Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, dan Ketersediaan Limit Kredit Terhadap Minat Menggunakan Fintech Payment (Paylater) di Shopee
Keywords:
literasi keuangan, kemudahan penggunaan, persepsi risiko, ketersediaan limit kredit, shopee paylaterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, kemudahan
penggunaan, persepsi risiko, dan ketersediaan limit kredit terhadap minat menggunakan
fintech payment (paylater) di shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Bung Hatta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data secara melalui penyebaran kuesioner kepada 130 responden yang
dipilih dengan teknik stratified random sampling. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan SmartPLS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa literasi keuangan dan ketersediaan limit kredit berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat menggunakan shopee paylater. Namun, kemudahan penggunaan
dan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan shopee paylater. Temuan
ini menegaskan bahwa faktor literasi keuangan dan ketersediaan limit kredit lebih dominan
dalam mempengaruhi minat mahasiswa untuk menggunakan shopee paylater dibandingkan
kemudahan penggunaan maupun persepsi risiko.