Pengaruh Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan, dan Brand Love Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Produk Skincare Kahf di Platform E-commerce Shopee)

Authors

  • Dimas Maulana Putra Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

kepercayaan merek, kepuasan pelanggan, brand love, niat beli ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan merek, kepuasan
pelanggan, dan brand love terhadap niat beli ulang produk skincare Kahf di platform E-
commerce Shopee. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya persaingan
industri skincare pria di Indonesia sehingga perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang
memengaruhi perilaku pembelian ulang konsumen. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 80 responden dengan teknik
purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap niat beli ulang, kepuasan pelanggan berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap niat beli ulang, sedangkan brand love terbukti
berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Temuan ini menegaskan bahwa
ikatan emosional konsumen dengan merek memiliki peran lebih kuat dalam mendorong niat
beli ulang dibandingkan faktor kepercayaan dan kepuasan semata. Penelitian ini memberikan
implikasi manajerial bagi perusahaan untuk memperkuat strategi pemasaran berbasis emosi,
menciptakan pengalaman merek yang berkesan, serta membangun kedekatan konsumen
dengan merek Kahf guna meningkatkan loyalitas.

References

Albert, N., Merunka, D., & Valette-Florence, P. (2008). When consumers love their brands:

Exploring the concept and its dimensions. Journal of Business Research, 61(10),

-1075.

Ambarwati, R., Harja, Y. D., & Thamrin, S. (2020). The role of facilitating conditions and

user habits: a case of Indonesian online learning platform. The Journal of Asian

Finance, Economics and Business, 7(10), 481-489.

Ardhanari, M. (2012). Customer satisfaction pengaruhnya terhadap brand preference dan

repurchase intention private brand. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 58-69.

JURNAL.......................................

ISSN: xxxx-xxxx (Media Online)

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Jakarta:

Rineka Cipta.

Batra, R., Ahuvia, A., & Bagozzi, R. P. (2012). Brand Love. Journal of Marketing, 76(2), 1–

https://doi.org/10.1509/jm.09.0339

Bryan, N. M., Keni, K., Negara, E. S., & Dharmawan, P. (2023). Pengaruh brand competence,

brand trust, brand experience, dan e-wom terhadap brand loyalty dompet

digital. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 17-29.

Carroll, B. A., & Ahuvia, A. C. (2006). Some antecedents and outcomes of brand love.

Marketing

Letters,

(2),

–89. https://doi.org/10.1007/s11002-006-4219-2

Chaudhuri, A., & Ligas, M. (2009). Consequences of value in retail markets. Journal of

retailing, 85(3), 406-419.

Delgado-Ballester, E., & Munuera-Aleman, J. L. (2001). Brand trust in the context of

consumer loyalty. European Journal of Marketing, 35(11/12), 1238–1258.

Dewi, S. N. S., & Kussudyarsana. (2024). Pengaruh brand love, brand engagement, dan brand

equity terhadap repurchase intention: Studi pada pengguna smartphone Samsung di

Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 2884–2896.

https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.1786

Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in online shopping: An

integrated model. MIS quarterly, 27(1), 51-90.

Giovandhi, L., & Adlina, H. (2024). Pengaruh Product Quality Dan Brand Love Terhadap

Repurchase Intention Pada Brand Apple. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(23),

-386.

Habibillah, M. W. (2018). Pengaruh CRM terhadap Kepercayaan Konsumen Serta

Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Survey pada Petani Desa Donowarih,

Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Cakrawala, 12 (1), 25-39.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least

Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). SAGE Publications.

Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J. A. (2003). Customer repurchase

intention:

A general structural equation model. European journal of

marketing, 37(11/12), 1762-1800.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant

validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of

Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Hunt, S. D., & Morgan, R. M. (1994). Relationship marketing in the era of network

competition. Marketing management, 3(1), 18.

Jahanshahi, A. A., Gashti, M. A. H., Mirdamadi, S. A., Nawaser, K., & Khaksar, S. M. S.

