PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP CITRA MEREK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI (Studi Kasus Pada Mixue di Kota Padang)

Authors

  • Dion Saputra Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Keywords:

Promosi, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Citra Merek, Mixue

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap citra merek dengan
kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada Mixue di Kota Padang. Pendekatan
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kausal. Sampel penelitian
berjumlah 80 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu konsumen yang
pernah membeli produk Mixue. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert lima poin.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 3 melalui beberapa tahapan, yaitu
measurement model assessment untuk menguji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif,
analisis R-square, serta structural model assessment untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan
terhadap citra merek dan kepuasan pelanggan. Namun, kepuasan pelanggan tidak berpengaruh
signifikan terhadap citra merek, sehingga tidak memediasi hubungan antara promosi maupun
kualitas produk terhadap citra merek. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan
praktis bagi Mixue dalam memperkuat citra merek melalui strategi promosi yang tepat dan
peningkatan kualitas produk secara konsisten.

References

Abidin, F., Arifin, Z., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh service marketing mix (bauran

pemasaran jasa) terhadap citra merek Wardah. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),

Andre, M., & Saputra, R. (2022). Pengaruh strategi promosi terhadap brand image

Anggarawati, N. P. A., & Putra, A. (2024). Kualitas produk dan pengaruhnya terhadap

Aryani, R., Firmansyah, D., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh promosi terhadap

kepuasan konsumen pada industri kuliner. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Asean,

Budiono, A. (2020). Promosi dan kepuasan pelanggan pada jasa transportasi online.

Girsang, R., Hutagalung, P., & Nababan, T. (2024). Pengaruh promosi digital terhadap

kepuasan konsumen marketplace. Jurnal E-Business dan Digital Marketing, 8(1),

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A primer on partial least

squares structural equation modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks, CA: SAGE

Publications.

Hanafiah, N., & Prayoga, H. (2016). Peran promosi dalam meningkatkan citra merek

Hernikasari, I., & Ali, M. (2022). Pengaruh promosi online terhadap kepuasan

Khan, I., Ghauri, T. A., & Majeed, S. (2013). Impact of brand related attributes on

purchase intention of customers: A study about the customers of Punjab,

Page |

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(10), 194

Kurniawan, R., Sari, M., & Putri, D. (2022). Digital promotion and brand image of local

Latifah, A., & Vania, S. (2025). Pengaruh kualitas produk terhadap citra merek Jilbrave.

Lau, T. (2020). The role of promotion in building brand image in fast food products.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Oktora, A. (2010). Kualitas produk sebagai faktor fundamental dalam membangun

Putra, I. (2021). Kualitas produk dan brand image Starbucks: Studi pada konsumen di

Siahaan, R., & Sussanti, F. (2024). Kualitas produk dan pengaruhnya terhadap

kepuasan serta citra merek pada sepatu Ventela. Jurnal Riset Manajemen, 22(2),

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: Andi.

Utami, D., & Handrito, R. (2023). Pengaruh kualitas layanan makanan cepat saji

Wahjoedi, R. (2023). Kepuasan pelanggan dan citra merek produk lokal. Jurnal Ekonomi

Downloads

Published

2025-09-22