Pengaruh digital marketing dan E-WOM terhadap minat beli dengan brand image sebagai mediasi pada hijab buttonscraves marketplace shopee di kota Padang

Authors

  • Afifah Windi Windi Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

Keywords:

digital marketing, electronic word of mouth (E-WOM), minat beli, brand image,

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh digital marketing dan electronic word of
mouth (E-WOM) terhadap minat beli konsumen, dengan brand image sebagai variabel
mediasi pada produk hijab Buttonscarves di marketplace Shopee kota Padang. Metode
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan purposive sampling terhadap 103
responden, serta analisis data melalui Structural Equation Modelling (SEM) dengan
SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat beli, begitu juga E-WOM yang berpengaruh positif terhadap minat
beli. Selain itu, E-WOM berpengaruh signifikan terhadap brand image. Namun, digital
marketing tidak berpengaruh terhadap brand image kemudian brand image tidak
memengaruhi minat beli. Uji mediasi membuktikan bahwa brand image tidak memediasi
hubungan digital marketing maupun E-WOM dengan minat beli. Temuan ini menegaskan
pentingnya optimalisasi strategi digital marketing dan pengelolaan E-WOM untuk
meningkatkan minat beli konsumen.

Downloads

Published

2025-09-19