Pengaruh Celebrity Endorsement, Eletronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Generasi Z (Studi Kasus Pada Skincare Glad2glow di Kota Padang)

Authors

  • Friska Andila Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Keywords:

Minat beli, celebrity endorsement, electronic word of mouth, dan brand image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh celebrity endorsement, electronic word
of mouth, dan brand image terhadap minat beli konsumen. Studi empiris ini dilakukan untuk
menganalisis hubungan celebrity endorsement, electronic word of mouth, dan brand image
terhadap minat beli konsumen pada skincare Glad2glow di Kota Padang. Penelitian ini
menggunakan teknik kuantitatif untuk menguji tujuh hipotesis melalui survei yang
menggunakan skala likert. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive
sampling. Data diperoleh dari 80 responden yang memiliki minat membeli skincare
Glad2glow di Kota Padang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SMART-PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement, electornic word of mouth, dan
brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli skincare Glad2glow di
Kota Padang.

References

Afkarina, I., Rachma, N., & Ramadhan, T. S. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Quality

Product Dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk

Glad2Glow (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen FEB Universitas Islam

Malang 2020). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 2335-2342.

Awalya, S. S., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas

Produk Terhadap Minat Beli Produk Sunscreen “Merek Azarine”(pada generasi Z

Bekasi). Jurnal Economina, 2(10), 2704-2721.

Habib, M., Setianingsih, R., & Hardilawati, W. L. (2024). Pengaruh E-Wom, Brand Image

Dan Harga Terhadap Minat Beli Sepatu Sneakers Compass Di Pekanbaru (Studi

Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau). Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Merdeka Emba, 3(1), 140-153.

Page | 9

JURNAL .............

ISSN: xxxx -xxxx (media online)

Inahasari, ED, & Handayani, WPP (2024). Elektronik Dari Mulut Dan Niat Pembelian: Peran

Mediasi Brand Image. Motivasi , 9 (2), 98-107.

Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan

Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger:(Survey Persepsi Komunitas

Pecinta Alam di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.

Italia, & Islamuddin. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap

Minat Beli Handphone Merek Nokia. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan

Bisnis1JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 2(1), 1–13.

Larasati, I., & Rivaâ, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian

Pada Geprek Bensu Cabang Pekanbaru. VALUTA, 8(1), 36-52.

Layly, E. A. Y. N., & Rafida, V. (2023). Pengaruh Iklan Online Dan Electronic Word of

Mouth (Ewom) Terhadap Minat Pembelian Tas Di Déliwafa Store Dengan Harga

Sebagai Variabel Moderasi Pada Aplikasi Tiktok (Generasi Z Di Kota Surabaya).

Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 11(2), 269–276.

Lestari, F. S., & Lu, C. (2025). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk

Skincare. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen, 3(02), 49-65.

Maulida, S. R., & Yuana, P. (2024). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan Online

Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran

Dan Perilaku Konsumen, 3(2), 300–311. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.2.04

Meilani, S., & Yulianti, E. (2024). Kata Kunci: Celebrity Endorsement, Electronic Word Of

Mouth, Minat Beli. 6(september 2022), 1392–1400.

Mulyati, H. P., & Sudrajat, A. (2024). Efektifitas Model Aida Sebagai Strategi Pemasaran

Dan E-Wom Untuk Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Era Digital:(Studi Kasus

Pada

Produk

Hanasui). Jurnal

Akuntansi), 13(4), 873-880.

Maneksi

(Management Ekonomi Dan

Munaf, A., Talitha, Syahada, Khofifah, A. N., Chairunnisa, D. A., Putri, A. O., Sagita, O. A.,

Nabila, A., Ciceria, B. S., Hasanah, S. H., Angelita, V. N., Pendidikan, P., Kecantikan,

T., & Semarang, U. N. (2025). Pengaruh Review Customer terhadap Keputusan

Pembelian Produk Kosmetik. 4(1), 74–83.

Muninggar, D. A., & Rahmadini, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM)

Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar

Lampung). Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1).

Naujoks, A., & Benkenstein, M. (2020). Siapa yang ada di balik pesan tersebut? Kekuatan

ulasan pakar pada platform eWOM. Penelitian dan Aplikasi Perdagangan

Elektronik , 44 , 101015.

Ningsih, H., Jubaedah, I., Nurfadilah, A. H., Adzra Wardana, A., & Kustina, L. (2024).

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli ( Studi pada Pengguna Tiktok Shop di

Kabupaten Bekasi ). Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran, 2(1), 10–20.

https://lenteranusa.id/

Oktaviani, AR, Salim, MA, & Millaningtyas, R. (2025). Analisis Pengaruh Perspektif Brand

Ambassador, Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Dan Citra Merek Terhadap Minat

Beli Konsumen Pada Sunscreen Azarine (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam

Malang 2021). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen , 14 (01), 1043-1051.

Page | 10

JURNAL .............

ISSN: xxxx -xxxx (media online)

Pramesti, C. W., & Setyawan, A. A. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan E

Wom Terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Bina Bangsa

Ekonomika, 17(1), 714-724.

Prayoga, K., Mukhsin, A., Yulius, Y., Manajemen, P. S., & I, F. E. B. U. P. I. Y. A. (2024).

Strategi Promosi Untuk Mendorong Minat Beli Konsumen. 7(3), 259–265.

Prihartini, D., & Damastuti, R. (2022). Pengaruh e-WOM terhadap Minat Beli Skincare

Lokal pada Followers Twitter@ ohmybeautybank. Calathu: Jurnal Ilmu

Komunikasi, 4(1), 56-67.

Purba, N. R., & Saputra, A. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement, Citra Merek Dan Daya

Tarik Terhadap Minat Beli Brand Erigo Di Kalangan Mahasiswa Kota Batam. YUME:

Journal of Management, 7(3), 1576-1587.

Qurratun'Ayun, Y., Karyadi, H., & Handini, YD (2024). Pengaruh Brand Image dan Celebrity

Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skintific. Jurnal Ilmu Administrasi

Bisnis , 13 (3), 735-745.

Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity

Endorser Terhadap Purchase Intention E-Jurnal Manajemen, 8 (1).

Sari., N. P & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image

Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare Ms Glow (Studi Pada Konsumen MS Glow

di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 25–40.

https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i2.345

Solihat, S. R., & Sosianika, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di

Media Sosial terhadap Minat untuk Membeli Produk Kecantikan (Studi pada Raecca).

Prosiding 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 13(1), 947–954.

Subastian, D. V., Palupi, D. A. R., & Firsa, E. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan

celebrity endorser raffi ahmad terhadap minat beli produk skincare MS.

Glow. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 1-10.

Tarigan, A., & Gunawan, Y. (2024). Pengaruh Brand Image Dan E-Wom Terhadap Minat Beli

Skincare Somethinc Pada Shopee. Jurnal Manajemen: Usaha Kecil dan Menengah

(UKM) , 17 (2), 577-597.

Yawar, RB, & Ghafar, RU (2021). Pengaruh Dukungan Selebriti terhadap Niat Pembelian

Mediasi Ganda Citra Merek dan Nilai yang Dirasakan: Bukti dari Sektor

Telekomunikasi Pakistan. Jurnal Manajemen Internasional (IJM) , 12 (4), 570-582.

Zuhdi, M. A., Haryanti, I., & Purnama, I. (2025). Pengaruh Selebgram Endorse Electronic

Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Niasoo Women

Fashion. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 8(1), 16-26.

Downloads

Published

2025-09-19