PENGARUH MEDIA IKLAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI AIR MINUMAN KEMASAN BOTOL MEREK AQUA PADA MASYARAKAT KOTA PADANG PANJANG
Abstract
Keputusan pembelian yang dimiliki setiap konsumen tidak terbentuk dengan sendirinya akan tetapi dipengaruhi oleh nilai penjualan yang terjadi. Kecendrungan nilai penjualan mengalami peningkatan dan penurunan. Tidak stabilnya nilai penjualan air mineral Aqua ini tentu menjadi sebuah masalah yang harus segera dibenahi. Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh media iklan yang diukur dengan pemanfaatan media televisi, radio, surat kabar dan reklame terhadap keputusan membeli air minuman kemasan botol merek Aqua di Kota Padang Panjang. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan sampel dengan metode accidental sampling dengan responden sebanyak 100 orang yang mengkonsumsi air minuman kemasan botol merek Aqua di Kota Padang Panjang. Jenis data yang digunakan adalah primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Untuk melakukan pengujian hipotesis maka digunakan metode analisis kuantitatif dengan menggunakan model regresi berganda dan uji t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa pemanfaatan media iklan yang diukur dengan televisi, radio, surat kabar dan reklame tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat di kota Padang Panjang untuk membeli air minuman kemasan botol merek Aqua.
Keywords: Keputusan Membeli, Media Iklan