Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Mediasi (Studi Kasus: Produk Masker Wajah Merek Garnier di Kota Padang)
Keywords:
Promosi; Harga; Keputusan Pembelian; Kepercayaan KonsumenAbstract
pembelian pada masker wajah merek garnier di kota padang dengan kepercayaan konsumen
sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan
kuesioner. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu masyarakat yang menggunakan
masker wajah merek garnier di kota padang yang berjumlah sebanyak 100 responden. Teknik
pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling.
penelitian ini menggunakan metode uji validitas dan realibilitas, analisis deskriptif, uji asumsi
klasik, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan
software SPSS 27 dan SEM-PLS 3. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa promosi
tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian, promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepercayaan konsumen, kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, kepercayaan konsumen memediasi hubungan antara promosi terhadap
keputusan pembelian, kepercayaan konsumen memediasi hubungan antara harga terhadap
keputusan pembelian.
References
Arikunto, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Page | 11
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Arni, P. S., & Nuraini, D. (2022). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian
dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi pada pelanggan Skincare Ms Glow di
Surabaya. Journal Insight Management, 3(1), 22–30.
Damayanti, D., Wahyuningtyas, yunita fitri, Asteria, B., & Nugroho, muhammad awal satrio.
(2023). Keputusan Pembelian dalam Perilaku Konsumen. Yogyakarta:STIE Widya
Wiwaha.
Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap
Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific (Studi pada Mahasiswa UPN “Veteran”
Jawa
Timur).
J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 762.
https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1055
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis:
A Global Perspective (7th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing (18th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta:Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.
Nurlitasanti, F., & Yoestini. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi,
Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pengguna
Masker Wajah Mustika Ratu di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management,
(2), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Poltak, H., Sumarsih, Hastutik, S., Sartika, D., Hasan, M., Wardhana, A., Roslan, A. H., Putri,
N. L. I., Limgiani, Djampagau, H. D., Mulyana, S., & Gunaisah, E. (2020). Dasar-Dasar
Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi Pada Era Digital. Jawa Barat:CV. Media
Sains Indonesia.
Ramadhan, R. F., Alfitman, & Besra, E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan E-WOM
pada Keputusan Pembelian Konsumen pasca Pandemi Covid-19 dengan Kepercayaan
sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 879–884.
https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.597
Sefnedi. (2013). Analisis Service Marketing-Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan
Pemilihan Jasa Pendidikan Program Pascasarjana [Analysis of Marketing-Mix Impact on
Decision to Pursue Study in Postgraduate Program]. E-Journal Apresiasi Ekonomi, 1(3),
–76. http://stie-yappas.ac.id/e-jurnalapresiasiekonomi/jurnal/121fix.pdf
Sopiyan, P. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Hambatan Berpindah Terhadap Loyalitas
(Studi Pada Pelanggan Produk Skincare Garnier di Majalengka Kota). Entrepreneur:
Jurnal
Bisnis
Manajemen
Dan
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v2i1.899
Kewirausahaan,
(1),
–199.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Afabeta.
Warsito, C. (2021). Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami. Purwekerto:Stain
Press.
Zusrony, E. (2019). Perilaku Konsumen. Semarang:Yayasan Prima Agus Teknik.