untuk Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Era Digital:(Studi Kasus
Pada
Produk
Hanasui). Jurnal
Akuntansi), 13(4), 873-880.
Maneksi
(Management Ekonomi Dan
Munaf, A., Talitha, Syahada, Khofifah, A. N., Chairunnisa, D. A., Putri, A. O., Sagita, O. A.,
Nabila, A., Ciceria, B. S., Hasanah, S. H., Angelita, V. N., Pendidikan, P., Kecantikan,
T., & Semarang, U. N. (2025). Pengaruh Review Customer terhadap Keputusan
Pembelian Produk Kosmetik. 4(1), 74–83.
Muninggar, D. A., & Rahmadini, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM)
Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar
Lampung). Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1).
Naujoks, A., & Benkenstein, M. (2020). Siapa yang ada di balik pesan tersebut? Kekuatan
ulasan pakar pada platform eWOM. Penelitian dan Aplikasi Perdagangan
Elektronik , 44 , 101015.
Ningsih, H., Jubaedah, I., Nurfadilah, A. H., Adzra Wardana, A., & Kustina, L. (2024).
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli ( Studi pada Pengguna Tiktok Shop di
Kabupaten Bekasi ). Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran, 2(1), 10–20.
Oktaviani, AR, Salim, MA, & Millaningtyas, R. (2025). Analisis Pengaruh Perspektif Brand
Ambassador, Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Dan Citra Merek Terhadap Minat
Beli Konsumen Pada Sunscreen Azarine (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam
Malang 2021). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen , 14 (01), 1043-1051.
Page | 10
JURNAL .............
ISSN: xxxx -xxxx (media online)
Pramesti, C. W., & Setyawan, A. A. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan E
Wom Terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Bina Bangsa
Ekonomika, 17(1), 714-724.
Prayoga, K., Mukhsin, A., Yulius, Y., Manajemen, P. S., & I, F. E. B. U. P. I. Y. A. (2024).
Strategi Promosi Untuk Mendorong Minat Beli Konsumen. 7(3), 259–265.
Prihartini, D., & Damastuti, R. (2022). Pengaruh e-WOM terhadap Minat Beli Skincare
Lokal pada Followers Twitter@ ohmybeautybank. Calathu: Jurnal Ilmu
Komunikasi, 4(1), 56-67.
Purba, N. R., & Saputra, A. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement, Citra Merek Dan Daya
Tarik Terhadap Minat Beli Brand Erigo Di Kalangan Mahasiswa Kota Batam. YUME:
Journal of Management, 7(3), 1576-1587.
Qurratun'Ayun, Y., Karyadi, H., & Handini, YD (2024). Pengaruh Brand Image dan Celebrity
Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skintific. Jurnal Ilmu Administrasi
Bisnis , 13 (3), 735-745.
Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity
Endorser Terhadap Purchase Intention E-Jurnal Manajemen, 8 (1).
Sari., N. P & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image
Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare Ms Glow (Studi Pada Konsumen MS Glow
di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 25–40.
https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i2.345
Solihat, S. R., & Sosianika, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di
Media Sosial terhadap Minat untuk Membeli Produk Kecantikan (Studi pada Raecca).
Prosiding 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 13(1), 947–954.
Subastian, D. V., Palupi, D. A. R., & Firsa, E. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan
celebrity endorser raffi ahmad terhadap minat beli produk skincare MS.
Glow. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 1-10.
Tarigan, A., & Gunawan, Y. (2024). Pengaruh Brand Image Dan E-Wom Terhadap Minat Beli
Skincare Somethinc Pada Shopee. Jurnal Manajemen: Usaha Kecil dan Menengah
(UKM) , 17 (2), 577-597.
Yawar, RB, & Ghafar, RU (2021). Pengaruh Dukungan Selebriti terhadap Niat Pembelian
Mediasi Ganda Citra Merek dan Nilai yang Dirasakan: Bukti dari Sektor
Telekomunikasi Pakistan. Jurnal Manajemen Internasional (IJM) , 12 (4), 570-582.
Zuhdi, M. A., Haryanti, I., & Purnama, I. (2025). Pengaruh Selebgram Endorse Electronic
Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Niasoo Women
Fashion. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 8(1), 16-26.