Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, Manfaat Penggunaan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Penggunaan Shopee PayLater Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta
Keywords:
Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, Manfaat Penggunaan, Persepsi ResikoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi 
keuangan, kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan dan persepsi resiko terhadap minat 
penggunaan Shopee PayLater pada mahasiswa Universitas Bung Hatta. Variabel yang diteliti 
meliputi literasi keuangan (X1), kemudahan penggunaan (X2), manfaat penggunaan (X3) dan 
persepsi resiko (X4) sebagai variabel independen, serta minat penggunaan (Y) sebagai 
variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Bung Hatta 
Angkatan 2021-2024. Sampel yang diambil 114 orang responden dengan menggunakan 
metode Proportionate Startified Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah 
Smart PLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif 
terhadap minat penggunaan, kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat 
penggunaan, manfaat penggunaan berpengaruh positif terhadap minat penggunaan dan 
persepsi resiko tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan.