PENGARUH PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMART PHONE SAMSUNG GALAXY SERIES DI KOTA PADANG

Authors

  • Endang Kurniati
  • Rika Desiyanti
  • Dahliana Kamener

Abstract

Banyak merek Smart phone  berbasis OS Android yang masuk ke Indonesia, namun PT Samsung Electronics Indonesia (SEI) mampu menjadi pemimpin Smart phone  berbasis OS Android dengan produk andalannya Galaxy series. sementara persaingan di antara produsen Smart phone semakin tajam dan slalu meningkat. Maka hal ini merupakan esensi masalah yang diangkat dalam penelitian ini Agar Samsung dapat menerapkan strategi khusus agar penjualan maupun pangsa pasarnya di pasar Smart phone  semakin meningkat dan dapat di pertahankan. Maka dari itu perlu di analisis faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian Smart phone Samsung galaxy series di kota Padang. yang dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, yaitu uji reliabilitas dan uji validitas, uji asumsi klasik, uji t, serta analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa variabel motivasi dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. persepsi dan pembelajaran tidak pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah motivasi.

 

Kata kunci: Psikologi Konsumen dan Keputusan Pembelian.

 

Published

2013-03-20