Pengaruh Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan, dan Brand Love Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Produk Skincare Kahf di Platform E-commerce Shopee)
Keywords:
kepercayaan merek, kepuasan pelanggan, brand love, niat beli ulangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan merek, kepuasan
pelanggan, dan brand love terhadap niat beli ulang produk skincare Kahf di platform E-
commerce Shopee. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya persaingan
industri skincare pria di Indonesia sehingga perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang
memengaruhi perilaku pembelian ulang konsumen. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 80 responden dengan teknik
purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap niat beli ulang, kepuasan pelanggan berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap niat beli ulang, sedangkan brand love terbukti
berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Temuan ini menegaskan bahwa
ikatan emosional konsumen dengan merek memiliki peran lebih kuat dalam mendorong niat
beli ulang dibandingkan faktor kepercayaan dan kepuasan semata. Penelitian ini memberikan
implikasi manajerial bagi perusahaan untuk memperkuat strategi pemasaran berbasis emosi,
menciptakan pengalaman merek yang berkesan, serta membangun kedekatan konsumen
dengan merek Kahf guna meningkatkan loyalitas.
References
Albert, N., Merunka, D., & Valette-Florence, P. (2008). When consumers love their brands:
Exploring the concept and its dimensions. Journal of Business Research, 61(10),
-1075.
Ambarwati, R., Harja, Y. D., & Thamrin, S. (2020). The role of facilitating conditions and
user habits: a case of Indonesian online learning platform. The Journal of Asian
Finance, Economics and Business, 7(10), 481-489.
Ardhanari, M. (2012). Customer satisfaction pengaruhnya terhadap brand preference dan
repurchase intention private brand. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 58-69.
JURNAL.......................................
ISSN: xxxx-xxxx (Media Online)
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta:
Rineka Cipta.
Batra, R., Ahuvia, A., & Bagozzi, R. P. (2012). Brand Love. Journal of Marketing, 76(2), 1–
https://doi.org/10.1509/jm.09.0339
Bryan, N. M., Keni, K., Negara, E. S., & Dharmawan, P. (2023). Pengaruh brand competence,
brand trust, brand experience, dan e-wom terhadap brand loyalty dompet
digital. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 17-29.
Carroll, B. A., & Ahuvia, A. C. (2006). Some antecedents and outcomes of brand love.
Marketing
Letters,
(2),
–89. https://doi.org/10.1007/s11002-006-4219-2
Chaudhuri, A., & Ligas, M. (2009). Consequences of value in retail markets. Journal of
retailing, 85(3), 406-419.
Delgado-Ballester, E., & Munuera-Aleman, J. L. (2001). Brand trust in the context of
consumer loyalty. European Journal of Marketing, 35(11/12), 1238–1258.
Dewi, S. N. S., & Kussudyarsana. (2024). Pengaruh brand love, brand engagement, dan brand
equity terhadap repurchase intention: Studi pada pengguna smartphone Samsung di
Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 2884–2896.
https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.1786
Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in online shopping: An
integrated model. MIS quarterly, 27(1), 51-90.
Giovandhi, L., & Adlina, H. (2024). Pengaruh Product Quality Dan Brand Love Terhadap
Repurchase Intention Pada Brand Apple. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(23),
-386.
Habibillah, M. W. (2018). Pengaruh CRM terhadap Kepercayaan Konsumen Serta
Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Survey pada Petani Desa Donowarih,
Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Cakrawala, 12 (1), 25-39.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least
Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE Publications.
Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer repurchase
intention:
A general structural equation model. European journal of
marketing, 37(11/12), 1762-1800.
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant
validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of
Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8
Hunt, S. D., & Morgan, R. M. (1994). Relationship marketing in the era of network
competition. Marketing management, 3(1), 18.
Jahanshahi, A. A., Gashti, M. A. H., Mirdamadi, S. A., Nawaser, K., & Khaksar, S. M. S.
