PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pembelian Laptop Asus di Kota Padang)
Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap
kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi pada konsumen laptop Asus di
Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian
berjumlah 80 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa
kuesioner terstruktur dengan skala Likert lima poin, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan
Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga
dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian maupun kepuasan
konsumen. Selain itu, keputusan pembelian terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen
serta berperan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara harga, kualitas produk, dan kepuasan
konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi penetapan harga yang kompetitif dan konsistensi
kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Peran keputusan pembelian sebagai variabel
mediasi juga menunjukkan bahwa kepuasan konsumen tidak hanya dipengaruhi secara langsung oleh harga
dan kualitas produk, tetapi juga melalui proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen.
Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis maupun praktis, khususnya dalam pengembangan strategi
pemasaran yang berfokus pada kesesuaian harga dengan nilai produk serta inovasi berkelanjutan dalam
kualitas produk guna mendorong loyalitas dan kepuasan konsumen dalam jangka panjang.