Pengaruh Green Product, Green Price, dan Green Promotion terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware di Kota Padang

Authors

  • Salam Moslem HBB Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Green Product, Green Price, Green Promotion, Minat Beli Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Green Product, Green Price, dan Green
Promotion Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware di Kota Padang . Latar
belakang penelitian ini didasarkan pada menurunnya minat beli pada produk Tupperware di
Kota Padang sehingga perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku
konsumen dalam minat untuk membeli produk Tupperware. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Modeling
(PLS-SEM). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden
dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Product
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, Green Price berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, sedangkan Green Promotion
terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen. Temuan ini
menegaskan bahwa Green Product dan Green Promotion memiliki peran lebih kuat dalam
meningkatkan minat beli konsumen dibandingkan Green Price.

References

Kotler dan Keller (2016). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention yang

Dimediasi Customer Trust Produk MS Glow. Journal of Business & Applied

Management, 15(2), 143. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3774

Sugiyono (2016). Consumer Purchase Intention. Journal of Secretary and Business Administration,

(1), 39. https://doi.org/10.31104/jsab.v3i1.90

Kotler (2016). Consumer Purchase Intention. Journal of Secretary and Business Administration, 3(1),

https://doi.org/10.31104/jsab.v3i1.90

Sri R.,Fauzi D. H. (2015). Pengaruh Green Product, Green Promotion dan Green Price Terhadap

keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee Malang (Studi Kasus Pada

Konsumen Starbucks Coffee Malang).

Lestari, E. R., Putri, H. K., Anindita, C., & Laksmiari, M. B. (2020). Pengaruh Green product

(Minuman ramah lingkugan), Green Advertising, dan Kepedulian Lingkungan Terhadap

Green Trust dan Implikasi Terhadap Minat beli. Jurnal Teknologi Pertanian, 21(1), 1

https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2020.021.01.1

Kotler & Arsmstrong (2016). The Influence of Green Marketing Mix on Purchase Intention: The

Mediation Role of Environmental Knowledge. International Journal of Scientific &

Engineering Research, 8(9), 1040. https://doi.org/10.14299/ijser.2017.09.006

Muli, C. M., Machmud, R., Abdussamad, Z. K., Pakaya, S. I., & Ismail, Y. L. (2024). Pengaruh Green

Product Dan Green Brand Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Produk

Tupperware Di Kota Gorontalo). JAMBURA, 6(3). https://www.topbrand-

Musfira, L., & Astuti, B. (2024). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention. Jurnal

Informatika Ekonomi Bisnis, 133–144. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i1.812

Setiagraha, D., Junianto, M., Muharramah, U., Bisnis, A., Sriwijaya, N., & Sriwijaya, P. N. (2023).

Pengaruh Green Marketing terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan

Pembelian di Minimarket Alfamart Kota Palembang. In Journal of Management,

Entrepreneur and Cooperative Dika Setiagraha Fakultas Ekonomi Universitas

Ssumatera Selatan (Vol. 2, Issue 2).

Sienatra, K. B., & Evani, E. S. (n.d.). Efek Green Marketing Mix Terhadap Minat Beli Produk Ramah

Lingkungan.

Sugiyono

(2010).

Menentukan

Populasi

https://www.researchgate.net/publication/373137498

dan

Sampling.

Anggrenita, E., & Sander, O. A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap

Purchase Intention Yang Dimediasi Customer Trust Produk Ms Glow. Journal

Of Business & Applied Management, 15(2), 143.

Https://Doi.Org/10.30813/Jbam.V15i2.3774

Anggry Tri Hernizar. (2020). Pengaruh Green Product Dan Green Brand Awareness

Terhadap Green Purchase Intention.

Arohman. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Untuk

Berbelanja Di Pasar Tradisional Sendang Agung Lampung Tengah Arohman 1)

, Kohar 2).

Ayu Putri Lestari, Titin Agustin Nengsih, & Neneng Sudharyati. (2023). Pengaruh Green

Product Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Kedas Beauty

Masyarakat Muslim Kota Jambi. Muqaddimah: Jurnal Ekonomi, Manajemen,

Akuntansi Dan Bisnis, 1(3), 45–60.

Https://Doi.Org/10.59246/Muqaddimah.V1i3.331

Azzahra Ariefta Quinola, & Sulhaini Sulhaini. (2024a). Pengaruh Green Trust, Green Price

Dan Green Brand Terhadap Minat Beli Produk Tas Merek Eiger Di Kota

Mataram. Muqaddimah: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis,

(3), 254–272. Https://Doi.Org/10.59246/Muqaddimah.V2i3.982

Chandra, F., & Tunjungsari, H. K. (N.D.). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Minat

Page | 10

JURNAL ...................................

ISSN: xxxx-xxxx (media online)

Beli Konsumen Pada Produk The Body Shop Di Jakarta Barat.

Dewi, W. W. A., Avicenna, F., & Meideline, M. M. (2020). Purchase Intention Of Green

Products Following An Environmentally Friendly Marketing Campaign: Results

Of A Survey Of Instagram Followers Of Innisfreeindonesia. Asian Journal For

Public Opinion Research, 8(2), 160–177.

Https://Doi.Org/10.15206/Ajpor.2020.8.2.160

Dian Palupi. (2020). Keputusan Pembelian Dalam Memediasi Green Promotion Dan Green

Price Terhadap Kepuasan Konsumen.

Dimas Realino. (2021). Pengaruh Green Product Dan Brand Imageterhadap Purchase

Intention Budisun Resort Maumere.

Dwi, R., Srikandi, A., & Yulianto, K. E. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat

Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen

Non-Member Tupperware Di Kota Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis

(Jab)|Vol (Vol. 22, Issue 2).

Fajri, S., Malik, D., & Wahyudi, H. (2022). Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis 2022

Fakultas Ekonomi-Unisla Lamongan. Www.Wardahbeauty.Com

Downloads

Published

2025-09-22