(2011). Study the effects of customer service and product quality on customer

satisfaction and loyalty. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7),

–260.

Kadarusman, K., Maria, E., & Deccasari, D. D. (2019). Cinta Merek Sebagai Mediasi Antara

Kepercayaan Merek, Gairah Merek Dan Niat Beli Kembali. Jurnal Ilmiah Manajemen

Dan Bisnis, 20(2), 92-105.

Kotler, P., Keller, K. L., Cunningham, P. H., & Sivaramakrishnan, S. (2017). Marketing

management. Pearson Education.

McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). The impact of initial consumer trust

on intentions to transact with a web site: A trust building model. The Journal of

Strategic Information Systems, 11(3–4), 297–323.

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing.

JURNAL.......................................

ISSN: xxxx-xxxx (Media Online)

Journal of Marketing, 58(3), 20–38.

Mukti, A. F. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas

Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu

Manajemen, 3(4), 245–259.

Mulia, N. T., & Adlina, H. (2024). The Effect Of Perceived Trust and Perceived Enjoyment

on Repurchase: (Study on Tokopedia Users in Medan City). Journal Of Humanities,

Social Sciences and Business , 3(2), 295-305

Nisa, K., Fadillah, M., & Haryanto, A. T. (2022). The impact of brand trust, perceived quality,

and customer satisfaction on repurchase intention: Evidence from organic tea products.

Sustainability, 14(5), 2862. https://doi.org/10.3390/su14052862

Nugroho, M. F., Irawati, Z., Kunci, K., & Merek, K. (2023). Manajemen dan Bisnis Pengaruh

Kepercayaan Merek Word Of Mouth Ekuitas Merek Dan Citra Merek Terhadap Niat

Beli Ulang. Jurnal Manajemen dan Bisnis 5(2), 78–91.

Nurhayati, L., & Wahyu, A. (2018). Perilaku konsumen dalam pembelian ulang produk

kosmetik. Andalas University Press.

Oliver, R. L. (1999). Whence consumer loyalty? Journal of Marketing, 63(Special Issue), 33–

https://doi.org/10.1177/00222429990634s105

Pather, S. (2017). The role of e-commerce in enhancing customer convenience and

satisfaction. Journal of Digital Commerce, 12(1), 45–59.

Ratri, S. F. C., & Hidayat, A. (2021). Anteseden Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli

Ulang. Telaah Bisnis, 21(1), 31. https://doi.org/10.35917/tb.v21i1.187

Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui

Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di

Pati. Diponegoro Journal of Management, 5(4), 28-39.

Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2020). The influence of customer satisfaction on

repurchase intention in online fashion shopping. Journal of Business and Retail

Management Research, 14(3), 72–83. https://doi.org/10.24052/jbrmr/v14is03/art-06

Saputra, S., & Zai, K. Y. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Beli Kembali,

pada pengguna E-commerce di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management &

Business, 5(2), 129–140. https://www.journal.stieamkop.ac.id /index.php/seiko/article/

view/2144

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2015). Consumer behavior (11th ed.). Pearson Education.

Setyawan, T. B., & Setiawan, M. B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan

Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Niat Beli Ulang

(Studi Pada Konsumen Sepatu converse Di Kota Semarang). Management Studies and

Entrepreneurship Journal, 4(5), 5351–5360.

Sutanto, W. D. R., & Kussudyarsana, K. (2024). The Role of Brand Trust, Brand Image,

Brand Equity on Repurchase Intention. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(1),

–128. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i1.2395

Utami, R. M., & Prabowo, H. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas dan

Niat Beli Ulang Konsumen pada Produk Skincare. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1),

–121.

Zhang, Y., Zhou, Y., & Wang, H. (2025). The role of perceived quality and customer

satisfaction in mediating the effect of brand trust on repurchase intention. BMC Health

Services Research, 25(1), 269. https://doi.org/10.1186/s12913-025-12269-9

Downloads

Published

2025-09-19