Pengaruh Green Product, Green Price, dan Green Promotion terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware di Kota Padang
Keywords:
Green Product, Green Price, Green Promotion, Minat Beli KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Green Product, Green Price, dan Green
Promotion Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware di Kota Padang . Latar
belakang penelitian ini didasarkan pada menurunnya minat beli pada produk Tupperware di
Kota Padang sehingga perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku
konsumen dalam minat untuk membeli produk Tupperware. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Modeling
(PLS-SEM). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden
dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Product
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, Green Price berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, sedangkan Green Promotion
terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen. Temuan ini
menegaskan bahwa Green Product dan Green Promotion memiliki peran lebih kuat dalam
meningkatkan minat beli konsumen dibandingkan Green Price.
References
Kotler dan Keller (2016). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention yang
Dimediasi Customer Trust Produk MS Glow. Journal of Business & Applied
Management, 15(2), 143. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3774
Sugiyono (2016). Consumer Purchase Intention. Journal of Secretary and Business Administration,
(1), 39. https://doi.org/10.31104/jsab.v3i1.90
Kotler (2016). Consumer Purchase Intention. Journal of Secretary and Business Administration, 3(1),
https://doi.org/10.31104/jsab.v3i1.90
Sri R.,Fauzi D. H. (2015). Pengaruh Green Product, Green Promotion dan Green Price Terhadap
keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee Malang (Studi Kasus Pada
Konsumen Starbucks Coffee Malang).
Lestari, E. R., Putri, H. K., Anindita, C., & Laksmiari, M. B. (2020). Pengaruh Green product
(Minuman ramah lingkugan), Green Advertising, dan Kepedulian Lingkungan Terhadap
Green Trust dan Implikasi Terhadap Minat beli. Jurnal Teknologi Pertanian, 21(1), 1
https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2020.021.01.1
Kotler & Arsmstrong (2016). The Influence of Green Marketing Mix on Purchase Intention: The
Mediation Role of Environmental Knowledge. International Journal of Scientific &
Engineering Research, 8(9), 1040. https://doi.org/10.14299/ijser.2017.09.006
Muli, C. M., Machmud, R., Abdussamad, Z. K., Pakaya, S. I., & Ismail, Y. L. (2024). Pengaruh Green
Product Dan Green Brand Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Produk
Tupperware Di Kota Gorontalo). JAMBURA, 6(3). https://www.topbrand-
Musfira, L., & Astuti, B. (2024). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention. Jurnal
Informatika Ekonomi Bisnis, 133–144. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i1.812
Setiagraha, D., Junianto, M., Muharramah, U., Bisnis, A., Sriwijaya, N., & Sriwijaya, P. N. (2023).
Pengaruh Green Marketing terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan
Pembelian di Minimarket Alfamart Kota Palembang. In Journal of Management,
Entrepreneur and Cooperative Dika Setiagraha Fakultas Ekonomi Universitas
Ssumatera Selatan (Vol. 2, Issue 2).
Sienatra, K. B., & Evani, E. S. (n.d.). Efek Green Marketing Mix Terhadap Minat Beli Produk Ramah
Lingkungan.
Sugiyono
(2010).
Menentukan
Populasi
https://www.researchgate.net/publication/373137498
dan
Sampling.
Anggrenita, E., & Sander, O. A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap
Purchase Intention Yang Dimediasi Customer Trust Produk Ms Glow. Journal
Of Business & Applied Management, 15(2), 143.
Https://Doi.Org/10.30813/Jbam.V15i2.3774
Anggry Tri Hernizar. (2020). Pengaruh Green Product Dan Green Brand Awareness
Terhadap Green Purchase Intention.
Arohman. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Untuk
Berbelanja Di Pasar Tradisional Sendang Agung Lampung Tengah Arohman 1)
, Kohar 2).
Ayu Putri Lestari, Titin Agustin Nengsih, & Neneng Sudharyati. (2023). Pengaruh Green
Product Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Kedas Beauty
Masyarakat Muslim Kota Jambi. Muqaddimah: Jurnal Ekonomi, Manajemen,
Akuntansi Dan Bisnis, 1(3), 45–60.
Https://Doi.Org/10.59246/Muqaddimah.V1i3.331
Azzahra Ariefta Quinola, & Sulhaini Sulhaini. (2024a). Pengaruh Green Trust, Green Price
Dan Green Brand Terhadap Minat Beli Produk Tas Merek Eiger Di Kota
Mataram. Muqaddimah: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis,
(3), 254–272. Https://Doi.Org/10.59246/Muqaddimah.V2i3.982
Chandra, F., & Tunjungsari, H. K. (N.D.). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Minat
Page | 10
JURNAL ...................................
ISSN: xxxx-xxxx (media online)
Beli Konsumen Pada Produk The Body Shop Di Jakarta Barat.
Dewi, W. W. A., Avicenna, F., & Meideline, M. M. (2020). Purchase Intention Of Green
Products Following An Environmentally Friendly Marketing Campaign: Results
Of A Survey Of Instagram Followers Of Innisfreeindonesia. Asian Journal For
Public Opinion Research, 8(2), 160–177.
Https://Doi.Org/10.15206/Ajpor.2020.8.2.160
Dian Palupi. (2020). Keputusan Pembelian Dalam Memediasi Green Promotion Dan Green
Price Terhadap Kepuasan Konsumen.
Dimas Realino. (2021). Pengaruh Green Product Dan Brand Imageterhadap Purchase
Intention Budisun Resort Maumere.
Dwi, R., Srikandi, A., & Yulianto, K. E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat
Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen
Non-Member Tupperware Di Kota Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis
(Jab)|Vol (Vol. 22, Issue 2).
Fajri, S., Malik, D., & Wahyudi, H. (2022). Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis 2022
Fakultas Ekonomi-Unisla Lamongan. Www.Wardahbeauty.Com