PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada Rental Mobil Pak Edo Di Kota Padang)
Keywords:
Experiental Marketing, Harga, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh experiental marketing dan harga terhadap 
loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel Mediasi. Penelitian ini 
menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 
adalah seluruh pelanggan rental mobil Pak Edo di Kota Padangyang berjumlah 78. Teknik 
penarikan sampel yaitu dengan menggunkan teknik sampling jenuh atau teknik sensus, 
dimana semua populasi dijadikan sampel karena ukuran sampel relative kecil atau sedikit. 
Sehingga diperoleh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden. Analisa data 
menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa experiental marketing 
tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan harga terbukti 
berpengaruh langsung dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, experiental 
marketing juga berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun 
harga tidak memberikan pengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya, 
ditemukan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap loyalitas 
pelanggan, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan mampu memediasi 
hubungan antara experiental marketing dan loyalitas pelanggan. Akan tetapi, kepuasan 
pelanggan tidak memediasi hubungan antara harga dan loyalitas pelanggan