Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, dan Ketersediaan Limit Kredit Terhadap Minat Menggunakan Fintech Payment (Paylater) di Shopee
Keywords:
literasi keuangan, kemudahan penggunaan, persepsi risiko, ketersediaan limit kredit, shopee paylaterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, kemudahan 
penggunaan, persepsi risiko, dan ketersediaan limit kredit terhadap minat menggunakan 
fintech payment (paylater) di shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis 
Universitas Bung Hatta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 
teknik pengumpulan data secara melalui penyebaran kuesioner kepada 130 responden yang 
dipilih dengan teknik stratified random sampling. Analisis data dilakukan dengan 
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan SmartPLS. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa literasi keuangan dan ketersediaan limit kredit berpengaruh positif dan 
signifikan terhadap minat menggunakan shopee paylater. Namun, kemudahan penggunaan 
dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan shopee paylater. Temuan 
ini menegaskan bahwa faktor literasi keuangan dan ketersediaan limit kredit lebih dominan 
dalam mempengaruhi minat mahasiswa untuk menggunakan shopee paylater dibandingkan 
kemudahan penggunaan maupun persepsi risiko.