PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Pada Produk Pasta Gigi Merek Close Up Di Kota Padang)

Authors

  • Higis Felderova Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kepercayaan Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Niat Beli Ulang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kepercayaan merek dan kualitas produk
terhadap niat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada produk
pasta gigi Closeup di Kota Padang. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah beberapa
pengguna pasta gigi Closeup di Kota Padang. Metode pengumpulan sampel yang digunakan
adalah purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu
dengan jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran
kuesioner kepada pengguna pasta gigi Closeup di Kota Padang. Metode analisis data yang
digunakan adalah SMART-PLS. Hasil penelitian ini menunjukan masing masing variabel
kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap niat beli ulang, kualitas produk berpengaruh
positif terhadap niat beli ulang, kepercayaan merek berpengaruh postif terhadap kepuasan
pelanggan, kualitas produk berperngaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan
pelanggan berpengaruh positif terhadap niat beli ulang. Kepuasan palanggan mampu
memediasi pengaruh kepercayaan merek dengan niat beli ulang, kepuasan pelanggan tidak
mampu memediasi pengaruh kualitas produk dengan niat beli ulang.

Downloads

Published

2025-09-19