(2011). Study the effects of customer service and product quality on customer
satisfaction and loyalty. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7),
–260.
Kadarusman, K., Maria, E., & Deccasari, D. D. (2019). Cinta Merek Sebagai Mediasi Antara
Kepercayaan Merek, Gairah Merek Dan Niat Beli Kembali. Jurnal Ilmiah Manajemen
Dan Bisnis, 20(2), 92-105.
Kotler, P., Keller, K. L., Cunningham, P. H., & Sivaramakrishnan, S. (2017). Marketing
management. Pearson Education.
McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). The impact of initial consumer trust
on intentions to transact with a web site: A trust building model. The Journal of
Strategic Information Systems, 11(3–4), 297–323.
Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing.
JURNAL.......................................
ISSN: xxxx-xxxx (Media Online)
Journal of Marketing, 58(3), 20–38.
Mukti, A. F. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas
Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu
Manajemen, 3(4), 245–259.
Mulia, N. T., & Adlina, H. (2024). The Effect Of Perceived Trust and Perceived Enjoyment
on Repurchase: (Study on Tokopedia Users in Medan City). Journal Of Humanities,
Social Sciences and Business , 3(2), 295-305
Nisa, K., Fadillah, M., & Haryanto, A. T. (2022). The impact of brand trust, perceived quality,
and customer satisfaction on repurchase intention: Evidence from organic tea products.
Sustainability, 14(5), 2862. https://doi.org/10.3390/su14052862
Nugroho, M. F., Irawati, Z., Kunci, K., & Merek, K. (2023). Manajemen dan Bisnis Pengaruh
Kepercayaan Merek Word Of Mouth Ekuitas Merek Dan Citra Merek Terhadap Niat
Beli Ulang. Jurnal Manajemen dan Bisnis 5(2), 78–91.
Nurhayati, L., & Wahyu, A. (2018). Perilaku konsumen dalam pembelian ulang produk
kosmetik. Andalas University Press.
Oliver, R. L. (1999). Whence consumer loyalty? Journal of Marketing, 63(Special Issue), 33–
https://doi.org/10.1177/00222429990634s105
Pather, S. (2017). The role of e-commerce in enhancing customer convenience and
satisfaction. Journal of Digital Commerce, 12(1), 45–59.
Ratri, S. F. C., & Hidayat, A. (2021). Anteseden Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli
Ulang. Telaah Bisnis, 21(1), 31. https://doi.org/10.35917/tb.v21i1.187
Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui
Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di
Pati. Diponegoro Journal of Management, 5(4), 28-39.
Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2020). The influence of customer satisfaction on
repurchase intention in online fashion shopping. Journal of Business and Retail
Management Research, 14(3), 72–83. https://doi.org/10.24052/jbrmr/v14is03/art-06
Saputra, S., & Zai, K. Y. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Beli Kembali,
pada pengguna E-commerce di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management &
Business, 5(2), 129–140. https://www.journal.stieamkop.ac.id /index.php/seiko/article/
view/2144
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2015). Consumer behavior (11th ed.). Pearson Education.
Setyawan, T. B., & Setiawan, M. B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan
Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Niat Beli Ulang
(Studi Pada Konsumen Sepatu converse Di Kota Semarang). Management Studies and
Entrepreneurship Journal, 4(5), 5351–5360.
Sutanto, W. D. R., & Kussudyarsana, K. (2024). The Role of Brand Trust, Brand Image,
Brand Equity on Repurchase Intention. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(1),
–128. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i1.2395
Utami, R. M., & Prabowo, H. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas dan
Niat Beli Ulang Konsumen pada Produk Skincare. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1),
–121.
Zhang, Y., Zhou, Y., & Wang, H. (2025). The role of perceived quality and customer
satisfaction in mediating the effect of brand trust on repurchase intention. BMC Health
Services Research, 25(1), 269. https://doi.org/10.1186/s12913-025-12269-9