Pengaruh digital marketing dan E-WOM terhadap minat beli dengan brand image sebagai mediasi pada hijab buttonscraves marketplace shopee di kota Padang
Keywords:
digital marketing, electronic word of mouth (E-WOM), minat beli, brand image,Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh digital marketing dan electronic word of 
mouth (E-WOM) terhadap minat beli konsumen, dengan brand image sebagai variabel 
mediasi pada produk hijab Buttonscarves di marketplace Shopee kota Padang. Metode 
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan purposive sampling terhadap 103 
responden, serta analisis data melalui Structural Equation Modelling (SEM) dengan 
SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan 
signifikan terhadap minat beli, begitu juga E-WOM yang berpengaruh positif terhadap minat 
beli. Selain itu, E-WOM berpengaruh signifikan terhadap brand image. Namun, digital 
marketing tidak berpengaruh terhadap brand image kemudian brand image tidak 
memengaruhi minat beli. Uji mediasi membuktikan bahwa brand image tidak memediasi 
hubungan digital marketing maupun E-WOM dengan minat beli. Temuan ini menegaskan 
pentingnya optimalisasi strategi digital marketing dan pengelolaan E-WOM untuk 
meningkatkan minat beli konsumen.