PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI MEREK PEPSODENT

Authors

  • Weni Handayani
  • Yulihar Mukhtar
  • Dahliana Kamener

Abstract

Pasta gigi merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi pemeliharaan dan kesehatan gigi dan gusi. Dilihat dari faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis, masyarakat sangat memperhatikan pentingnya kesehatan gigi, hal ini membuat produsen pasta gigi sering kali mengeluarkan pasta gigi jenis baru. Pasta gigi pepsodent tidak lagi dengan rasa segar, tetapi sudah sangat beragam macamnya untuk meningkatkan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian Pasta Gigi Merek Pepsodent. Sedangkan rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian Pasta Gigi Merek Pepsodent. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampelnya  purposive sampling dimana variabel diukur dengan skala Likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Berdasarkan pengujian hipotesis, variabel budaya pada penelitian ini menunjukan nilai signifikan sebesar 0,596, variabel sosial sebesar 0,000, variabel pribadi sebesar 0,0000, dan variabel psikologis 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa sosial, pribadi,dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Pasta Gigi Merek Pepsodent. Dan budaya tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Pasta Gigi Merek Pepsodent.

 

 

Kata Kunci: Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis dan Keputusan Pembelian

 

 

Published

2013-03-20