PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP CITRA MEREK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada Mixue di Kota Padang)
Keywords:
Promosi, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, MixueAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap citra merek dengan 
kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada Mixue di Kota Padang. Pendekatan 
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kausal. Sampel penelitian 
berjumlah 80 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu konsumen yang 
pernah membeli produk Mixue. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert lima poin. 
Analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 3 melalui beberapa tahapan, yaitu 
measurement model assessment untuk menguji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, 
analisis R-square, serta structural model assessment untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan 
terhadap citra merek dan kepuasan pelanggan. Namun, kepuasan pelanggan tidak berpengaruh 
signifikan terhadap citra merek, sehingga tidak memediasi hubungan antara promosi maupun 
kualitas produk terhadap citra merek. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan 
praktis bagi Mixue dalam memperkuat citra merek melalui strategi promosi yang tepat dan 
peningkatan kualitas produk secara konsisten.
References
Abidin, F., Arifin, Z., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh service marketing mix (bauran
pemasaran jasa) terhadap citra merek Wardah. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),
Andre, M., & Saputra, R. (2022). Pengaruh strategi promosi terhadap brand image
Anggarawati, N. P. A., & Putra, A. (2024). Kualitas produk dan pengaruhnya terhadap
Aryani, R., Firmansyah, D., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh promosi terhadap
kepuasan konsumen pada industri kuliner. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Asean,
Budiono, A. (2020). Promosi dan kepuasan pelanggan pada jasa transportasi online.
Girsang, R., Hutagalung, P., & Nababan, T. (2024). Pengaruh promosi digital terhadap
kepuasan konsumen marketplace. Jurnal E-Business dan Digital Marketing, 8(1),
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A primer on partial least
squares structural equation modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks, CA: SAGE
Publications.
Hanafiah, N., & Prayoga, H. (2016). Peran promosi dalam meningkatkan citra merek
Hernikasari, I., & Ali, M. (2022). Pengaruh promosi online terhadap kepuasan
Khan, I., Ghauri, T. A., & Majeed, S. (2013). Impact of brand related attributes on
purchase intention of customers: A study about the customers of Punjab,
Page |
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(10), 194
Kurniawan, R., Sari, M., & Putri, D. (2022). Digital promotion and brand image of local
Latifah, A., & Vania, S. (2025). Pengaruh kualitas produk terhadap citra merek Jilbrave.
Lau, T. (2020). The role of promotion in building brand image in fast food products.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Oktora, A. (2010). Kualitas produk sebagai faktor fundamental dalam membangun
Putra, I. (2021). Kualitas produk dan brand image Starbucks: Studi pada konsumen di
Siahaan, R., & Sussanti, F. (2024). Kualitas produk dan pengaruhnya terhadap
kepuasan serta citra merek pada sepatu Ventela. Jurnal Riset Manajemen, 22(2),
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: Andi.
Utami, D., & Handrito, R. (2023). Pengaruh kualitas layanan makanan cepat saji
Wahjoedi, R. (2023). Kepuasan pelanggan dan citra merek produk lokal. Jurnal Ekonomi